Analisis AHP

By , November 9, 2015,

Analisis AHP. Analisis adalah bagian dari pemahaman tentang suatu proser atau prosedur cara kerja. Anasilas dilakukan agar suatu tujuan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Seperti misalnya jika kita ingin membangun suatu program, aplikai atau software ahp misalnya analisis adalah salah satu bagian penting yang harus dilakukan sebelum perancangan program metode ahp dilakukan.

Analisis AHP

Analisis AHP

Analisis AHP

Oke Sharing kali ini akan membahas tentang cara yang paling mudah bagaimana  memahami metode AHP. Sudah pada tahu metode ahp adalah suatu metode analitik. Metode analitik maksudnya adalah suatu metode yang dasar pembahamannya adalah analisis untuk menyelesaikan suatu permasalahan. selanjutnya ada hirarki, hirarki adalah bagian bagian-bagian yang tersusun untuk diseleaikan permasalahannya berdasarkan level hirarki masing-masing variabel. Dan selanjutnya ada proses. proses adalah langkah-langkah yang dilakukan.

Berdasarkan penjelasan diatas, berikut langkah analisis ahp yang paling mudah menurut sistemphp.com

1. Memahami variabel kriteria, ini merupakan bagian utama yang perlu di pahami. Kriteria yang digunakan adalah sesuai dengan masing-masingkasus yang akan di selesaikan atau di cari solusinya. Pada Bagian ini, merupakan langkah awal untuk membuat hirarki sebelum proses selanjutnya di kerjakan.

2. Memahami penilaian kriteria, Nilai yang digunakan untuk perhitungan metode AHP layaknya adalah nilai dengan rentang sesuai dengan ketentuan saaty, yaitu sebuah nilai perbandingan dari 1 sampai 9. Lalu bagaiman jika data nilai mentah bukan bernilai dari 1 samapi 9 tersebut. Solusinya adalah mengolah tersebut dengan mencari nilai rata-rata sehingga dapat menghasilkan nilai satuan antara nilai rentan tersebut.

3.Memahami matriks perbandingan, setelah data nilai di dapat selanjutnya hal yang haru di pahami adalah pembantukan matriks untuk mengolah nilai tersebut. Matrik yang digunakan dalam metode AHP adalah merupakan matrik yang dihasilkan dari perbandingan nilai. Cara membandingkan matrik pada AHP caranya adalah dengan mencari selisih dari nilai yang dibandingkan tersebut. Nah jika selisih sudah didapat maka matriks perbndingan akan menghasilkan nilai selisih-selisih, nilai tersebut dapat berupa bilangan pecahan atau bilangan berkoma jika memang langsung di sederhanakan.

Dari data nilai yang sudah dibandingkan menjadi matrik, kemudian setiap sell kolom di jumlahkan sehingga menghasilkan jumlah untuk masing-masing kolom.

4. Memahami bobot prioritas, bobot prioritas pada metode ahp adalah bagian yang mendekati akhir dari hasil penilaian. Dari bobot prioritas tersebut akan dapat kita simpulkan keputusan yang terjadi dalam analisa kasus berdasarkan ahp. Untuk keputusan sendiri tergantung penelitian yang kita lakukan. Misalkan penelitian yang dilakukan akan mencari rangking, maka bobot nilai tersebut dapat kita ranking, Jika ingn mencari nilai tertingga maka simpulkan nilai tertinggi, begitupula jika ingin mencari nilai terendah atau nilai terbutuk maka tinggal disimpulan saja, keputusan yang akan dihasilkan.

Sejauh ini untuk metode AHP pada penelitian yang baru banyak di kombinasi dengan beberapa metode misalkan saja kombinasi antara metode fuzzy dengan metode ahp. Maka secara umum ada penambahan proses pada kedua kombinasi tersebut.

Kasus metode ahp yang baru sangat banyak sekali, tinggal bagaimana kita memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan ada zaman sekarang ini. demikian sharing tentang analisis ahp. Untuk sharing analisis metode yang lain akan kami posting di sharing berikutnya.

Postingan berikutnya

  1. program yang digunakan untuk analisis ahp
  2. contoh kasus analisis hirarki proses
  3. analisis hirarki dan contoh kasus
  4. cara menganalisis metode ahp
  5. contoh analisis hierarki proses
  6. metode yang digunakan untuk analisa source code

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *