Apa itu Data Master dan Fungsinya

By , March 17, 2017,

Apa itu Data Master dan Fungsinya – Data Master adalah data yang digunakans sebagai acuan untuk melakukan proses pada pengelolaan data sebuah sistem atau aplikasi. Bisa dikatakan bahwa data master merupakan data dasar sebagai data sumber yang mampu memberikan informasi tambahan mengenai proses pengelolaan data berikutnya yang akan dilakukan. Untuk gambaran, akan kita contohkan.

Fungsi dari data master secara umum adalah seperti diatas namun secara gambaran sistem adalah untuk memudahkan user atau pengguna aplikasi untuk langsung dapat menggunakan data tersebut sebagai informasi untuk menginput, mengedit atau menghapus sebuah data.

Contoh penggunaan data master

dalam sebuah aplikasi

# Aplikasi sistem informasi apotek

Pada aplikasi sistem informasi ini kita asumsikan menu utamannya adaalah untuk mengelola penjualan obat (penjualan). Nah letak dari databaseter ini adalah hal hal dasar yang terkait dengan penjualan obat.  Yaitu  Data Master (obat), Data master (pelanggan), Data master (rak) dan lain sebagainnya.

Data master itu sendiri kaitannya dengan struktur menu pada aplikasi. Jika mengacu pada contoh diatas gambar menu-menu yang ada pada software apotek yang baik dan bagus dapat kita contohnya begini;

Aplikasi sistem informasi apotek

Aplikasi sistem informasi apotek

# Aplikasi sistem informasi fitnes

Aplikasi sistem informasi Fitnes

Aplikasi sistem informasi Fitnes

Dari kedua diatas secara alur sistem atau proses bisnisnya data master merupakan data yang akan di tarik ke menu manajemen. Dan itu akan membaut aplikasi menjadi lebih otomatis dan lebih cepat dari pengiputan data.Kalau masih bingun bagaimana cara membaut data master sesuai dengan aplikasi yang akan Anda kembangkan dapat berkomentar di artikel ini.

Postingan berikutnya

  1. Apa itu data master
  2. data master adalah
  3. fungsi data master
  4. Apa itu data mas
  5. apa/itu data/master
  6. Data master a

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *