Aplikasi Data Sekolah

By , September 17, 2015,

Aplikasi Data Sekolah. Aplikasi yang berguna untuk menelola data sekolah. Program untuk mendata sekolah-sekolah secara detail. Data sekolah dapat di bagi menjadi beberapa aplikasi diantaranya aplikasi data sekolah untuk dinas pendidikan dan juga aplikasi data sekolah untuk sekolah. Kalau untuk dinas pendidikan yaitu beruna untuk mendata seluruh data sekolah yan ada pada suatu daerah. Misalkan saja keberadaan sekolah-sekolah yang ada pada suatu provinsi, kabupaten, kecamatan.

Sedangkan untuk aplikasi data sekolah berguna untuk mengelola data-data yang berhubungan dengan sekolah. Namun untuk tingkat kompleksitasnya tidak sebesar aplikasi data sekolah dinas.

Pada saat ini kami sedang menembangkan sebuah aplikasi sistem informasi geografis tentang pemantauan sekolah. Jadi dengan visualisasi berdasarkan lokasi, data informasi sekolah dapat langsung di pantau secara update. Beberapa informasi yang di kelola misalnya informasi lokasi sekolah berdasarkan mutu pendidikan, informasi sekolah berdasarkan mutu guru, sistem informasi data siswa berdasarkan prestasi. Dengan cara ini visualisasi sistem informasi monitoring sekolah dapat berlangsung secara realtime.

Di mulai dari aplikasi yang pertama aplikasi data sekolah untuk sekolah:

Aplikasi ini berguna untuk mengelola data sekolah. Data-data ttersebut misalnya:

  1. Data guru, pendataan nama guru, mata pelajaran, riwayat pendidikan, dan mata pelajaran yan diajarkan. Bertujuan untuk memantau dan melengkapi aktifitas akademik. Juga sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan informasi tentang mata pelajaran berdasarkan bidang studi.
  2. Data siswa, pendataan data siswa meliputi nama siswa, kelas, pembayaran spp, nama wali, dan kondisi ekonomi siswa. Tujuan mengelola data siswa untuk memantau dan memonitoring siswa yang sedang menjalani pendidikan disekolah. Penggunan aplikasi membantu untuk mempermudah melakukan pendataan dan pemantauan secara langsung.
  3. Data alumnipendataan alumni meliputi nama alumni, tahun tamat, alamat, setelah tamat. Tujuan pengelolaan data alumni adalah untuk menjalin hubungan antara pihak sekolah dengan tamatan atau alumni. Selain itu untuk menbatu adik kelas mendapatkan informasi. Contohnya informasi kampus, informasi lowongan pekerjaan dan informasi lainya yang berhubungan dengan sekolah.
  4. Data proyek sekolah, pendataan proyek-proyek yang sedang di ajukan, di kerjakan, dan histori proyek yang sedang berlansung. Pendataan proyek bertujuan untuk mengendalikan tingkat kecurangan terhadap penerjaan proyek. Dengan pendataan yang baik, makan proyek tidak mudah di salahgunakan karena di dapat dipantau setiap saat oleh masyarakat atau pihak luar.
  5. Data buku, pendataan buku-buku yang ada disekolah khususnya di perpustakaan. Data buku sekolah meliputi nama buku, judul buku, pengarang, penerbit. tahun terbit. Pendataan buku  memungkinkan pihak sekolah untuk memantu jenis buku yang ada disekolah dan sekaligus untuk pembaharuan buku. Pembaharuan kurikulum dan penggunaan jenis buku berdasarkan ketentuan dari dinas yang bersangkutan.
  6. Data inventaris, pendataan data barang-barang yang ada disekolah. Misalkan saja data kursi, meja, papan tulis dan alat-alat yang ada dan digunakan disekolah. Untuk alat-alat sendiri biasanya terdiri berbagai jenis. Contohnya alat laboratorium, alat lab kompuer, alat olahraga, dan alat-alat praktek lainya.
  7. Data bantuan sekolah, pendataan data bantuan untuk sekolah. Misalkan saja bantuan-bantuan yang diterima sekolah dari pihak luar atau  swasta dan juga pemerintahan atau pemerintah daerah (PEMDA). Tujuan dari pengelolaan ini yaitu untuk memantau dan membuat data laporan sebagai rekap akhir perkembangan sekolah. Selain itu untuk memberikan kejelasan dan transparansi terhadap pihak luar tentang bantuan yang ada dan telah diterima oleh pihak sekolah.
  8. Data siswa miskin, pengelolaan data siswa dengan tingkat ekonomi minim. tujuannya adalah untuk menjadikan siswa tersebut sebagai prioritas siswa yang akan mendapat bantuan dan juga beasiswa pendidikan. Cara ini berguna sebagai  upaya pihak sekolah untuk mengabdi kepada masyarakat.
  9. Data siswa berprestasi, sama denan pengelolaan data di atas. Pendataan berfungsi untuk mengelola data siswa yang berpredstasi agar mendapat bantuan dan prioritas beasiswa.
  10. Data mata pelajaran, pengelolaan data mata pelajaran yang diajarkan disekolah yang menggunakan aplikasi. Contoh lain yaitu pendataan pelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler sekolah.
  11. Data rencana pembangunan sekolah, pendataan rencana-rencana yang akan dilakukan dan dikerjakan beserta target pencapaian dari rencana sekolah. Penentuan anggaran belanja sekolah juga dapat di data secara otomatis di aplikasi ini.
  12. Data anggaran belanja sekolah, mengelola angggaran belanja seperti yang disinggung diatas. Anggaran belanja yang dimaksud adalah biaya-biaya yang akan digunakan perjanggka perperiode tertentu pada masa sekolah. Tujuannya adalah untuk membantu pembuatan informasi dan rekap laporan secara otomatis.
  13. Data penggajian, pendataan pengggajian di sekolah. Misalkan saja penggajian guru, penggajian pegawai-pegawai yang ada disekolah.

Oke,, yang kedua yaitu aplikasi data sekolah untuk pihak daerah atau dinas

Beberapa aplikasi data ini mempunya fungsi untuk pengelolaan seperti diatas. Namun sebagai tambahan adalah informasi Kepala sekolah dan juga data lainya seperti anggaran belanja, proyek yang di ajukan, proyek yang berlangsung, kualitas pendidikan, jumlah siswa, jumlah guru.

Tampilan aplikasi data sekolah

Aplikasi data sekolah

Aplikasi data sekolah

Oke demikaian aplikasi sekolah tentang penelolaan beberapa data yang ada.

 

Butuh aplikasi data sekolah ?

Hubungi sistemphp.com

Postingan berikutnya

  1. contoh web pendataan siswa
  2. source code sistem monitoring pembayaran spp sekolah oleh wali murid
  3. contoh aplikasi di dinas pendidikan
  4. cara membuat data sekolah
  5. script php untuk data sekolah
  6. aplikasi beasiswa sekolah php
  7. membuat aplikasi data siswa dengan php
  8. kode kode data base sekolah contoh
  9. download web inventaris sekolah
  10. Data guru dengan ci
  11. membuat data monotoring untuk perpustakaan sekolah
  12. membuat web pendataan buku perpustakaan
  13. proyek membuat aplikasi untuk guru
  14. script monitoring berbasis web
  15. script php total siswa berdasarkan asal sekolah

2 thoughts on “Aplikasi Data Sekolah

  1. fery

    Selamat Malam, Mohon info bagaimana cara mendapatkan aplikasi data sekolah untuk dinas pendidikan.

    Terima kasih

    Reply
    1. admin Post author

      Silahkan hubungi kontak kami via telp atau BBM pak, untuk kebutuhan aplikasi pengelolaan sekolah lebih lanjut.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *