Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web

  • Posted on: May 19, 2019
  • By:

Sudah beberapa bulan vakum dari menulis artikel karena banyak kesibukan dan aktivitas pekerjaan lain, kali ini Saya mulai lagi bisa aktif untuk menulis artikel disini.

Kali ini kita akan mengulas mengenai aplikasi yang telah Saya kembangkan yaitu mengenai tata kelola koperasi.

Bicara masalah koperasi, koperasi ini merupakan suatu wadah atau lembaga yang menaungi anggotanya untuk melakukan kegiatan yang ada dalam koperasi. Misal penyimpanan dana, peminjaman dana, pembelian barang-barang koperasi dan lain sebagainya.

Koperasi sendiri banyak kita jumpai disekitar kita, misalnya koperasi sekolah, koperasi desa, koperasi kantor, koperasi instansi dan banyak lainya.

Untuk memudahkan aktivitas dalam mengelola koperasi agar lebih mudah cepat dan efisien, Saya mempunyai ide untuk membuat atau membangun aplikasi yang dapat mermudah pengelolaan koperasi yang ada.

Bagaimana itu aplikasi koperasi yang di maksud, simak terus ya.

Aplikasi koperasi juga bisa kita kenal dengan istilah aplikasi sistem informasi koperasi. Dalam pengembangan saya menggunakan konsep programming berbasis web yang mana, untuk pemakaiannya dapat digunakan di web maupun tanpa web (di komputer tanpa jaringan internet juga bisa).

Aplikasi Koperasi

Inilah fitur aplikasi koperasi yang dapat membantu Anda mengelola koperasi secara lebih mudah dan menghemat waktu,

Login aplikasi koperasi

Login aplikasi koperasi

Login aplikasi koperasi

Sebelum dapat masuk kedalam aplikasi, Anda di sebagai admin di haruskan login atau masuk menggunakan akun aplikasi yang ada. Hal ini agar data koperasi yang Anda keloa menjadi lebih aman di tangan Anda.

Dengan kata lain, yang dapat memantau data dan mengelola data koperasi hanya Anda atau hanya orang yang memegang akun aplikasi koperasi ini.

Menu admin koperasi

Menu admin koperasi

Menu admin koperasi

Mengelola data admin yang dapat menggunakan aplikasi. Disini Anda bisa membuatkan akun untuk orang kepercayaan Anda sehingga dia dapat menggunakan aplikasi ini.

Admin boleh banyak akun atau lebih dari satu pengelola.

Untuk pengembangan dengan kebutuhan lainya admin ini juga bersisi user misalnya anggota. Jika aplikasi ini digunakan secara online.

Menu anggota koperasi

Menu anggota koperasi

Menu anggota koperasi

Mengelola data anggota koperasi yang terdaftar pada koperasi. Data anggota di kelola agar koperasi dapat memantau kegiatan koperasi seperti simpan, pinjam dan juga aliran kas yang terkait dengan anggota.

Jika biasanya data anggota ditulis manual di buku anggota ini membuat Anda sebagai pengelola menjadi kerepotan jika ingin mencari data anggota.

Dengan aplikasi ini Anda dapat melihat anggota yang terdaftar sebanyak apapun dengan cepat. Bahkan bisa di cari berdasarkan berdasarkan nama nomor telepon dan juga berdasarkan alamat anggota.

Menu penyimpanan koperasi

Menu penyimpanan koperasi

Menu penyimpanan koperasi

Ini juga sebagai salah satu menu inti dari aplikasi koperasi. Menu koperasi merupakan menu yang berfungsi mengelola data penyimpanan dana yang dilakukan oleh anggota.

Untuk menu penyimpanan ini terdapat beberapa jenis yaitu simpanan wajib, simpanan pokok, simpanan sukarela. Sehingga dengan beberapa jenis tersebut pengelola dapat melihat jenis-jenis simpanan dengan cepat melalui aplikasi ini.

Dengan mengetikkan pada form search misalkan berdasarkan jenisnya contohnya “pokok” maka Anda akan dapat melihat data simpanan berjenis pokok.

Menu peminjaman koperasi

Menu peminjaman koperasi

Menu peminjaman koperasi

Mengelola data peminjaman yang dilakukan oleh anggota. Jika biasanya Anda harus menulis manual di buku peminjaman, maka dengan aplikasi ini anda Dengan mudah melihat  data peminjaman dengan cepat.

Untuk menambah data pun Anda cukup dengan mengklik dan mengetikknya saja dengan cepat dan mudah.

Menu kas koperasi

Menu kas koperasi

Menu kas koperasi

Fitur kas merupakan fitur utama yang dapat kita manfaatkan untuk melihat aliran data koperasi yang Anda kelola.

Untuk aliran kas sendiri bisa di lihat perbulan mulai dari pemasukkan (kredit), pengeluaran (debet), serta saldo yang ada pada koperasi.

Untuk melihat aktivitas ini Anda dapat langsung memonitornya tanpa harus menghitung-hitungnya dari awal hingga akhir data penyimpanan dan data peminjaman.

Menu laporan koperasi

Menu laporan koperasi

Menu laporan koperasi

Yang tidak kalah penting adalah fitur pencetakan laporan yang ada pada aplikasi koperasi. Untuk laporan yang di cetak yaitu laporan anggota, laporan penyimpanan, laporan peminjaman dan juga laporan kas.

Pada menu laporan ini Anda juga dapat dengan mudah melihat laporan berdasarkan tanggal yang di pilih.

Laporan yang dapat di lihat misalnya perhasi, perminggu dan jug aperbulan atau bahkan laporan pertahun dengan cepat dan mudah.

Caranya yaitu tinggal klik tanggal dari laporan akan di tampilkan dan data laporan sampai.

Analisis Pengembangan aplikasi

Dari masalah yang ada pada tata kelola koperasi berikut analisis yang di buat sebelum pengembangan aplikasi dilakukan.

Konteks diagram

Konteks diagram koperasi

Konteks diagram koperasi

Untuk konsep yang ada pada aplikasi koperasi ini yang terkait dalam stakeholder yaitu admin dan juga Anggota.

Masing-masing stakeholder mempunyai aliran data yang masuk dan keluar dari sistem. Untuk data-datanya misalnya pada admin misalnya data admin. Dan untuk data yang diterima yaitu misalnya ada admin, data anggota, data penyimpanan dan juga data peminjaman serta kas.

Untuk anggota data masuk ke aplikasi misalnya data anggota dan juga data peminjaman, dan penyimpanan. Info yang diterima dari aplikasi yaitu info anggota, info penyimpanan dan juga info peminjaman

DFD

DFD adalah aliran data atau kita kenal dengan data flow diagram. Pada Aplikasi koperasi dfd yang di rancang adalah sebagai berikut,

DFD koperasi

DFD koperasi

Untuk lingkaran-lingkaran yang berada di tengah adalah proses yang ada pada aplikasi. Sedangkan garis yang mempunyai panah pada sebelah lingkaran merupakan data yang di hasilkan dan juga data yang digunakan untuk proses selanjutnya.

Untuk garis panah sebelah kiri lingkaran merupakan data yang masukk.

ERD

ERD koperasi

ERD koperasi

ERD merupakan rangkaian database pada aplikasi koperasi. Untuk tabel yang terbentuk pada pembuatan aplikasi ini yaitu data user yang meliputi admin kemudian data penyimpanan dan juga data peminjaman.

Flowchart

Flowchart koperasi

Flowchart koperasi

Ini adalah rangkaian berjalanannya aplikasi jika dilihat di user interface admin yang menggunakan aplikasi.

Pertama kali adalah admin melakukan verivikasi  login dan kemudian jika berhasil admin dapan menggunakan aplikasi dengan dapat menggunakan fitur menu yang ada pada aplikasi tersebut.

 

Demikian aplikasi koperasi untuk mengelola koperasi menjadi lebih baik. Bagi bapak ibu yang ingin tahu lebih lanjut tentang aplikasi ini baik pembelian maupun pemesanan sesuai kebutuhan dapat langsung menghubungi kami via telp atau wa 082285417494. Terimakasih.

 

Postingan berikutnya

  1. alur aplikasi koperasi simpan pinjam
  2. contoh aplikasi sistem koperasi
  3. contoh aplikasi koperasi simpan pinjam
  4. aplikasi koperasi simpan pinjam berbasis web
  5. aplikasi koperasi php
  6. aplikasi koperasi SIMPAN PINJAM GRATIS
  7. script php untuk aplikasi koperasi
  8. program koperasi verdi web
  9. LAPORAN kkl sistem informasi koperrasi
  10. contoh membuat prosedure aplikasi simpan pinjam di php
  11. contoh aplikasi web koperasi
  12. aplikais koperasi berbasis web gratis
  13. aplikasi web koperasi
  14. aplikasi sistem koperasi
  15. sistem informasi koperasi
Hubungi Whatsapp