Aplikasi Menghitung Keyword di PHP

By , April 21, 2015,

Aplikasi Menghitung Keyword di PHP. Script untuk menghitung jumlah keyword di dalam suatu text atau file dapat digunakan untuk mencari jumlah pencarian kata tertentu. Program hitung keyword ini di kenal dengan keywoord density, keywod density adalah salah satu bagian dari SEO. Tutorial kali ini sistemphp.com akan sharing script yang berguna untuk menghitng jumlah keyword atau kata kunci menggunakan koding PHP.

Program ini biasanya dipakai untuk mencari kata atau mengelompokan kata pada teks, kalimat, paragrap atau file text. Pada tutorial kali ini saya menggunakan untuk menghitung kata kunci yang dicari pada suatu kalimat. Pada proses ini, Menggunakan fungsi php, beberapa fungsi php yang digunakan diatanranya:

  1. Array_sum, array_sum digunakan untuk menyusus kalimat yang ingin diproses menjadi array. Array tersebut digunakan untuk mencari kata yang telah diimputkan. Namun untuk proses pada tutorial ini, Saya menggunakan variabel, dan dan tanpa menginputkannya.
  2. Array_map, array_map digunakan untuk memetakan array yang sudah dibuat kemudian dilakukan proses selanjutnya.
  3. str_word_count, adalah fungsi php yang digunakan untuk menghitung kata yang sudah disusun menjadi array, kemudian di petakan dan selanjutnya dihitung setiap kata yang sudah ditemukan.

Aplikasi Menghitung Keyword di PHP

Hitung kata tertetu pada php cukup mudah. Namun untuk penggunaanya banyak sekali.

Berikut script atau koding php untuk menghitung jumlah kata atau keyword.

<?php
$search = 'tutorial';
$str= 'Saya belajar php dan tutorial php di sistemphp.com,tutorial di sistemphp.com lengkap menarik.';
$count = array_sum(array_map(function($val) use ($search) {if ($val == $search) { return 1; } else { return 0; }}, str_word_count($str, 1)));
echo $count;
?>

Hasil Aplikasi Menghitung Keyword di PHP

Dari script php diatas maka aka menghasilka tampila keluara seperti berikut ini.

Aplikasi Menghitung Keyword di PHP

Aplikasi Menghitung Keyword di PHP

Aplikasi Menghitung Keyword di PHP dapat dikembagka mejadi sebuah projek yang lebih menarik. Salah satu contoh lainya bisa diaplikasi untuk menghitung jumlah kata kunci pencarian, menghitung kata yang paling populer, menghitung kata dan mengelompokkan berdasarkan jumlah, menghitung dan menggunakannya menjadi data statistik, menghitung kemudian menjadikannya sebagai data perbandingan klasifikasi dan banyak hal lainya yang bisa dikembangkan dan source sccript diatas. Semoga bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. aplikasi keyword

3 thoughts on “Aplikasi Menghitung Keyword di PHP

    1. admin Post author

      Sama-samam mbak @yefta, Emangnya tutorialnya mau di buat projek apaan ya hehehe?

      #kepo

      Reply
  1. Yefta

    “Yefta” nama laki-laki min…
    Bukan project tapi tugas saja.. 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *