Aplikasi Sistem Informasi Harga

By , September 23, 2015,

Aplikasi Sistem Informasi Harga. Program atau software yang dapat digunakan untuk mengelola dan mendata harga-harga. Mengelola informasi harga baik harga lama maupun harga terbaru. Untuk produk harga yang dikelola misalnya harga motor, harga mobil, harga sembako, harga tanah, harga buah, harga produk makanan, harga produk obat, harga herbal, harga produk bangunan, harga alat tulis, harga alat-alat bengkel, harga tas, harga paket pulsa, harga paket internet, harga grosir, harga distributor, harga eceran.

Aplikasi Sistem Informasi Harga

Sistem yang digunakan untuk mengelola harga produk dan jasa secara  detail dan jelas, tujuannya adalah untuk mengelola informasi sehingga dapat lebih mudah dan cepat diakses dari pengguna. Misalkan saja pencarian harga produk tertentu, detaik produk dan informasi produk lainya. Secara lebih lengkap software ini mampu mengelola:

  1. Produk, memberikan informasi tentang produk Detail data yang di kelola misalnya nama produk, bahan produk, supplier produk, distributor produk, stok produk, keterangan produk, masa kadaluarsa (jika ada). Data tersebut berguna misaalnya jika seorang pemilik usaha atau perusahaan ingin melihat detail produk maka dengan mencari informasi pada sistem, dapat dengan cepat di temukan. Berbanding terbalik jika catatan produk di catat secara manual pada buku biasa, ingin akan sangat merepotkan, Belum lagi keberadaan data informasi produk tersebut sangat rentan terhadap kehialangan data jika buku rusak atau hilang.
  2. Jasa, sistem ini juga mengelola data penawaran jasa beserta harga. Detail lain yang di data yaitu rincian pengerjaan, jumlah pekerja, jenis pengerjaan dan banyak lagi.
  3. Harga, data yang dikelola misalnya nama produk dan harga dan  juga jenis harga yang terdapat pada produk. Misalnya harga eceran atau satuan, harga grosiran, harga distributor, harga supplier, harga agen

Sistem informasi ini berhubungan dengan sistem pemasaran. Namun untuk aplikasi ini lebih berfokus pada pengelolaan informasi harga.

Siapa saja yang dapat menggunakan aplikasi ini :

  1. Toko Grosir, Produk pada toko grosir sangat banyak dari mulai produk makanan, produk kebutuhan rumah tangga, produk harian serta produk pakai atau produk konsumsi lainya. Toko grosir perlu menggunakan aplikasi ini karena dapat mudah mencari informasi produk, misalkan saja produk yang akan dijual ke konsumen. Dengan  begitu banyak produk penjaga toko hanya perlu menekan atau mencari nama produknya saja, misalkan untuk harga produk A dengan pembelian 3 buah dengan harga tertentu, dan untuk produk A pembelian 1 lusin dengan harga yang berbeda pula. Hal tersebut bertujuan sebagai manajemen pemasaran agar tetap konsisten dan dapat memberikan keuntungan bagi pemilik atau pengusaha toko grosir.
  2. Swalayan, Swalayan lebih maju dan untuk produknya secar garis besar sama dengan grosir. Berbedaannya swalayan menyusun produk lebih tertata dan terkelola. Dengan sistem harga ini mengelola harga produk juga dapat membantu manajemen swalayan. Jika pada grosira barang dan produk lebih terkesan bertumpuk, namun di swalayan lebih terusun rapih, biasanya menggunakan rak-rak dan bertipe sejenis. Misalkan saja, produk bagian rumah tangga, produk kecantikan, produk harian, makanan, maka dengan pemisahan tersebut dapat dengan mudah dan jelas pencarian produknya. Nah dengan sistem aplikasi ini juga dapat dilakukan demikian, misalkan pada rak  no tertenu berisi produk bertipe tertentu. ini lebih memudahkan pencarian produk selain hanya melihat informasi harga dan detail produk.
  3. Minimarket, mini market hampir sama dengan swalayan namun untuk minimarket jumlah produk mungkin bisa lebih banyak dan sudah mengandalkan pengelolaan distributor.
  4. Supermarket, pada supermarket pengelolaan produk dan harga sudah sangat besar dan luas cakupannya. Untuk jenis kategori produk juga banyak. Informasi pegawai yang menghandle masing-masing kategori produk kadang juga dilakukan. Untuk manajemen tambahan tentang produk dan harga yang ada pada supplier biasanya juga mengelola informasi tentang supplier produk supermarket.
  5. Pergudangan, bagian gudang juga membutuhkan aplikasi ini untuk mendata produk yang ada pada gudangnya. Dengan aplikasi ini produk pada gudang tersebut terkelola dengan baik, Selain info produk dan harga stok pada gudang juga dapat dilihat dan dipantau. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga suplay dan pasokan tetap aman dan tanpa ada keterlambatan.
  6. Perusahaan supplier, supplier adalah penyalur keberbagai sub bagian pemasaran misalkan saja agen, grosir distributor dan pemasaran lainya Nah untuk supplier adalah mengelola produk yang dikelolanya saja atau yang disalurkan saja, Selain itu data informasi yang di kelola lainya adalah data agen atau subbagian pemasaran misal grosiran yang di saluri, jumlah stok yang di salurkan dan banyaknya stok yang disalurkan.
  7. Perusahaan distributor, adala perusahaan yang bergerak dibidang distribusi. Perusahaan ini juga perlu menggunakan aplikasi sistem informasi harga. Dengan menggunakan ini kegiatan distribusi barang dapat dilakukan dengan mudah karena data terkelola dan termanajemen secara rapih menggunakan program yang terkomputerisasi. Meskipun aplikasi ini dasarnya komputer secara umum aplikasi ini dapat digunakan secara mobile, misalkan hp tablet, ipad dan juga smartphone.
  8. Produsen produk, produsen produk merupakan penghasil produk. Setiap produsen dapat menghasilkan banyak produk dan banyak harga. Nah dari produsen produk dapat dipasarkan pada supplier, distributor, agen atau sub pemasaran dibawahnya. Aplikasi ini sangat sesuai digunakan untuk mengelola produk dan harga yang akan dipasarkan.
  9. Agen pemasaran, mengelola produk yang ada pada agen pemasaran. Dengan ini mengelola produk dari berbagai macam jenis dan kategori produk dapat dikelola dengan mudah dan cepat.
  10. Importir, eksportir, mengelola data harga serta produk yang akan dikirim kedalam negeri (importir), serta mengelola produk dan harga yang akan dikirim keluar negeri (eksportir)

Pada intinya kegunaan aplikasi ini adalah untuk mengelola banyak produk dan jasa serta harga pada masin-masin produk tersebut.

Tampilan sistem informasi harga

Berikut sebagian tampilan sistem informasi harga berbasis web:

Aplikasi sistem informasi harga

Aplikasi sistem informasi harga

Butuh aplikasi sistem informasi harga ?

atau yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Hubungi sistemphp.com

Postingan berikutnya

  1. contoh aplikasi sistem informasi
  2. sistem informasi distribusi
  3. script harga gosir di php
  4. harga satuan sistem informasi aplikasi web
  5. contoh sistem informasi pemasaran
  6. aplikasi harga pangan php
  7. codingan aplikasi penjualan sembako menggunakan laravel
  8. Aplikasi sistem Informasi Pemasaran koran
  9. aplikasi sistem informasi pemasaran
  10. aplikasi penjualan sembako codeigniter
  11. sistem informasi distribusi barang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *