Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian

By , September 12, 2015,

Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian. Merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk mengelola data informasi kepegawaian. Data pegawai adala data informasi yang sangat kompleks. Bahkan sistem informasi pegawai juga dapat dikategorikan sebagai sistem informasi terdistribusi. Banyak sekali perusahaan yang menggunakan sistem informasi kepegawaian ini guna menunjang kemajuan dan peningkatan mutu kualitas perusahaan. Bahkan lembaga pemerintah juga tidak mau ketinggalan dengan aplikasi sistem informasi ini.

Beberapa manfaat aplikasi sistem informasi kepegawaian:

  1. Meningkatkan sumber daya manusia dengan adanya ketepatan penggunaan data informasi, jika biasanya data informasi pegawai di rekap secara manual pada buku agenda coba bayangkan berapa lama harus mencari data informasi tentang pegawai yang jumlahnya ribuan. Tentu hal tersebut sangat memakan waktu, padahal informasi yang dibutuhkan akan segera di proses. Dengan demikian kebutuhan aplikasi sangat mendesak dan harus digunakan.
  2. Membuat penghematan biaya dan waktu dalam mengakses informasi, Jika informasi data penting yang dibutuhkan atau lembaga berada di tempat lain dengan catatan berada di luar kota atau daerah, maka hal tersebut akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Dengan aplikasi sistem informasi pengiriman dan penerimaan data informasi lebih cepat melalui basis web secara online.
  3. Memudahkan kinerja kepegawaian, Pegawai menjadi lebih mudah untuk melakukan manajemen informasi. Misalkan saja pegawai akan mendata data penduduk, atau mencatat data kepegawaian yang jumlahnya ribuan. Maka dengan sistem informasi pegawai tinggal mengklik dan menginput data informasi tersebut kesistem. Bandingkan dengan cara manual yang harus menulis data kedalam sebuah tabel-tabel dalam buku anda. Pasti akan banyakmenyita waktu kerja pegawai.
  4. Meningkatan mutu dan kualitas kinerja kepegawaian, Secara tidak langsung dengan ke akuratan data informasi yang dioleh dan dijadikan sebuah laporan yang tepat akan meningkatkan dari kualitas kinerja kepegawaian itu sendiri. 
  5. Membuat kierja pegawai lebih efektif dan efisien, Seperti yang diulas diatas penghematan yang terjadi yaitu hemat waktu dan juga hemat biaya. Kinerja pegawai akan menjadi maksimal dalam melaksanakan aktivitas kepegawaian.
  6. Transparansi dan kejelasan terhadap data informasi kepegawaian, Pengolahan data informasi yang tepat dapat membuat laporan yang jelas dan transparan. Tujuan ini adalah untuk membuat evaluasi laporan data informasi menjadi lebih baik dalam periode jangka waktu tertentu.
  7. Membantu lembaga atau perusahaan menjalankan aktivitas bisnis dan pekerjaan harian, Dengan demikian aktivitas pekerjaan kepegawaian akan terbantu menjadi lebih maksimal.

Beberapa contoh dan jenis aplikasi sistem informasi kepegawaian menurut fungsi dan cara kerjanya:

  1. Aplikasi sistem informasi penggajian pegawai, mengelola data penggajian misalnya data kepada gaji diberikan, jumlah gaji, tanggal pembayaran gaji, jenis penggajian, tunjangan dan potongan.
  2. Aplikasi sistem informasi pendataan pegawai, misalnya untuk mengelola data pegawai nama pegawai, alamat, jabatan, prestasi, dan riwayat pekerjaan. 
  3. Aplikasi sistem informasi surat menyurat (arsip surat), mengelola data surat-menyurat yang ada pada kepegawaian. Arsip surat biasanya jika didata secara manual akan merepotkan. Coba bayangkan ada berapa surat yang masuk dan didistribusikan setiap hari jika pencatatan surat keluar masuk secara manual bagaimanakah sulitnya hal tersebut. Dengan sistem pendataan surat akan lebih mudah pencarian surat dan tujuan akan terpantau secara jelas.
  4. Aplikasi sistem informasi inventori (inventaris) barang, Berbiara tentang inventori atau inventrasi berhubungan sekali dengan biaya atau anggaran belanja. Ini penting sekali adanya pendataan informasi inventori sejara jelas. Tujuannya adalah untuk evaluasi dan laporan atas anggaran belanja perperiode dan penggunaanya.
  5. Aplikasi sistem informasi absensi pegawai, Mengelola data absen pegawai. Tujuan dari pengelolan data absensi adalah untuk memantau dan memonitoring pegawai berprestasi dan pegawai yang tidak. Aplikasi ini berguna untuk meningkatkan mutu lembaga atau perusahaan.
  6. Aplikasi sistem informasi evaluasi pegawai, melakukan pengelolan terhadap prestasi pegawai dengan tujuan untuk mencari pegawai-pegawai yang mampu meningkatkan kinerja perusahaan dan lembaga dengan karir yang dilakukannya.
  7. Aplikasi sistem informasi penilaian prestasi kinerja pegawai, Seperti evaluasi penilian ini adalah sistem informasi yang mengelola data prestasi dan nilai. Tujuan dari pengelolan ini adalah untuk menaikkan jabatan atau posisi. Jadi untuk menentukannya bukan berdasarkan keputusan subjektif, melainkan prestasi dari nilai pegawai.
  8. Aplikasi sistem informasi mutasi (penempatan) dan pensiun pegawai, Untuk melakukan mutasi perl pendataan. Oleh sebab itu aplikasi sistem ini berguna untuk mendata mutasi pegawai atau karyawan dan juga dapat melakukan pengelolaan pensiun pegawai.

Dari beberapa aplikasi diatas dapat didistribusi dan di integrasikan menjadi satu aplikasi sistem informasi kesatuan atau juga dipisah sedemikian rupa.

Contoh tampilan sistem informasi kepegawaian

Aplikasi sistem informasi kepegawaian

Aplikasi sistem informasi kepegawaian

Tag: script php, source code, free, download, share, zip, rar. software program, skripsi, thesis, contoh proposal dan laporan.

JASA PEMBUATAN

APLIKSI SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN HUB:SISTEMPHP.COM

Postingan berikutnya

  1. aplikasi sistem kepegawaian berbasis web dan cara kerjanya
  2. contoh coding sistem informasi pegawai
  3. membuat aplikasi sistem informasi kepegawaian
  4. aplikasi data kepegawaian php
  5. sistem kepegawaian
  6. sistem informasi pengolahan data pensiunan berbasis web
  7. program data pensiun dengan php
  8. membuat sistem informasi pegawai cpding
  9. download aplikasi surat menyurat dan penduduk
  10. download aplikasi Sistem informasi pengolahan data gaji pegawai web
  11. Coding pensiun pegawai
  12. cara membuat sistem informasi arsip di php mysql
  13. source kode sistem informasi agenda pegawai dengan php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *