Aplikasi Sistem Pakar

By , September 7, 2015,

Membuat aplikasi sistem pakar untuk skripsi atau tugas akhir sekarang menjadi trend penelitian. Dalam implementasinya, pembuatan sistem pakar nampaknya terlihat mudah. Namun pada kenyataanya banyak kesulitan yang di hadapi oleh para peneliti pada saat mengimplementasikannya kedalam bahasa pemrograman PHP dan menggunakan  database MYSQL.

Lalu apa penyebab mendasar yang membuat peneliti kesulitan atau terhambat pada saat mengimplementasikannya kedalam bahasa pemrograman. Jawabanya adalah pemahaman tentang sistem apa yang dibuat dan untuk apa sistem itu sendiri dibuat.

Oke, Kali ini saya akan sharing panduan bagaimana cara membuat aplikasi atau program sistem pakar sederhana. Meskipun sederhana panduan ini sudah mencakup rangkaian dari pembuatan sistem pakar dari berbagai jenis.

Untuk contoh yang akan kita ulas kali ini yaitu membuat sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit pada kucing.

Langkah-langkah membuat sistem pakar (diluar konteks analisa pada laporan), berikut ini panduan sederhana yang bisa Anda coba :

Membuat aplikasi sistem pakar

  1. Nama sistem pakar, sistem apa yang ingin anda buat aplikasi atau programnya. Dalam sharing ini nama sistem pakarnya yaitu “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing“.
  2. Setalah topik atau judul aplikasi Anda ketehui yang perlu Anda pahami yaitu sistem ini akan menghasilkan apa?,, Pada contoh ini sistem akan digunakan untuk mengetahui jenis penyakit kucing berdasarkan gejala-gejala yang di alami. Dan pada hasil akhirnya nanti akan diberikan solusi untuk pengobatan dan perawatan kucing yang mengalami penyakit lebih lanjut.
  3. Lanjut ke no tiga, sitelah tujuan akhir yang diminta di ketahui, selanjutnya adalah Anda mencari kebutuhan dari sistem yang Anda buat, Misalnya dalam kasus kucing ini, Saya berarti harus mencari Jenis-jenis penyakit yang terjadi pada kucing, gejala-gejala yang ditimbulkan pada masing-masing penyakit kucing, pengobatan pada setiap jenis penyakit tersebut. Tipsnya: kumpulkan sebanyak dan selengkap mungkin yang disebutkan tadi. Jika Anda paham, dari ketiga tersebutlah yang dimaksud dengan pakar. Untuk mencari informasi pakar tersebut bisa melalui buku, dokter hewan yang bersangkutan, atau referensi-referensi yang ada.
  4. Oke dari sini kita bisa mulai buat aplikasi sistem pakarnya.

Untuk kasus kucing. Kita bisa ambil contoh jenis penyakitnya misalnya ada 3 yaitu

1. Penyakit A

Gejala: G1, G2, G3

Solusi: S1

2. Penyakit B

Gejala: G1, G4, G5

Solusi: S1

3. Penyakit C

Gejala: G1,G3, G5, G6

Solusi: S3

Di atas adalah contoh analogi penyakit, gejala dan solusi. Untuk implementasi sistem pakar bisa juga Anda gunakan seperti itu. Nah Untuk analisa pembahaman logika pada sistemnya. seperti berikut ini:

Analisa cara kerja aplikasi sistem pakar:

Aplikasi sistem pakar

Aplikasi sistem pakar

 

Inti pembuatan program php sistem pakar

1. Membuat database dengan tabel, penyakit, gejala dan solusi ( ini untuk sekedar contoh sederhana), jadi anasilanya menggunakan tiga tabel itu saja dulu. Kara pada sharing ini membahas letak pakar pada sebuah sistem aplikasi php.

2. Buat logika pencarian terhadap penyakit yang di diagnosa berdasarkan inputan yang dilakukan.

Postingan berikutnya

  1. contoh aplikasi sistem pakar sederhana
  2. contoh sistem pakar sederhana
  3. contoh aplikasi program sistem pakar menggunakan php
  4. cara membuat sistem pakar berbasis web
  5. cara membuat aplikasi sistem pakar
  6. download aplikasi sistem pakar sederhana
  7. sistem pakar sederhana
  8. sourcode sistem pakar diagnosa penyakit kucing
  9. dowload aplikasi sistem pakar subline text
  10. pedoman pembuatan sistem pakar
  11. contoh script game sistem pakar
  12. membuat sistem pakar sederhana dengan php
  13. contoh pembuatan aplikasi sistem pakar
  14. aplikasi sistem pakar dengan menggunakan subline text
  15. membuat sistem pakar php

2 thoughts on “Aplikasi Sistem Pakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *