Aplikasi Tes CAT

By , March 5, 2016,
Aplikasi tes CAT Online

Aplikasi tes CAT Online / gambar: freevector.com

Aplikasi Tes CAT Berbasis Web – CAT adalah kepanjangan dari Tes Computer Assited Test atau kalau dalam bahasa indonesia intinya adalah ujian tes berbasis komputer.

Tes berbasis komputer sekarang ini sudah menjadi alat untuk melakukan seleksi pegawai atau karyawan. Seperti beberapa waktu lalu yang saya lakukan, yaitu saya mengikuti sebuah seleksi tenaga ahli pada sebuah dinas di provinsi riau. Dan tes yang dilakukan adalah menggunakan pertanyaan berbasis komputer.

Untuk program yang di pakai, berdasarkan apa yang Saya lihat, sepertinya berbasis web dan menggunakan database mysql.

Alur atau prosedur tes yang dilakukan pada seleksi pegawai tersebut yaitu:

1. Seleksi administratif ( menggunakan sistem informasi penerimaan pegawai ), dengan mengumpulkan berkas secara soft file seperti: foto, foto copy ijazah, foto copy ktp dan sebagainya.

2. Tes CAT, tes tersebut di bagi beberapa bagian soal yang di antaranya:

- Tes Kompetensi Dasar (TKD)

- Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

-Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Untuk periode tes karena banyak calon pegawai yang lulus seleksi administratif, maka dibagilah menjadi beberap sesi. Dan setiap sesi terdiri dari dua puluh orang.

Untuk cara kerja web ini sebenarnya ada dua menurut saya yaitu menggunakan internet dan tanpa internet.

1. Dengan internet yaitu menempatkan aplikasi CAT pada sebuah server dan di akses melalui jaringan internet.

2. Tanpa internet yaitu menggukan server lokal dan aplikasi CAT tersebut diletakkan pada server lokal tersebut. Kemudian klien atau komputer yang digunakan untuk tes di setting ip addressnya agar dapat mengakses web tes tersebut.

Aplikasi Tes CAT

Proses berjalannya tes dilakukan dengan beberapa cara:

1. User login sesuai dengan password yang digunakan pada registrasi awal.

2. User menjawab tes sesuai dengan pertanyaan yang di berikan. Pada saat tes tersebut soal di setiap bagian jenis CAT langsung di gabungkan menjadi satu. Yang mana soal tersebut berjumlah 40 soal. Dan dengan waktu 40 soal tersebut waktu yang diberikan kalau tidak salah sekitar 40 menit.

User menjawab soal yang berupa piliah ganda. Dan pada tampilan tes CAT tersebut di tampilkan soal, jumlah waktu, dan sisa waktu, tombol mejawab, tombol lewati dan tombol selesai.

Untuk pertanyaan yang digunakan pilihan ganda dan pada jenis soal CAT tertentu pilihan jawaban pilihan ganda nya mempunya nilai tersendiri. Dan pada akhir waktu atau selesai menjawab maka akan muncul nilai dari hasil jawaban user.

Aplikasi yang pernah kami kembangkan

Sebelumnya aplikasi yang pernah kami buat yaitu aplikasi yang  hampir sama dengan aplikasi CAT yaitu aplikasi kuis online. Yang mana user menjawab juga dengan batasan waktu.

Untuk aplikasi CAT yang saya ikuti tersebut sepertinya belum terintegrasi langsung dengan sistem informasi penerimaan atau rekrutmen, atau dengan kata lain aplikasi CAT di pisah dengan sistem informasi penerimaan pegawai.

Nah dari itu, saat ini kami juga mengembangkan aplikasi CAT yang juga langsung terintegrasi dengan sistem informasi penerimaan pegawai. Jadi Untuk melakukan tes berbasis komputer juga dapat langsung menggunakan sistem informasi penerimaan pegawai. Dan akhirnya aplikasi tersebut kini siap digunakan untuk ujian tes online.

Pertanyaan?

Lalu bagaimana dengan soalnya ?, soal dapat langsung di input melalui admin CAT. Begitu pulan dengan pilihan ganda juga poin setiap jawaban, beserta waktu yang di butuhkan.

Pada Tes CAT yang pernah saya lakukan waktu yang di tampilkan adalah keseluruhan dengan kata lain tidak ada batasan waktu untuk setiap soal. Berbeda dengan aplikasi kuis kami dahulu, yang setiap jawabanya di beri batasan waktu.

Bagi Anda instansi pemerinta, instansi pendidikan, swasta dan perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan seleksi penerimaan karyawan atau pegawai. Anda dapat menggunakan aplikasi yang kami kembangkan ini. Selain aplikasi yang kami kembangkan di jual secara lisensi, kami juga menerima penyewaan aplikasi ini berbasis online.

Untuk menanyakan atau informasi dapat menhubungi kami secara langsung melalui telp, sms atau juga bbm. Terimakasih semoga bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. cara membuat aplikasi cat
  2. aplikasi cat ujian online menggunakan php dan mysql
  3. cara membuat tes CAT ONLINE
  4. cara membuwat aplikasi cat
  5. contoh soal berbasis aplikasi di web
  6. membuat aplikasi cat
  7. membuat aplikasi cat php
  8. tutorial membuat aplikasi cat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *