Aplikasi Web Service Penjualan Barang dengan SOAP

By , June 21, 2017,

Pada aplikasi penjualan menggunakan web service soap ini, data yang dihubungkan  adalah data penjualan pada toko dan data produksi pada pabrik yang mana data ini dapat saling bertukar data pada sebuah aplikasi client server yang berada pada masing-masing lokasi. Yaitu, aplikasi client yang berada di toko, aplikasi client yang berada di pabrik, dan aplikasi server yang ada di kantor pusat.

RUANG LINGKUP

Untuk implementasi aplikasi ini, aplikasi di jalankan di beberapa tempat atau ruang lingkup pengelolaan penjualan barang.

# Kantor Pusat

Kantor merupakan tempat dimana server aplikasi berada. Di kantor pusat ini, aplikasi dijalankan oleh admin pusat. Admin pusat mempunyai tugas, memantau data penjualan dan juga data produksi. Selain kedua hal tersebut, admin pusat juga bertugas memasukkan data barang sebaai data informasi kepada data produksi pada aplikasi clint yang berada di pabrik. Informasi data barang ini yang dignakan pabrik untuk memproduksi barang.

# Pabrik

Pabrik adalah tempat memproduksi barang yang akan di jual di toko. Pabrik membutuhkan data informasi barang dan juga stok yang ada. Kedua informasi ini sebagai dasar untuk memproduksi barang yang gunanya nanti untuk menambah stok agar dapat di jual di toko. Untuk aplikasi web service disini adalah aplikasi client yang di jalankan oleh admin pabri, pada konsep ini, admin saya beri nama atau istilah dengan pabrikan.

# Toko

Toko merupakan tempat penjualan barang. Data yang di kelola disini adalah data penjualan barang. Yang mana data penjualan barang ini juga mengacu pada data stok barang yang ada. Untuk data yang di ambil dan diberikan ke server adalah data penjualan dan juga data faktur. Untuk admin yang mengelola aplikasi ini, kita istilahkan dengan admin toko atau pemasar.

ILUSTRASI

Ilustrasi web service penjualan barang

Ilustrasi web service penjualan barang

APLIKASI WEB SERVICE PERODUKSI DAN PENJUALAN

Karena aplikasi web service adalah aplikasi client server, maka interface aplikasi ini di bagi menjadi 2, yaitu:

1. Server

Untuk aplikasi yang berada di server (kantor pusat), admin dapat mengelola seluruh data aplikasi. Data data tersebut misalnya data barang, data admin pabrik data admin toko, data penjualan dan juga sekaligus data produksi.

Kegunaan dari pengelolaan yang bisa di lakukan di pusat adalah untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadai hal yang tak terduka misalnya kendala teknis yang dapat menggangu berjalannya aplikasi di client, contohnya gangguan jaringan, kerusakan Pc dll. Jadi aplikasi ini dapat menghandle inputan melalui kantor pusat, melalui laporan manual yang di kirimkan oleh pabrik maupun toko.

1.1. Login

Login

Login

Tampilan awal sebelum admin dapat mengakses aplikasi web service. Untuk dapat mengakses admin harus memasukkan username dan password yang sudah terdaftar pada aplikasi.

1.2 Dasbhoard

Dashboard web service server

Dashboard web service server

Pada tampilan dashboard ini, terdapat shortcut menu yang dapat membantu admin memilih menu secara cepat dan langsung. Untuk tampilan di bawahnya terdapat grafik penjualan dan juga grafik penjualan produk terlaris. Grafik ini dapat berguna untuk memantau hasil penjualan barang yang terjadi.

Untuk grafik sendiri, terdapat filter tanggal yang dapat dipilih sesuai keinginan, ini berguna untuk mengevaluasi penjualan barang.

1.3 Data admin

Admin pusat web service

Admin pusat web service

Tampilan dimana admin dapat melihat, menambah, mengedit dan juga menghapus data admin pusat. Untuk admin di pusat sendiri, bisa lebih dari satu. Ini di kembangkan agar, mengantisipasi jika memang aplikasi penjualan barang ini mencakup penjualan barang yang sangat besar.

1.4 Data Pemasar

Admin toko

Admin toko

Tampilan yang berguna untuk melihat data pemasar (admin toko). Untuk fitur dan fungsi yang ada yaitu tambah, edit dan juga hapus.

1.5 Data Pabrikan

Admin pabrik

Admin pabrik

Tampilan yang berguna untuk melihat data pabrikan (admin pabrik). Untuk fitur dan fungsi yang ada yaitu tambah, edit dan juga hapus.

1.6 Data Pelanggan

Data pelanggan

Data pelanggan

Tampilan yang berguna untuk melihat data pelanggan. Untuk fitur dan fungsi yang ada yaitu tambah, edit dan juga hapus.

1.7 Data Barang

Data barang

Data barang

Tampilan yang berguna untuk melihat data barang. Untuk fitur dan fungsi yang ada yaitu tambah, edit dan juga hapus.

1.8 Produksi

Data produksi

Data produksi

Tampilan yang berguna untuk melihat data produksi. Untuk fitur dan fungsi yang ada yaitu tambah, edit dan juga hapus, dan juga cetak faktur

1.9 Penjualan

Penjualan barang

Penjualan barang

Tampilan yang berguna untuk melihat data penjualan. Untuk fitur dan fungsi yang ada yaitu tambah, edit dan juga hapus.

1.10 Faktur

Faktur penjualan

Faktur penjualan

Tampilan yang berguna untuk melihat data faktur. Untuk fitur dan fungsi yang ada yaitu detail faktur, hapsu faktur, dan juga print

faktur

Detail faktur penjualan

Detail faktur penjualan

Detail faktur penjualan

Print faktur

Print faktur

Print faktur

1.11 Laporan

Laporan web serice

Laporan web serice

Mencetak laporan pelanggan, barang, penjualan dan produksi

Contoh laporan produksi

Laporan produksi

Laporan produksi

Diatas adalah tampilan di server

2. Client

Untuk tampilan di client tidak jauh berbeda seperti tampilan diatas, namun hanya sebagaian dari tampilan diatas yang di tampilkan di client sesuai dengan lingkup aplikasi client. Misalkan pada lingkup toko maka yang di tampilkan dalah menu penjualan dan juga faktur seperti diatas.

Sedangkan pada lingkup pabrik, maka menu yang di tampilkan adalah menu produksi.

Untuk laporan, pada lingkup toko maka laporan yang di cetak adala laporan penjualan dan di linkup pabrik maka fitur laporan yang adalah laporan produksi. Untuk gambaran tampilannya seperti berikut

2.1 Client Toko

Client toko

Client toko

Yang mengelola aplikasi client pada toko adalah admin toko atau pemasar. Pada tampilan diatas menu yang tersedia yaitu profil penjualan, faktur dan laporan. Yang berbeda adalah menu profil.

2.2 Client Pabrik

Client pabrik

Client pabrik

Yang mengelola aplikasi client pada pabrik adalah admin pabrik atau pabrikan, menunya sebagian hampir sama dengan fitur pada aplikasi di server pusat.

ANALISA DAN PENGEMBANGAN

  1. Flowchart
  2. Konteks Diagram
  3. DFD (data flow diagram)
  4. ERD (entity relationship diagram)
  5. Bahasa PHP 5+
  6. Database Mysql

 

Demikian aplikasi web service produksi dan penjualan barang  menggunakan SOAP

Kami juga mengembangkan aplikasi produksi dan penjualan barang menggunakan model REST

Postingan berikutnya

  1. aplikasi web service penjualan barang dengan soap script

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *