Cara Analisa Aplikasi

By , March 7, 2016,
Cara analisa aplikasi

Cara analisa aplikasi – gambar: pixabay.com

Cara Analisa Aplikasi – Membuat aplikasi atau program membutuhkan analisa sebelum program tersebut di buat atau di rancang. Cara analisis program yang akan dibuat membuthkan pemahaman tarhadap masalah atau studi kasus dari goal sebuah aplikasi tersebut.

Contohnya saja dalam sebuah kasus, penyeleksian penerima beasiswa pada suatu sekolah, Penilaian sebelum menggunakan aplikasi atau program, cenderung dan relatif bersifat subjektif. Subjektifitas tersebut berdasarkan variabel kriteria yang digunakan untuk menilai lebih mendekati aspek kualitatif.

Aspek tersebut biasanya apda suatu objek penilaian akan dipengaruhi dengan sisi emosional dan juga perasaan. Atas dasar permasalah tersebut maka perlu sekali pengembangan aplikasi yang dapat membantu pemilihan penerima beasiswa disekolah.

Nah cara analisanya bagaimana?

1. Tentukan tujuan atau goal aplikasi

Aplikasi yang akan dibuat harus di ketahui terlebih dahulu outuput atau keluaran akhir yang dihasilkan oleh program tersebut. Pada contoh studi kasus diatas goal dari aplikasi yaitu: “pemilihan siswa penerima beasiswa“.

2. Menentukan variabel

Pada contoh diatas variabel yang di maksud adalah suatu kriteria untuk menentukan penrima beasiswa. Contoh variabel tersebut misalnya nilai raport, penghasilan orang tua, tanggungan orang tua dan beberapa variabel yang berpengaruh lainya.

3. Menentukan Alternatif

Alternatif merupakan suatu solusi dari keluaran aplikasi. Pada contoh kasus diatas adalah misalkan saja nama-nama siswa yang diseleksi dalam penerimaan beasiswa.

4. Menentukan proses

Proses yang ada pada suatu aplikasi atau program sangat berpengaruh terhadap keluaran suatu program tersebut. Proses ini biasanya berkaitan dengan nilai yang diinputkan pada aplikasi. Nah pada contoh kasus diatas proses yang mungkin berkaitan yaitu penilaian.  Proses penilaian maksudnya adalah proses memasukkan nilai pada masing-masing variabel yang akan di proses untuk menentukan penerima beasiswa.

5. Hasil atau keluaran (output)

Berkaitan dengan sebeuah analisa awal yaitu goal atau tujuan yaitu menentukan penerima beasiswa. Pada tahap inilah akan di ketahui goal dari aplikasi tersebut.

Pada contoh diatas merupakan contoh analisa aplikasi yang bertopik sistem pendukung keputusan. Untuk contoh analisa aplikasi berupa rancang bangun, analisa yeng dilakukan tidak jauh bebeda dengan beberapa proses diatas.

Poin utamanya yaitu tujuan dari sebuah rancang bangun dari aplikasi yang dikembangkan tersebut. Demikian sharing singkat Cara Analisa Aplikasi  menurut yang saya ketahui. Semoga bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. contoh analisa program
  2. analisa aplikasi
  3. aplikasi analisa
  4. aplikasi menganalisis
  5. contoh cara menganalisis pemograman
  6. contoh analisa source codekelipatan
  7. contoh analisa suatu aplikasi pemrograman
  8. contoh cara menganalisa kasus
  9. contoh cara menganalisis perograman
  10. contoh program berserta analisa
  11. contoh program source code dan analisa nya
  12. menganalisa sebuah program
  13. menganalisis aplikasi software
  14. contoh analisa aplikasi
  15. cara menganalisis program

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *