Cara Export Struktur Tabel Pada Database

By , April 21, 2018,

Database adalah rangkaian dari field-field yang tersusun pada sebuah tabel. Tabel ini adalah sebuah tempat menyimpan data pada sebuah database. Export tabel pada tabel mysql dengan phpmysql mudah sekali dilakukan. Caranya gampang, hanya menggunakan fasilitas dan menu yang ada pada phpmyadmin yang bisa kamu buka pada browser internet yang ada pada laptop atau komputer kamu.

Saya menulis tutorial ini ketika saya akan mengeluarkan atau mengexport atau mengektrak database yang jumlah datanya sangat besar, salah satu tabel pada database tersebut mempunya jumlah data sekitar 700.000 data.  Pada kasus ini saya hanya  membutuhkan struktur tabel saja ketika ingin membangun aplikasi baru yang berhubungan dengan database ini, maka dari itu jika saya ekstrak semua dengan isinya makan akan lama dan juga file yang di export akan begitu besar nantinya.

Nah dari itu saya export struktur tabelnya saja, tentu ini akan menjadi lebih kecil, namaun tetap kita ketahui bagian-bagian dari tabel pada database tersebut termasuk, struktur data yang ada didalamnya.

Export struktur tabel database tanpa data

Langkah-langkah dan caranya sebagai berikut:

1. Buka phpmyadmin pada browser kamu dengan mengunjungi http://localhost/phpmyadmin

Export data dengan phpmyadmin

Export data dengan phpmyadmin

2.Pilih database yang akan di export struktur nya, pada contoh ini saya akan memilih database dengan nama “arsip”

Memilih database yang akan di export

Memilih database yang akan di export

3.Pilih atau klik menu export pada tab menu bagian atas, kemudian pilih pilihan radio button Custom – display all possible options. Dan hilangkan centang pada data. Oia pada centang atau seklis ini kamu bisa hilangkan semua atau sebagian saja, maksudnya kamu bisa mengeksport tanpa data seluruh tabel, atau dengan data sebagian tabel dari database tersebut, silahkan di pilih sesuai dengan kebutuhan.

untuk Langkah ini urutannya yaitu dengan mengklik atau memilih menu:

export ->  display all possible options -> Hilangkan centang data

Pilih tab menu export

Pilih tab menu export

4.Klik go untuk mulai meng export database, oia untuk tipe file dapat berupa format sql, dan juga xml dan lainya tinggal di pilih saja.

Klik go pada bagian bawah untuk export

Klik go pada bagian bawah untuk export

Demikian tutorial singkat tentang database mysql ini, semoga bermanfaat dan membantu kamu untuk mengeluarkan tabel-tabel yang ada pada database aplikasi php yang sedang kamu buat.