Cara Tampilkan Data SQL dari PHP

By , January 26, 2016,

Cara Tampilkan Data SQL dari PHP. Menampilkan sebuah data yang tersimpan dalam database server menggunakan php cukup mudah caranya.

Beberapa point penting dalam menampilkan data yang terletak di database mysql yaitu:

  1. Koneksi, Koneksi adalah bagian dari penghubung antara script php yang kita buat dengan server dimana data kita disimpan yaitu sebah database. Tanpa koneksi kita tidak dapat menampilkan data yang tersimpan pada database. BIasanya jika hal itu terjadi terdapat pesan error yang memberitahukan bahwa data tidak dapat ditampilkan.
  2. Query menampilkan, query menampilkan merupakan bagian dari langkah awal memanggil dan memunculkan isi data pada tabel database. Untk query menampilkan tidak mesti sama, karena untuk menampilkan data, sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan caranya pun masing-masing. Pada proses ini kadang logika menampilkan data digunakan.
  3. Eksekusi Query, merupakan eksekusi query yang dilakukan. Tanpa ini mustahil proses menampilkan data dari database dapat berlangsung.
  4. Menampilkan Query, ini adalah bagian akhir menampilkan data yang di maksud. Pada tahap ini untuk menampilkan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Misalkan saja data tersebut di tampilkan menggunakan tabel, menggunakan grafis, menggunakan baris, menggunakan desain lainnya juga bisa.

Beberapa fungsi sql yang digunakan untuk menampilkan data:

  1. SELECT, merupakan intruksi atau fungsi yang digunakan untuk memilih nama field pada tabel database yang akan ditampilkan
  2. FROM adalah fungsi atau intruksi cara untuk memilih tabel yang akan ditampilkan
  3. * adalah cara untuk menampilkan semua field yang ditampilkan
  4. Kala hanya menampilkan sebagian data saja, dapat dengan cara memilih field tertentu saja yang di select.

Contoh Kasus:

Misalkan saja kamu akan menampilkan data dari tabel produk yang terletak pada database toko, untuk asumsi field yang terletak pada tabel prduk yaitu:

  1. id_produk
  2. produk
  3. harga
  4. Stok

Untuk visualisasi tabelnya kita contohkan seperti berikut ini:

Menampilkan data SQL php

Menampilkan data SQL php

 

Menampilkan data SQL dengan PHP

$sql = "SELECT * FROM tabel_produk"
$eksekusi = mysql_query("$sql");
<span style="line-height: 1.6;">$i = 0;</span>
while ($data = mysql_fetch_array($eksekusi)){
echo $produk. ' '. $harga.' '. $stok;
}

Pada contoh diatas menggunakan * untuk menampilkan seluruh field yang ada pada tabbel produk. Namun jika kita hanya ingin menampilkan sebagian dari field saja, misalnya field stok saja untuk $sql bisa kita ganti dengan sintak begini:

$sql = "SELECT stok FROM tabel_produk"

Demikian tips singkat Cara Tampilkan Data SQL dari PHP semoga bisa menambah referensi teman-teman semua tentang script php yang mengolah data Sql

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *