Codeigniter (CI) – Cara Simpel Membuat Kode Otomatis

By , July 16, 2017,

Membuat kode otomatis dengan menggunakan data yang ada pada database banyak dilakukan untuk membuat beberapa aplikasi, misalnya:

  1. Kode barang, pada aplikasi penjualan barang, toko, gudang dan inventaris
  2. Kode Buku, pada aplikasi perpustakaan
  3. Kode Kendaraan, pada aplikasi perpajakan

Diatas contoh beberapa kode yang di implementasi kedalam aplikasi. Untuk penggunaannya bisa berupa kode biasa atau menggunakan barcode.

Yang perlu diketahui, pada setiap framework seperti codeigniter dan lainya konsepnya adalah MVC yaitu model view dan control.

Nah berikut ini akan Saya share, bagaina membuat kode untuk sebuah aplikasi perizinan bagunan. Untuk kode yang akan dibuat yaitu kode pemohon.

Untuk kode tersebut akan kita inisialkan dengan “P”. Misalkan pemohon yang didaftarkan adalah pemohon pertama maka akan terbuat kode “P1”, untuk pemohon kedua maka akan terbuat kode otomatis “P2” dan seterunya.

Oke langsung, saja..

3 Langkah Membuat Kode Otomatis

1. Controller

Pertama kamu buat dulu, sebuah controller untuk  mengidentifikasi fungsi yang akan memanggil model dan view pada kode otomatis tersebut.


defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

class Home extends CI_Controller{    public function __construct(){ parent::__construct();

$this->load->model('M_pemohon');

}

function pemohon(){

$data['title'] = "Tambah Data Pemohon";$data['title'] = "Tambah Data Pemohon"; $data['header'] = "Tambah Pemohon"; $data['subheader'] = "manajemen pemohon"; $data['kode'] = $this->M_pemohon->kode_pemohon(); $this->load->view('v_kodePemohon',$data);

}

}

2. Model

Model adalah dimana tempat melakukan pemanggilan data yang berada pada database. Nah disinilah kamu bisa buat kode otomatis tersebut. Dan selanjutnya akan di panggil atau ditampilan pada view.

class M_pemohon extends CI_Model{

function kode_pemohon(){function kode_pemohon(){ $kode = $this->db->query("SELECT * FROM tabel_pemohon WHERE level='3'"); $kode = $kode->num_rows(); if($kode == 0){ $kode = "P1"; }else{ $n = $kode+1; $kode = "P$n"; } return $kode; }

}

3. View

Disini tempat menampilan kode otomatis yang telah kamu buat. Pernah saya coba membuat beberapa quer y disini, ternyata memang tidak bisa. Ini mengindikasikan bahwa memang framework memang sudah benar-benar menghandle hal ini.

Tujuan hal tersebut adalah untuk keamanan.

Di controller sudah di jelaskan ini:

$data[‘kode’] = $this->M_pemohon->kode_pemohon();

Ini maksudnya adalah memasukkan kode otomatis yang kamu buat tersebut ke dalam data variabel $kode.

untuk menampilan kode otomatis yang telah dibuat tersebut silahkan di print atau di echokan saja. di file kodePemohon.php pada view codeigniter kamu seperti ini:

<?php echo $kode;?>

Tinggal untuk penempatanya mau ditempakan dimana misalkan di  form.  Atau mau di pakai untuk proses lainya terserah kamu.

Note:

Untuk database yang digunakan silahkan di sesuaikan saja dengan yang kamu buat, untuk tabel nya pada contoh ini kita buat dengan nama ‘tabel_pemohon” dengan fieldnya;

  1. kodeUser (varchar)
  2. nama (varchar)
  3. username (varchar)
  4. password (varchar)

 

 

Postingan berikutnya

  1. membuat kode automatis di codeinteger
  2. membuat kode otomatis dengan ci
  3. membuat kode otomatis di codeigniter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *