5 Contoh ERD Apotek yang Bagus

By , July 23, 2015,

Contoh ERD Apotek. Sistem informasi apotek merupakan bidang bisnis yang bisa di kelola dengan menggunakan program atau aplikasi. Aplikasi yang digunakan pada apotek bisa disebut juga sistem informasi apotek. Untuk merancang sistem informasi apotek. Hal yang tidak boleh ketinggalan adalah membuat analisa sistem salah satunya adalah membuat dan merancang erd sebagai proses penyimpanan data apotek.

Program untuk mengelola dan menajemen apotek sangat dibutuhkan. Alasan tersebut karena meminimalisir terjadinya kesalahan dalam manajemen apotek. Kesalahan-kesalahan yang terjadi bila tidak menggunakan sistem informasi misalnya, tanggal kadaluarsa obat, kesalahan supplier, kesalahan harga dan masih banyak lagi. Hal tersebut terjadi karena biasanya apotek yang masih awam teknologi mencatat kegiatan administrasi dan pengelolaan apotek secara manual pada buku atau agena. Padahal jika menggunakan program atau aplikasi ini, pengelolaan akan lebih mudah dan otomatis. Kelebihan yang lain adalah penghematan waktu dan biaya.

Contoh ERD Apotek 

Beberapa apotek yang perlu menggunakan program pengelolaan ini misalnya, apotek rumah sakit, apotek pribadi dan apotek laboratorium.

Cara mengelola apotek secara modern agar omset semakin naik dan memberikan keuntungan yang lebih banyak pada pemiliknya salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi yang kami kembangkan ini adalah dengan menggunakan aplikasi program berbasis web, sehingga pengelolaan dapat dilakukan dimanapun dengan sistem yang terintegrasi secara online. Misalnya pengusaha potek memiliki banyak apotek, untuk mengelola banyaka potek pemilik apotek cukup menggunakan satu sistem saja untuk memantau banyak apotek yang dimilikinya. Jadi untuk menghemat waktu pemilik apotek tidak harus berkunjung ke semua apotek satu persatu.

Ini adalah tips dan trik untuk strategi bisnis pada apotek dapat berjalan dengan lancar ketimbang pesaing Anda. Cara sukses mengelola apotek. Beberapa data utama yang dikeloa yaitu : data obat, data supplier, data karyawan, data harga. Untuk selebihnya tergantung kebutuhan dari setiap apotek.

5 Contoh ERD Apotek yang Bagus:

1. ERD aplikasi Sistem informasi apotek rumah sakit

erd-aplikasi-manajemen-apotek

ERD aplikasi Sistem informasi apotek rumah sakit

Penjelasan: Selain data utama data yang lainya yang dikeloa yaitu data petugas medik, petugas medik merupakan petugas  yang mejaga pasien selain dirawat dirumah sakit. Data pasien merupakan data pasien yang akan menggunakan obat, dari data pasien akan diketahui jenis penyakit dan obat apa yang seharusnya dibutuhkan. Data poli merupakan tempat pengobatan yang dilakukan terhadap pasien.

2. ERD apotek

erd-apotek

ERD apotek

Penjelasan: ini adalah erd buatan mbak rahawati. Data lain yang dikelola pada apotek yaitu data karyawan. Data karyawan merupakan data pengelolaan karyawan apotek. Selanjutnya data konsumen. Pada erd diatas menunjukkan bahwa apotek juga mengelola konsumen. Tujuan mengelola data konsumen mungkin salah satunya untuk kegiatan marketing apotek. Apoteker, ternyata terdapat berbedaan pada apotek ini, pada erd ini terdapat apotek dan apoteker, ini menunjukkan apotek yang menggunakan sistem informasi merupakan apotek besar.

3. ERD apotek rumah sakit

erd-apotek-rumah-sakit

ERD apotek rumah sakit

Penjelasan: Pada sistem yang menggunakan erd diatas data yang lain yang di kelola yaitu data dokter, data spesialisasi, dan juga data penyakit. Ketiga data tersebut merupakan data yang menangani sistem secara kompleks dan mendetail.

4. ERD program pengelolaan apotek

erd-program-pengeloaan-apotek

ERD program pengelolaan apotek

Penjelasan: Pada erd diatas perbedaanya terletak pada pengelolaan data faktur penjualan dan juga faktur supplier. Pada sistem yang dibangun dengan menggunakan erd diatas berfokus terhadap transaksi pada administrasi potek. Faktur yang terbuat merupakan detail transaksi baik berupa pembayaran obat maupun pembelian kepada supplier yang pada akhirnya adalah mengelola transaksi keuangan.

5. ERD sistem informasi apotek

erd-sistem-informasi-apotek

ERD sistem informasi apotek

Penjelasan: erd diatas lebih simpel dan sederhana, namun untuk di kembangkan menjadi sebuah program apotek bisa terbentuk aplikasi sederhana apotek.

 

Kesimpulannya: erd pada apotek di buat berdasarkan kebutuhan dari implementasi sistem apotek yang menggunakannya. Secara garis besar prosesnya sama, namun pembedanya adalah proses tambahan yang ada pada masing masing sistem. Demikian sharing erd, untuk sharing berikutnya sistemphp.com akan sharing DFD dan FLOWCHART di waktu yang akan datang. Atau Anda butuh jasa untuk membuat itu semua baik dari analisa maupun program sistem dan aplikasi apotek. Silahkan kontak kami.

Postingan berikutnya

  1. contoh erd rumah sakit
  2. ERD apotek
  3. erd apotik
  4. contoh erd rumah sakit dan penjelasannya
  5. contoh erd apotek
  6. contoh erd apotik
  7. contoh database apotik sederhana
  8. contoh database apotik terbaru
  9. erd apotik sederhana
  10. erd sederhana
  11. contoh erd dan dfd sistem informasi rumah sakit
  12. database apotik
  13. contoh basis data apotek
  14. contoh database apotik
  15. contoh data base apotek

2 thoughts on “5 Contoh ERD Apotek yang Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *