Contoh Sistem Informasi Sekolah PHP

By , April 14, 2015,

Contoh Sistem Informasi Sekolah PHP. Sistem informasi sekolah banyak sekali manfaat dan kegunaannya. Salah satunya adalah sebagai media informasi untuk stakeholder yang ada  di lingkungan sekolah. Tingkatan sekolah yang dapat mengimplementasikan misalnya sekolah setingkat SD, SLTP (MTS, SMP), SLTA (SMU, SMA) dan tingkatan sekolah yang lainya. Penggunaan sistem informasi di sekolah berguna untuk melakukan kegiatan administratif di lingkungan sekolah.

Contoh sistem informasi sekolah

Contoh sistem informasi sekolah

Penggunaan teknlogi informasi di sekolah khususnya sistem informasi pada sekarang ini sudah menjadi hal yang harus dilakukan. Karena mengingat media informasi sekarang sudah mencakup jangkauan yang luas. Hal tersebut karena adanya media teknologi berupa internet. Maka dari itu sistem informasi berbasis web dan online adalah menjadi kebutuhan yang mutlak harus digunakan pada sekolah-sekolah.

Manfaat sistem informasi untuk sekolah

Dalam penerapan sistem informasi di sekolah beberapa manfaat yang dihasilkan dari penggunaanya diantaranya adalah mengelola kegiatan yang ada di sekolah. Kegiatan tersebut meliputi beberapa manajemen diantaranya:

1.  Manajemen data siswa

Siswa adalah bagian dari sistem informasi yang ada disekolah. Dengan adanya sistem informasi yang digunakan disekolah, data siswa dapat di kelola secara otomatis dan disimpan kedalam database sistem. Pengelolaan data siswa meliputin detail seluruh siswa yang ada disekolah yaitu jumlah siswa, jumlah siswa laki-laki, jumlah siswa perempuan, jumlah detail siswa perkelas. Selain informasi data siswa tersebut, info lain yang dapat di olah seperti data profile siswa, alumni, wali siswa dan hal yang berkenaan dengan siswa.

2. Manajemen data guru

Kegunaan sistem informasi yang berikutnya yaitu mengelola data guru. Data yang dikelola diantaranya data profile guru, bidang studi, jumlah guru. Pengelolaan data guru ini memungkinkan untuk pihak sekolah melakukan manajemen penjadawalan yang ada di sekolah.

3. Manajemen data pelajaran

Manajemen data pelajaran yang diajarkan di sekolah. Dengan sistem informasi pihak sekolah bisa memanajemen data pelajaran yang ada. Data pelajaran tersebut bisa berupa informasi detail, kurikulum, dan informasi mengenai data pelajaran yang ada.

4. Manajemen data ruangan

Sistem informasi sekolah melakukan pengelolaan ruangan yang ada pada seklah. Data ruangan, Kode ruangan, dan detail ruangan lainnya di kelola secara otomatis menggunakan sistem informasi. Data ruangnya juga berkaitan dengan proses data lainya yaitu misalnya data guru dan data jadwal.

4. Manajemen data penjadwalan

Ini adalah bagian sistem informasi yang mengelola data penjadwalan. Pengelola data penjadwalan ini berhubungan langsung dengan data guru, data pelajaran, dan data ruangan. Jadi dengan adanya sistem informasi di sekolah, sistem akan mampu memberikan penjadwalan secara otomatis yang disesuaikan dengan data guru, ruangan dan jam pelajaran.

5.Manajemen data pembayaran

Pada bagian ini sistem informasi sekolah mengelola data pembayaran. Pada penerapannya sistem informasi pembayaran ini, bisa di kembangkan menjadi aplikasi atau program yang menangani pembayaran yang ada disekolah, salah satunya pembayaran spp sekolah. Software spp sekolah ini berfungsi untuk memanajemen data pembayaran. Pada contoh sistem informasi sekolah sistem pembayaran bisa digabungkan menjadi satu menjadi satu sistem kesatuan.

6. Manajemen data alumni

Ini adalah bagian dari sistem informasi yang ada disekolah. Pengelolaan alumni penting dilakukan berguna sebagai informasi tambahan manajemen sistem yang tamat setelah bersekolah. Kegunaan lainya adalah sebagai jalinan silaturahmi antara sekolah dengan alumni.

7. Manajemen data surat

Mengelola data keluar masuk surat yang ada di sekolah. Dengan adanya sistem informasi sekolah, memungkinkan pengelolaan surat menyurat akan lebih mudah terorganisir, jelas dan mudah di manajemen. Selain itu fungsi dari manajemen data surat adalah sebagai arsip otomatis yang ada disekolah dengan sistem informasi.

8. Manajemen data perpustakaan

Dengan sistem ini pengelolaan data perpustakaan dapat juga langsung di kelola. Dalam implementasinya pengelolaan data perpustakaan dapat dipisahkan menjadi sistem informasi perpustakaan untuk sekolah.

9. Manajemen data nilai

Mengelola data penilaian. Data penilaian ini sangat erat kaitannya dengan kegiatan belajar belajar. Dengan pengolaan data nilai ini. Guru lebih mudah untuk memberikan nilai, kemudahan tersebut karena sistem akan secara otomatis menghitung nilai yang ada.

Sistem informasi manajemen sekolah yang kami kembangkan disini adalah sistem informasi akademik untuk sekolah. Akademik sekolah merupakan bagian dari administrasi sekolah, yang pada penarapannya terhadap teknologi informasi menggunakan program dan software aplikasi. Sistem aplikasi sekolah ini di kembangkan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web php dan menggunakan database mysql.

Ruang linkup aplikasi yang ada yang lain untuk sekolah yang bisa di kembangkan lagi adalah sistem informasi tata usaha sekolah. Kenapa ini bisa dikembangkan menjadi sistem informasi tersendiri, itu karena proses yang terjadi pada sistem informasi tersebut menangani banyak pengelolaan yang ada didalamnya.

Mungkin di luar sana banyak program aplikasi sekolah gratis, namun untuk manajemen yang ada didalamnya hanya simpel dan tidak mewakili beberapa proses administrasi yang ada pada kegiatan akademik di sekolah. Inilah mengapa sistem informasi kami banyak peminatnya dan menjadi acuan utama dalam implementasi sistem informasi untuk sekolah. Software aplikasi sekolah ini sengaja di kembangkan untuk mengelola data yang ada di sekolah. Dengan software ini pengelolaan data yang ada menjadi lebih memaksimalkan penggunaan waktu dan manfaatnya.

Aplikasi tata usaha gratis untuk sekolah sedang kami kembangkan ke arah yang lebih maksimal lagi. Dengan demikian sistem yang digunakan bisa mewakili secara maksimal kegiatan yang ada pada bagian tata usaha yang ada disekolah. Download aplikasi sekolah akan kami upload jika sistem sudah siap dan bisa digunakan.

Aplikasi sekolah berbasis web

Berikut ini aplikasi dan software sekolah berbasis web yang sedang kami kembangkan:

  1. Sistem informasi tata usaha sekolahMengelola data tata usaha yang ada disekolah.
  2. Sistem informasi perpustakaan sekolahMengola data perpustakaan, meliputi data buku, peminjam, peminjaman, pengembalian dan banyak lagi. 
  3. Sistem informasi keuangan sekolah, mengelola data keuangan yang ada disekolah, keluar, masuk, aliran dana dan penggunaanya. Aplikasi keuangan sekolah, aplikasi yang berguna mengelola data keuangan yang ada disekolah.
  4. Sistem informasi penjadwalan pelajaran, mengelola data penjadwalan yang ada disekolah.
  5. Sistem informasi nilai sekolah, Mengelola data penilaian siswa tentang pelajaran dan nilai-nilai lainya.
  6. Sistem informasi absensi sekolah, mengelola data informasi absensi siswa, guru, dan staf yang ada disekolah.

Beberapa sistem informasi diatas adalah aplikasi untuk sekolah yang bisa di kembangkan berbasis web. Program aplikasi sekolah tersebut merupakan kegiatan manajemen proses yang ada di sekolah. Yang mana pada kategorinya sistem informasi ini di kelompokkan kedalam kategori sistem informasi pendidikan. Sistem administrasi sekolah adalah gambaran umum untuk merangkup semua sistem yang ada. Jika digabungkan menjadi satu-kesatuan semua proses yang ada maka menjadi sistem informasi sekolah terpadu.

Tampilan sistem informasi sekolah

1. Tampilan dashboard

Tampilan dashboard

Tampilan dashboard

2. Tampilan master siswa

Master siswa

Master siswa

Tampilan diatas adalah sebagian tamilan SIseko (sistem informasi sekolah). Sistem informasi diatas terintegrasi dari beberapa sistem yang ada disekolah yaitu penjadwalan, pembayaran, perpustakaan, penilaian. Untuk tahap selanjutnya kami sedang mengembangkan integrasi baru yaitu e-learning pada sistem informasi ini, jadi dengan adanya e-learning tersebut belajar, berdiskusi pemberian tugas dapat langsung dilakukan melalui sistem informasi dan dapat dipantau. Sistem belajar bisa perkelas dengan masin-masing guru didalamnya. Bahkan ujian dan tes online bisa di lakukan disini.

Contoh Sistem Informasi Sekolah PHP diatas siap dipakai dan di implementasikan di sekolah. Mungkin ada proses baru yang dapat di handel, pengembangan selanjutnya siap dilakukan menjadikan sistem ini menjadi lebih baik.

sumber: 1

Postingan berikutnya

  1. contoh sistem informasi sekolah
  2. contoh program sistem informasi sekolah
  3. contoh sistem informasi sekolah berbasis web
  4. sistem informasi sekolah
  5. contoh sistem informasi di sekolah
  6. contoh informasi tentang sekolah
  7. https://www sistemphp com/contoh-sistem-informasi-sekolah-php/
  8. Database sistem informasi sekolah
  9. sistem informasi sekolah php
  10. contoh sistem informasi pada sekolah
  11. informasi tentang sekolah
  12. cara mengkonsep informasi ke sekolah
  13. sistem informasi yang ada di sekolah
  14. contoh web sekolah berbasis sistem informasi manajemen
  15. contoh sistem informasi yang ada disekolaj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *