Contoh Sistem Informasi Warnet

By , April 15, 2015,

Contoh Sistem Informasi Warnet. Software, program dan aplikasi yang berguna untuk mengelola warnet. Aplikasi pengelolaan warnet ini memungkinkan admin untuk melakukan manajemen yang ada pada kegiatan warnet. Software warnet yang di kembangkan disini adalah aplikasi berbasis web, sehingga dapat dipantau realtime secara langsung. Program keuangan warnet adalah salah satu program andalan dari sistemphp.com di kembangkan dengan pemrograman php dan database mysql.

Analisa sistem informasi warnet berdasarkan studi kasus dan masalah yang ada pada warnet sesungguhnya. Hal ini sangat penting dilakukan karena berjalannya sebuah aplikasi untuk warnet berdasarkan kondisi  real dilapangan. Maka dari itu analisa, desain dan perancangan sistem informasi warnet di kembangkan berdasarkan kondisi yang ada pada kenyataannya.

DFD sistem informasi warenet atau data flow diagaram warnet di buat sesuai analisa dan perancangan sehingga, aliran data yang terjadi pada sistem informasi warnet dapat sesuai dengan alur kerja pada kondisi warnet pada umumnya.Selain itu ERD untuk sistem informasi warnet kami buat sesuai alur data flow yang ada sehingga kinerja sistem akan maksimal dan sesuai dengan proses yang dibutuhkan.

Fitur Sistem Informasi Warnet

Beberapa fitur yang ada pada program aplikasi sistem informasi pengelolaan warnet berbasis web ini yaitu:

1. Mengelola data pengguna

Mengelola data pengguna yang menggunakan sistem informasi warnet. Data ini bisa dipisahkan berdasarkan level. Sehinga apabila pemilik warnet, mempunyai karyawan untuk mengelola warnet, maka pemilik warnet dapat memantaunya meskipun berada di rumah secara online. Nah kemudahan inilah yang menjadi salah satu poin penting mengapa sistem informasi warnet ini banyak sekali digunakan dan di cari. Pengguna bisa berupa admin dan owner pemilik warnet.

2. Mengelola data member

Pengelolaan data member berfungsi untuk memanajemen member atau pelanggan yang ada pada warnet. Dengan cara tersebut member akan bisa diberikan bonus atau penawaran-penawawran beru karena mereka menjadi member. Pengelolaan member bertujuan untuk menjadikan member tetap terhubung dengan Anda sebagai pemilik warnet. Hal ini adalah untuk manajemen setiap bulannya.

3. Mengelola data produk

Pengelolaan produk yang ada pada warnet. Produk disini bisa berupa jasa print, penjualan isi kulkas warnet, dan internet sendiri. Pada pengelolaan ini akan ada pengelolaan nama produk dan juga harga. Dengan demikian perhitungan akan lebih mudah, Anda tingal memasukkan setiap penjualan yang ada. Selanjutnya sistemlah yang menghitung secara otomatis dan terkomputerisasi.

4. Mengelola laporan

Pada intinya semua akan menghasilkan laporan yang bisa dicetak perminggu, perhari, perbulan dan pertahun sekalipun. Dengan laporan tersebut bisa digunakan untuk evaluasi warnet dan manajemen warnet secara berkala. Laporan bisa di cetak. Kemudahan yang ada tersebut membuat manajemen warnet lebih mudah dan efektif. Penghembatan biasaya dan waktu.

Flowchart sistem informasi warnet

Flowchart sistem informasi warnet

Flowchart sistem informasi warnet

Penjelasan aliran data flowchart: Sistem bekerja dengan start, pada flowchar diatas di mulai, selanjutnya masuk pada bagian proses login, pada proses login terdapat dua kondisi, apabila login dilakukan benar atau berhasil, maka admin atau pengguna dapat masuk dan menggunakan sistem. Namun jika admin salah masukkan password pada login, sistem akan mengarahkan kembali pada halaman login. Setelah login berhasil, admin dapat melakukan pengelolaan pada sistem. Dan selanjutnya sistem menyimpan pengelolaan tersebut pada database. Dalam flowchart diatas data base di inisialkan dengan database pengelolaan. Dan setela proses tersebut, selesai.

DFD sistem Informasi warnet

DFD sistem informasi warnet

DFD sistem informasi warnet

Pada dfd diatas aliran data berada pada ruang lingkup sistem informasi warnet. Yang mana stake holder yang berkaitan adalah owner dan admin. Ada juga stake holder yang berkaitan owner sekaligus menjadi admin, itu bisa saja. Nah untuk dfd diatas admin memberikan data produk dan data pengelolaan pada sistem. Dan admin juga menerima laporan dan informasi produk beserta pengelolaan. Untuk owner data yang diterima dari sistem informasi warnet adalah laporna per periode tertentu.

ERD sistem informasi warnet

ERD sistem informasi warnet

ERD sistem informasi warnet

Tampilan diatas menunjukkan rangkaian database pada sistem informasi warnet. Pada gambar diatas, tabel yang pertama ada  tabel pengguna yang berisi pengguna dari sistem. Selanjutnya terjadi proses mengelola, dan selanjutnya menjadi tabel pengelolaan yang terhubung dengan produk. Tabel produk adalah tabel yang mengelola produk warnet, misal layanan print, service, dan penggunaan internet. Semua di kelola dengan perhitungan otomatis oleh sistem. Dengan perhitungan otomatis tersebut berguna untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi pada saat perhitungan manual yang biasanya dilalkukan.

Database sistem informasi warnet

Database sistem informasi warnet

Database sistem informasi warnet

Struktur menu sistem informasi warnet

Struktur menu sistem informasi warnet

Struktur menu sistem informasi warnet

Desain menu sistem informasi warnet di mulai dengan menu home atau beranda. Kemudian bergeser sebelah kanan ada menu master. Menu master adalah data utama yang akan menjadi penghubung ke proses yang lain pada sistem. Menu data master ini dibagi menjadi dua yaitu pengguna dan produk. Data pengguna memungkinkan admin untuk menamba user atau pengguna sistem informasi. Namu pada studi kasus sistem informasi warnet ini pengguna, nanti akan ditambahkan member. Kemudian di bawahnya ada menu produk. Menu produk adalah produk yang ditawarkan di warnet. Menu produk misalnya: minuman dingin, jasa print, dan penggunana internet. Selanjutnya di menu sebelah kanan ada menu pengelolaan, menu tersebut adalah menu utama yang menangani proses input tambah data pengelolaan warnet.

Pada menu sebelah kanan selanjutnya yaitu menu laporan, menu laporan adalah menu yang berguna untuk  mencetak laporan yang Anda. Dan menu paling kanannya yaitu menu logout atau keluar dari sistem.

Tampilan sistem informasi warnet

Sistem informasi warnet

Sistem informasi warnet

Contoh Sistem Informasi Warnet. Aplikasi ini sangat berguna dan cocok sekali bagi pengelola warnet. Pengelolaan warnet menjadi termanajemen dengan baik. Maka dari itu bagi Anda pemilik warnet atau owner warnet sangat cocok menggunakan aplikasi ini untuk mengelola warnet Anda.

Postingan berikutnya

  1. Sistem informasi warnet
  2. contoh diagram erd warnet
  3. contoh database warnet
  4. contoh kasus aliran sistem informasi
  5. dfd dan erd sistem informasi manajemen warung internet
  6. dfd warnet
  7. contoh sistem informasi warnet
  8. contoh sistem informasi database
  9. dfd level 1 warnet
  10. contoh kasus alur sistem informasi
  11. dfd sistem informasi warnet
  12. dgambar perancangan sistem pada pembuatan warnet
  13. contoh kasus dfd warnet
  14. erd warnet
  15. contoh kasus sistem informasi warnet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *