Data Nilai Untuk Metode AHP

By , February 28, 2015,

Data Nilai Untuk Metode AHP. Pada sebuah penelitian penggunaan data merupakan hal yang harus dan mutlak. Kali ini Saya akan membahasa tenttang penggunaan data pada perhitungan metode ahp. Perhitungan php menggunakan data nilai yang berguna untuk menilai suatu variabel kriteria yang digunakan untuk menghitung proses ahp. Dan untuk itu Saya akan menjelaskan data seperti apa yang bisa digunakan dan diproses dengan metode ini.

Kita asumsikan variabel yang akan kita lakukan perhitungan untuk proses ahp yaitu disiplin, tanggung jawab, prestasi. Untuk sementera kita gunakan ketiga variabel tersebut untuk analogi perhitungan ahp. Nah untuk mendapatkan nilai tersebut bisa Anda dapatkan dengan beberapa cara:

Data Nilai Untuk Metode AHP

1. Jika Anda meneliti studi kasus pada sebuah perusahaan

Misalkan Anda meniliti tentang studi kasus pada sebuah perusahaan. Dan untuk nilai tersebut Anda sudah diberikan langsung. Dan nilai tersebut adalah nilai kuantitatif, maka Anda dapat menggunakannya untuk melakukan proses perhitungan terhadap metode ahp. Dengan catatan nilai tersebut adalah nilai yang nominalnya rentan antara nilai 1 sampai dengan 9. Kok begitu, yak arena metode ahp menggunakan ketetapan saaty untuk membuat matriks dengan sistem perbandingan. Dengan rentan nilai tersebut perbandingan matriks berpasangan dapat dibuat.

2. Jika meneliti menggunakan respon orang lain.

Pada bagian kedua ini maksudnya adalah jika nilai diberikan berdasarkan tanggapan dari banyak orang, maka penilaian dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner. Seperti penelitian yang pernah saya lakukan, Saya meneliti tentang sistem informasi Akademik pada sebuah kampus, maka Saya meminta tanggapan dari pengguna sistem informasi akademik tersebut dengan memberikan kuesioner. Dengan kuesioner tersebut selanjutnya Saya cari  nilai rata-rata untuk setiap kritera dan selanjutnya saya gunakan untuk perhitungan metode ini.

Misalkan saja responden yang akan diminta untuk menilai berjumlah 5 orang dapat di asumsikan dengan tabel nilai berikut:

Data nilai metode ahp

Data nilai metode ahp

Pada contoh kuesioner diatas terdapat 5 responden yang menilai ketiga kriteria diatas. Dari penilaian tersebut kita ambil nilai rata-rata. Pada contoh diatas nilai rata-rata yang didapat terdapat angka dibelakang koma. Maka tugas yang perlu Anda lakukan adalah menyederhanakannya menjadi satu angka sehingga bisa digunakan untuk melakukan perhitungan dalam pembuatan matriks perbandingangan. Caranya yaitu dengan cara apabila 1 angka dibelakang koma lebih < 5 maka ambil angka satuannya saja contoh 7,2 maka nilai tersebut sama dengan 7 dan apabila 1 angka dibelakang koma >=5  maka ambil angka terbesarnya contoh 7,5 atau 7,6 maka nilai yang diambil yaitu 8.

Demikian salah satu contoh penggunaan data atau nilai yang bisa untuk melakukan proses ahp sehingga menghasilkan suatu keputusan akhir yang dapat Anda simpulkan. Semoga bermanfaat Data Nilai Untuk Metode AHP.

Postingan berikutnya

  1. contoh kuesioner metode ahp
  2. contoh kuesioner ahp
  3. kasus ahp
  4. form kuisioner perbandingan ahp
  5. perhitungan angket ahp
  6. mengambil angka kuisioner di php
  7. angket ahp
  8. rata rata data ahp
  9. download kuesioner ahp
  10. cara masukan kode ahp di php
  11. bentuk kuesioner ahp
  12. Banyak Kuesioner sistem ahp
  13. angket sistem ahp

11 thoughts on “Data Nilai Untuk Metode AHP

  1. Pingback: Contoh Soal Metode AHP

  2. ismail

    Setelah didapat rata ratanya lalu memasukannya di ke matrik perbandingannya gimana min?

    Reply
    1. admin Post author

      Membuat matriknya pakai perbandingan mas, seperti yang di tetapkan dengan skala shaty

      Reply
  3. dheva

    bagaimana contoh pertanyaan wawancara untuk mendapatkan data matriks berpasangan?

    Reply
    1. admin Post author

      Caranya pakai kuesioner mas. Kuesioner tersebut di beri rentang nilai antara 1-9 berdasarkan ketentuan dari saaty. Nah jika kuesioner telah diisi maka di cari nilai rata-rata. Kemudian nilai tersebut di masukkan kedalam matriks perbandingan untuk selanjutnya di olah dan dilakukan perhitungan ahp

      Reply
  4. Momo

    Admin Mau nanya…. Gimana caranya menghitung nilai (IR) . Indek random konsistenya kalau skalanya 40 sempel data.admin tau ngak rumusnya apa

    Reply
  5. dahlannasir

    Min, mau tanya bagaimana cara menghitung nilai rata-rata nya? Untuk contoh di atas yang di dapatkan nilai rata2 nya yaitu, 7.0 , 7.4, 7.2. Nilai tersebut cara mendapatkannya gimana? Rumusnya gan?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *