Delete File PHP

Manajemen file dalam sebuah aplikasi web sangat penting sekali dilakukan. Hal ini mengingat bandwitch dan disk space server sangat berpengaruh terhadap kinerja aplikasi.

Berkaitan dengan hal tersebut tutorial ini berkait dengan projek yang Saya buat sebelumnya yaitu tentang upload file berkas pada aplikasi penerimaan karyawan baru pada sebuah perusahaan.

Delete File PHP

Delete File PHP

 

Pada proses pengerjaan ini saya menggunakan fungsi yang ada dalam fitur php yaitu unlink(). Setelah saya coba beberapa kali file yang  ada pada direktori atau folder dalam aplikasi projek Saya tidak terhapus.

Permasalahan hapus file php tidak bisa

Setelah Saya analisis mengapa file tidak bisa terhapus karena karena saya menggunakan para meter url secara langsung dan bukan root direktori yang tersistem.

Proses ketika gagal saya menggunakan contoh ini:

$url=”http://localhost/folder_projek/asset/file/gambar.jpg”;

unlink($url);

 

Hapus file bisa dan berhasil

Dan cara yang berhasil adalah dengan menggunakan contoh ini:

$url=$_SERVER[‘DOCUMENT_ROOT’].”/folder_projek/assets/file/gambar.php”;

unlink($url);

 

Pertanyaaanya,Apa bedanya variabel url pada contoh pertama dengan contoh kedua?, Bedanya adalah jika pada contoh yang pertama itu adalah masuk kedalam url langsung tapa root sistem.

Sedangkan pada contoh yang kedua kita menggunakan fungsi php yaitu script $_SERVER[‘DOCUMENT_ROOT’] yang mana ini adalah mengarah ke root sistem pada server kita. Atau dengan visualisasi link sebagai berikut, dari hasil fungsi tersebut,

d:\xampp\htdocs\

 

Demikian cacatan singkat ini saya bagikan, semoga dapat membantu teman-teman semua dalam mengahpus file yang ada dalam aplikasi teman-teman semua.

Oia tutorial ini dapat di aplikasi dalam penghapusan file misalnya gambar berupa ekstensi (jpg,jpeg,gif,png) atau file dokumen seperti doc,xlx dan filenya lainya. Semoga bermanfaat. Bagi yang masih bingung atau ada pertanyaan silahkan beri komntar atau boleh chat saya langsung melalui Whatsapp. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>