DFD Sistem Informasi Desa / Keluarahan

Sistem informasi desa merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola desa atau keluarahan. Jika berbicara tentang desa, desa merupakan ruang lingkup pemerintahan yang menarik untuk di keloa dengan aplikasi. Untuk pengelolaan dan ruang lingkup pelayanan pada desa, banyak yang dapat di implementasikan kedalam sebuah sistem aplikasi atau software.

Contoh-contoh pelayanan menggunakan aplikasi misalnya dalam pengelolaan penduduk desa, fasilitas desa dan juga kegiatan surat menyurat desa dan segala administrasi desa. Dalam pengembangannya aplikasi ini sebenarnya bisa menjadi sebuah aplikasi yang cukup kompleks. Namun pada sharing pengembangan aplikasi dari segi analisa dan perancangannya akan kita buat se sederhana mungkin, namun mewakili proses pengelolaan desa secara umum.

oke berikut pembahasan mengenai DFD yang akan kita gunakan dalam aplikasi keluarahan ini.

 

DFD Level 0 (konteks diagram0 Sistem Informasi Desa / Keluarahan

DFD Level 0 Sistem Informasi Desa / Keluarahan

DFD Level 0 Sistem Informasi Desa / Keluarahan

Untuk stakeholder yang terkait dengan sistem desa yaitu 2 user admin dan penduduk. Admin merupakan operator untuk menjalankan aplikasi. Sedangkan penduduk merupakan user pasif yang hanya memberikan informasi data penduduk.

Untuk aliran data pada konteks diagram terdapat 2 aliran data yaitu data yang diterima dan di masukkan ke dalam sistem. Uraiannya sebagai berikut:

Data masuk:

  1. Admin, data yang masuk ke dalam sistem yang di entri oleh admin yaitu data admin, data fasilitas umum, data kegiatan, data pembangunan
  2. Penduduk, data yang di masukkan ke dalam sistem oleh user penduduk yaitu data penduduk

Data diterima:

  1. Admin, dalam sistem ini menerima data dari aplikasi yaitu info penduduk, info admin, info fasilitas, info kegiatan, info pembangunan

 

DFD Level 1 Sistem Informasi Desa / Keluarahan

DFD Level 1 Sistem Informasi Desa / Keluarahan

DFD Level 1 Sistem Informasi Desa / Keluarahan

Penjelasan:

Kota sebelah kiri adalah user atau pengguna aplikasi. Untuk dfd level ini dan dalam pengembangan yang dilakukan, sistem ini hanya satu level user yang ada didalamnya yaitu admin. Admin mempunya fungsi untuk mengentri atau memasukkan data ke dalam aplikasi. Untuk alur prosesnya sebagai berikut:

  1. Admin melakukan login atau masuk ke dalam aplikasi desa
  2. Admin melakukan menambahkan data master admin dan penduduk
  3. Admin melakukan pengelolaan yang meliputi fasilitas umum, kegiatan, pembangunan
  4. Admin mencetak laporan

Untuk lingkaran yang berada di tengah-tengah tersebut merupakan proses yang ada di dalam sistem ini. Jika Kamu ingin menambahkan proses lagi tinggal sesuaikan saja proses yang ada. Kemudian terdapat kota dengan garis atas bawah pada sebelah kanan lingkaran, itu adalah data yang terbentuk dari proses yang ada dan itu lah yang nantinya menjadi rangkaian tabel dalam database aplikasi

Untuk pengembangan yang lebih kompleks lagi, pengelolaan desa dapat di kembangkan menjadi aplikasi yang lebih besar lagi. Misal pengembangan yang dilakukan meliputi penanganan proses keuangan, surat menyurat, penyaluran bantuan dan pengelolaan penduduk secara terperinci. Pengelolaan secara terperinci misalnya penduduk miskin, pendatang dan juga aspek lainya.

Postingan berikutnya

  1. dfd level 0 website desa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>