DFD Sistem Informasi Gudang

By , December 1, 2017,

Sistem informasi gudang merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan manajemen gudang.

Gudang dalam hal ini berfungsi sebagai penyimpanan barang-barang  dan juga stok. Dalam proses suatu bisnis gudang sering berkaitan dengan data stok. Proses yang terjadi pada gudang biasanya terdapat barang masuk dan juga barang keluar gudang.

Aplikasi gudang mempunyai fungsi yang sangat penting dalam pengelolaan gudang. Data-data yang gudang seperti jumlah barang serta suplai masuk dan juga suplai keluar harus di data secara terperinci.

Kesalahan dalam pengelolaan data tersebut dapat menyebabkan kesalahan dalam pengelolaan data gudang.

DFD level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Gudang

DFD level 0 konteks diagram sistem informasi gudang

DFD level 0 konteks diagram sistem informasi gudang

Pada konteks diagram user yang berinteraksi dengan sistem ini terdapat 2 user, yaitu admin dan juga pimpinan. Dengan perannya sebagai berikut:

  1. Admin merupakan user yang berperan menjalankan aplikasi gudang, dan sekaligus dalam konteks ini berfungsi sebagai administrator.
  2. Pimpinan merupakan user level 2 yang mempunyai tugas melihat beberapa proses dan juga laporan dari aplikasi secara langsungs secara realtime dari manapun.

Untuk data-data apa saja yang di kelola pada aplikasi gudang ini, tergambar juga pada konteks diagram atau dfd level 0. Data-tanya sebagai berikut:

  1. Data admin, merupakan data user login admin
  2. Data pimpinan, merupakan data user login pimpinan
  3. Data Barang, merupakan data barang yang ada pada gudang
  4. (update) Data sirkulasi, merupakan data sirkulasi barang yang keluar dan masuk gudang. Melihat konteks diagram belum terdapat sirkulasi, maka dari itu, pada panah masuk dari admin terdapat data sirkulasi kemudia pada panah yang mengarah pada admin terdapat info sirkulasi. Sedangkan pada panah dari sistem ke pimpinan juga terdapat info sirkulasi. Sirkulasi yang di maksudkan disini adalah keluar dan masukknya barang dari dan ke gudang.

DFD level 1 Sistem Informasi Gudang

DFD level 1 sistem informasi gudang

DFD level 1 sistem informasi gudang

Pada DFD level 1 diatas terdapat proses utama yaitu sirkulasi. Berdasarkan gambar diatas urutan proses berjalannya aplikasi gudang ini yaitu:

  1. User melakukan login kedalam aplikasi. User disini yaitu administrator dan juga pimpinan
  2. Kemudian admin menambahkan data admin, data pimpinan serta data barang
  3. Admin melakukan pengelolaan barang dalam gudang pada menu sirkulasi barang masuk dan barang keluar pada aplikasi
  4. Admin melakukan pencetakan laporan
  5. Untuk user pimpinan hanya melakukan proses melihat data sirkulasi dan jug amencetak laporan

 

Diatas gambaran pengembangan aplikasi gudang secara umum. Untuk detail dan rincian agar sesuai dengan implementasi, yang perlu diperhatikan adalah studi kasus dimana kan di kembangkan aplikasi tersebut.

Bisa saja pada suatu gudang terdapat rak-rak penyimpanan atau box penyimpanan. Maka dari itu, bisa juga di masukkan kedalam data aplikasi untuk memudahkan pemantauan dan juga pengecekkan barang dalam gudang.

Demikian semoga bermanfaat, Untuk aplikasi atau software gudang ibisa menhubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *