DFD Sistem Informasi Karyawan

Sistem informasi karyawan merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola karyawan. Mengelola karyawan dengan aplikasi dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas perusahaan. Ini terlihat seandanya terdapat banyak karyawan dalam sebuah perusahaan. Banyaknya karyawan misalnya sampai ratusan bahkan ribuan. Dengan data sebanyak itu tentu kita membutuhkan berkas untuk mencari data yang di perlukan, misalnya no telpon, detail alamat, informasi jabatan dan bidang kerja karyawan tersebut.

Kelemahan tersebut mendorong pengembangan aplikasi untuk mengelola dan manajemen karyawan supaya lebih cepat efektif dan efisien. Bukan hanya data ribuan bahkan puluhan ribu dapat di cari dengan mudah menggunakan aplikasi karyawan. Tanpa perlu membongkar rak-rak arsip secara melelahkan. sebelum mengulas aplikasinya, kali ini sistemphp.com akan sharing perancangan aplikasinya yaitu berupa data flow diagram sistem informasi karyawan.

Untuk aplikasinya akan di pisahkan dengan tutorial ini.

DFD Level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Karyawan

DFD Level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Karyawan

DFD Level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Karyawan

Dalam konteks diagram karyawan ini, terdapat data bidang dan jabatan. Untuk bidang dalam kasus yang berbeda bisa saja berupa divisi ataupun bagian, tinggal disesuakan saja dengan kondisi real pada tempat studi kasus pengembangan aplikasi.

Uraian isi data:

  1. Untuk data bidang secara terperinci data dalam databasenya bisa berupa nama bidang, manager,telp, keterangan.
  2. Untuk data jabatan merupakan data jabatan yang ada pada suatu perusahaan yang menggunakan aplikasi karyawan. Data jabatan juga memungkinkan berisi data nama jabatan, gaji dan keterangan jabatan
  3. Untuk data karyawan merupakan data inti dari pengelolaan karyawan.

Panah yang mengarah kedalam lingkaran konteks diagram dia tas merupakan aliran data yang masuk atau di berikan ke dalam sistem.

Sedangkan panah yang mengarah ke luar sistem merupakan data yang di berikan oleh sistem kepada user dalam ruang lingkup sistem pengelolan karyawan ini

DFD Level 1  Sistem Informasi Karyawan

DFD Level 1  Sistem Informasi Karyawan

DFD Level 1  Sistem Informasi Karyawan

Untuk DFD level 1 diatas proses intinya adalah data karyawan. Ini adalah sistem yang tidak begitu kompleks. Untuk pengembangan lain dapat juga di gabungkan sengan sistem penggajian karyawan, sistem absensi karyawan, sistem monitoring karyawan.

Jika dilakukan penambahan beberapa fitur yang seperti saya sebutkan tadi maka aplikasi ini menjadi aplikasi yang besar. Dan untuk level DFD nya juga menambahkan beberapa proses pada lingkaran yang ada.

Demikian semoga bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. contoh dfd daftar karyawan
  2. Dfd sistem informasi karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>