DFD Sistem Informasi Keuangan

By , November 14, 2017,

Sistem Informasi keuangan merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengatur uang yang masuk dan uang yang keluar.

Kegunaan pengelolaan uang masuk dan uang keluar adalah agar lebih mudah di pantau seberapa besar pengeluaran yang di gunakan dari pada pemasukan yang ada.

Untuk jenis implementasi sistem informasi keuangan misalnya, keuangan pribadi atau keluarga, keuangan mushola, keuangan kantor, keuangan perusahaan, keuangan osis, keuangan sekolah, keuangan pesantren, keuangan rt, rw, atau desa, keuangan organisasi dan masih banyak lagi ruang lingkup yang dapat menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan ini.

Selain memudahkan untuk pengelolaan, hal yang paling penting adalah adanya fitur pelaporan keuangan yang dapat membantu dalam pertanggung jawaban jika suatu saat data data keuangan di butuhkan untuk evaluasi. Dengan aplikasi ini, pelaporan dapat dengan mudah di lakukan.

Untuk merancangnya, berikut ulasan mengenai aliran data atau DFD aplikasi sistem informasi keuangan baik berbasis web online maupun digunakan offline di pc atau komptuter.

DFD level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Keuangan

DFD level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Keuangan

DFD level 0 (konteks diagram) Sistem Informasi Keuangan

Pada kasus ini, user yang ada hanya 1 yaitu admin sekaligus mempunyai tugas sebagai administrator dalam aplikasi.

Uraian:

  1. Untuk data yang di masukkan kedalam aplikasi yaitu data admin merupakan data yang berisi mengenai data user untuk login
  2. Data pemasukan merupakan anggaran yang masuk pada aplikasi yang merupakan data ambang batas maksimal penggunaan untuk uang keluar
  3. Data pengeluaran merupakan data yang berisi mengenai data pengeluaran untuk apa saja keuangan yang digunakan. Yang meliputi penggunaan uang, siapa yang menggunakan, dan keterangan penggunaan uang tersebut untk apa.

DFD level 1 Sistem Informasi Keuangan

DFD level 1 Sistem Informasi Keuangan

DFD level 1 Sistem Informasi Keuangan

Secara proses dalam aplikasi dapat dilihat seperti gambar DFD level 1 diatas.

Untuk detail urutannya sebagai berikut:

  1. Admin melakukan login aplikasi
  2. Admin melakukan pengelolaan data admin
  3. Admin melakukan pengelolaan data pemasukan keuangan dalam aplikasi
  4. Admin melakukan pengelolaan pengeluaran berdasarkan batas dari pemasukan yang ada
  5. Admin melakukan pencetakan laporan dengan aplikasi

Untuk pengembangan dengan konsep lebih lanjut lagi, kita dapat menambahkan beberapa user lagi. Penambahan user dilakukan, jika misalnya aplikasi ini ingin di implementasikan atau di pakai dalam sebuah perusahaan. Pada perusahaan tersebut terdapat setiap bidang atau divisi, maka admin terdapat beberapa level, pertama sebagai administrator aplikasi, kedua admin setiap bidang atau divisi, tinggal di sesuaikan saja.

Dengan demikian pengelolaan keuangan dapat dilakukan secara msing-masing atau mandiri pada setiap bidang atau divisi masing masing, seuai dengan kondisi keuangan yang ada pada bidang tersebut.

Demikian pengelolaan keuangan dengan aplikasi yang perancangannya dapat dikembangkan dengan pemrograman berbasis web php dan databasenya mysql. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *