DFD Sistem Informasi Manajemen Aset

By , December 9, 2015,
DFD sistem informasi manajemen aset

DFD sistem informasi manajemen aset

DFD Sistem Informasi Manajemen Aset. Analisa perancangan sistem pengelolaan dan manajemen aset. Data flow diagram atau DFD sistem aset di rancang untuk memperjelas alur kerja dalam sisten. Peracangan ini dilakukan sebelum implementasi sistem kedalam bahasa pemgrograman. Nah kali ini sistemph akan sharing bagaiman merancang DFD untuk sistem aset.

Download dfd sistem aset berikut gratis. Modul sistem informasi aset di rancang berdaarkan DFD. Kesalahan dalam perancangan DFD membuat sistem tidak dapat berjalan dengan semestinya.

DFD Sistem Informasi Manajemen Aset

Sebelum masuk ke pembahasan DFD, berikut ini beberapa sistem aset:

  1. Sistem informasi Aset Perusahaan
  2. Sistem informasi Aset Sekolah
  3. Sistem informasi Aset Kantor
  4. Sistem informasi Aset Pemerintah
  5. Sistem informasi Aset Daerah

 

Berikut ini DFD sistem aset:

DFD sistem informasi manajeme aset

DFD sistem informasi manajeme aset

 

Penjelasan:

Dari dfd diatas di simpulkan bahwa stakeholder yang terkait dengan sistem manajemen aset yaitu admin, pimpinan dn juga subbagian. Masing-masing stakeholder tersebut mempunyai peranan dan tugasnya masing-masinng. Admin mempunyai tugas untuk mengontrol dan mengatur jalannya sistem. Subbagian adalah bagian dari sistem atau dengan kata lain adalah yang menggunakan sistem pada bagiannya, selanjutnya ada pimpinan atau manager mempunyai tugas yaitu mendapatkan laporan dan rincian dari manajemen aset yang di kelola dan di manajemen menggunakan sistem.

 

Kemudian setelah bicara stakeholder yang terkait, kita masuk kedalam proses yang ada dalam sistem. Beberapa proses dfd yang ada pada gambar diatas yaitu:

 

1. Login

Untuk setiap stakeholder di haruskan untuk login atau  masuk jika ingin menggunakan fitur yang ada pada sistem. Nah sistem login disini menggunakan level atau tingkatan sesuai dengan kategori level stakeholder. Jadi dengan pemberian level seperti ini sistem tidak akan berbenturan antara satu stakeholder dengan yang lainya.

 

2. Data master

Data master pada sistem aset adalah pengelolaan data utama yang penggunaan datanya mutlak menjadi dasar data. Data master tersebut meliputi data subbagian, data aset dan data lokasi. Dengan kata lain data master ini merupakan data utama yang akan di kelola atau diproses.

 

3. Pengelolaan

Merupakan proses yang ada pada manajemen aset. Pengelolan tersebut misalnya menetahui jumlah aset, penambahan aset, penghapusan aset, dan juga total aset atau nilai aset berdasarkan lokasi atau kategori aset yang dikelola. Untuk manejemen ini visualisasi yang digunakan dapat memakai berupa data angka dan juga data berupa grafik atau diagram-diagram data.

 

4. Laporan

Merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah sistem informasi. Laporan manajemen aset digunakan untuk evaluasi dan kontrol semua aset yang ada.  jadi dengan adanya laporan manajemen akan dapat dilakukan dengan cepat dan lebih baik untuk menentukan keputusan di periode yang akan datang.

 

Demikaian DFD Sistem Informasi Manajemen Aset semoga bisa membantu menjadi referenasi perancangan sistem aset dan pengelolaanya.

Postingan berikutnya

  1. stakeholder pada dfd
  2. cara kerja siatim informasi manajemen aset
  3. contoh dfd tentang aset
  4. contoh sistem aset
  5. dfd manajemen aset
  6. erd dan dfd sistem informasi manajemen daerah
  7. jurnal manajemen aset dengan dfd
  8. sistem informasi manajemen aset perusahaan
  9. tugas sim DFD
Category: DFD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *