DFD Sistem Informasi Pemesanan Barang

By , October 18, 2017,

Pemesanan barang kini dapat langsung dengan cepat dan mudah menggunakan aplikasi sistem informasi. JIka biasana pemesanan barang atau produk kita harus datang ke toko namun kali ini pemesanan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak peduli jam buka toko.

Nah kali ini akan kita bahas analisa dan perancangan aplikasi sistem informasi pemesanan barang yaitu mengenaii DFD atau data flow diagram. Untuk jenis barang-barang ada  banyak barang misalnya barang harian dan toko bangunan. Ini adalah analisis untuk merancang sebuah sistem order barang yang lebih canggih secara online berbasis web.

User sistem informasi pemesanan barang

User merupakan pengguna dari aplikasi. Untuk user biasanya terdapat beberapa level  dan level-level ini adalah batasanya atas proses mana saja yang akan di tampilkan oleh masing-masing user berdasarkan level yang ada. Berikut ini user pada aplikasi pemesanan barang berbasis web dan online seperti yang akan kita rancang pada DFD ini:

  1. Admin, merupakan pengguna aplikasi sistem informasi yang mempunyai rule semua proses yang ada pada sistem.
  2. Member, member dalam sistem ini nantinya akan berlevel pemesan. Dimana pemesan inilah yang melakukan pemesanan barang melalui aplikasi.

DFD level 0 konteks diagram sistem informasi pemesanan Barang

DFD level 0 konteks diagram sistem informasi pemesanan barang

DFD level 0 konteks diagram sistem informasi pemesanan barang

Pada diagram level 0 diatas, sistem informasi pemesanan barang mendapat masukan data dari kedua user. Untuk data yang di masukkan ke dalam sistem yaitu data admin dan data barang dari user admin. Kemudian untuk data pesanan dan juga data member, dimasukkan dari user member.

Untuk data yang keluar dari sistem yaitu info member, info barang, info pesanan ini merupakan data yang di berikan oleh sistem untuk user admin. Kemudian untuk data keluar dari sistem selanjutnya yaitu info barang yang juga di berikan oleh sistem untuk user member. Data inilah yang menjadi info barang yang akan di pesan oleh member melalui sistem.

DFD level 1 sistem informasi pemesanan barang

DFD level 1 sistem informasi pemesanan barang

DFD level 1 sistem informasi pemesanan barang

Untuk rangkaian dfd level 1 ini adalah penjabaran dari konteks diagram diatas. Untuk acuan aliran data yang masuk sama dengan konteks diagram. Namun untuk level ini terdapat lingkaran proses yang menunjukkan proses yang ada pada sistem.

Untuk alurnya yaitu:

  1. Login sistem, merupakan proses login untuk menggunakan sistem
  2. Data master, merupakan data utama yang menjadi data indek proses sistem
  3. Pemesanan, merupakan proses inti dari aplikasi sistem informasi pemesanan barang
  4. Laporan, merupakan proses akhir output untuk menghasilkan laporan yang dibuat oleh sistem berdasarkan data-data yang telah di proses

Untuk konsepnya seperti itu.

Postingan berikutnya

  1. dfd pemesanan barang online
  2. dfd sistem pemesanan barang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *