DFD Sistem Informasi Penggajian

By , November 3, 2017,

Sistem informasi penggajian merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola data penggajian. Untuk data penggajian dapat berupa gaji karyawan, pegawai maupun gaji swasta.

Mengelola penggajian menggunakan aplikasi berguna untuk mempermudah pendataan gaji yang dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawanya. Dengan demikian data dapat tercatat, terkelola dan terpantau dengan mudah cepat dan rapih.

Kepentingan lainya dari penggunaan aplikasi gajian ini adalah untuk mencetak laporan dari penggajian. Nah untuk analisa perancangan aplikasi berupa Data Flow Diagramnya akan kita bahas berikut ini:

DFD level 0 (konteks diagram) sistem informasi penggajian

DFD leve 0 Konteks Diagram Sistem Informasi Penggajian

DFD leve 0 Konteks Diagram Sistem Informasi Penggajian

Pada konteksi diagram admin merupakan operator pengguna dari aplikasi penggajian karyawan. Sedangkan karyawan pada konteks diagram level 0 diatas berupa stakeholder terkait dengan penggajian, yaitu user yang menerima gaji dari perusahaan.

DFD level 1 sistem informasi penggajian

DFD Level 1 Sistem Informasi Penggajian

DFD Level 1 Sistem Informasi Penggajian

Pada dfd level 1 diatas proses inti yang ada adalah penggajian. Untuk proses ini di rujuk dari data master yang ada pada sistem yaitu data master karyawan. Data karyawan tersebut digunakan untuk memanggil dan mengisi form setiap data penggajian.

Dikarenakan penggajian memungkinkan setiap karyawan berbeda-beda maka data ini di baca berdasarkan data jabatan secara otomatis dari karyawan. Untuk konsep yang lebih dinamis,  data master diatas lebih baik lagi di tambahkan data master jabatan, data jabatan ini nantinya berhubungan dan berelasi dengan data karyawan dan data gaji.

 

 

Postingan berikutnya

  1. C9ntoh soal dfd tentang penggajian pegawai
  2. dfd level 0 sistem informasi penggajian
  3. dfd penggajian
  4. dfd sistem informasi penggajian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *