DFD Sistem Informasi Rental mobil

By , November 8, 2017,

Sistem Informasi Rental mobil merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu mengelola rental atau peminjaman mobil. Peminjaman mobil yang di kelola menggunakan sistem informasi menjadi lebih mudah terpantau dan terbantu dari segi manajemen, evaluasi dan pelaporan. Laporan yang terbentuk berguna untuk informasi kepada pimpinan atau pemilik usaha.

Pada perancangan aplikasi untuk rental mobil, bagian yang perlu di siapkan adalah analisis proses bisnis dari berjalannya aplikasi. Nah berikut ini akan kita bahas dan ulas mengenai Aliran data yang ada pada aplikasi rental mobil atau sering kita kenal dengan Data Flow Diagram atau DFD.

Untuk membuat DFD ini yang perlu di persiapkan adalah aplikasi Microsoft Visio. Dengan Aplikasi ini kamu dapat membuat rangkaian mulai dari flowchart, DFD, ERD dan banyak lainya. Bahkan membuat rangkaian jaringan serta rangkaian listrik juga bisa menggunakan aplikasi ini.

Oke. lanjut ke pembahasan. Berikut DFD rental mobil versi pengembangan aplikasi sistemphp.com

DFD level 0 (konteks diagram) sistem informasi rental mobil

DFD level 0 Konteks Diagram Sistem Informasi Rental Mobil

DFD level 0 Konteks Diagram Sistem Informasi Rental Mobil

Pada konteks diagram rental mobil diatas terdapat 3 user yang terkait dengan sistem. Ketiga user tersebut diantaranya:

  1. Admin, merupakan user utama yang mempunya peran dan tugas untuk mengelola jalannya aplikasi secara keseluruhan rental mobil, dengan artian memantau setiap proses yang ada dalam aplikasi.
  2. Pimpinan, merupakan pemilik usaha atau direktur dari rental mobil, yang berperan dalam menarima laporan rental mobil yang terjadi.
  3. Peminjam, peminjam merupakan user yang melakukan peminjaman atau rental mobil. Data penting yang terkait dengan peminjam yaitu data peminjaman serta pengembalian mobil yang di pinjam

Data data yang diolah pada sistem ini yaitu:

  1. Data mobil, merupakan data master untuk peminjaman mobil
  2. Data Paket, merupakan data yang berguna untuk memberikan informasi kepada peminjam tentang paket penyewaan yang ada, baik harga maupun informasi lainya
  3. Data pengembalian, merupakan data pengembalian mobil, data ini di ambil dari data peminjaman yang pernah dilakukan oleh peminjam
  4. Data user, merupakan pengelolaan user. Data ini meliputi data admin, data pimpinan serta data peminjam

DFD level 1 Sistem Informasi Rental mobil

DFD level 1 Sistem Informasi Rental Mobil

DFD level 1 Sistem Informasi Rental Mobil

Pada DFD level 1 diatas aktivitas sistem di mulai ketika:

  1. Admin login masuk kedalam aplikasi rental mobil
  2. Kemudian admin melakukan pengelolaan data master yang meliputi data admin, data pimpinan, data peminjam, data paket, data mobil.
  3. Selanjutnya admin melakukan pengelolaan data peminjaman mobil. Pada proses peminjaman ini, data yang terkait adalah data mobil, data paket, serta data peminjam. Yang mana data tersebut di tarik dari data master yang telah di kelola sebelumnya.
  4. Pada proses yang ke empat yaitu pengembalian, proses pengembalian mobil ini mengacu pada proses sebelumnya juga yaitu peminjaman. Jika terjadi peminjaman, maka terdapat proses pengembalian.
  5. Laporan, merupakan pencetakan laporan dari segala aktivitas peminjaman mobil, baik peminjaman maupun pengembalian.

 

Demikian ulasan mengenai DFD semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam pengembangan aplikasi. Jika membutuhkan jasa pengembangan aplikasi, jangan sungkan menghubungi kami sekarang juga. terimakasih.

 

Postingan berikutnya

  1. data flow diagram sistem rental mobil
  2. dfd level 2 rental mobil
  3. Data flow diagram sistem informasi penyewaan mobil
  4. dfd level 0 sistem informasu renral
  5. dfd rental
  6. dfd rental mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *