ERD Pada Aplikasi Metode AHP

By , July 2, 2017,

Pada aplikasi pendukung keputusan ahp database merupakan bagian penting. Sebelum membuat database tesebut maka yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana susunan dan relasi antar tabel database sehingga dapat menampung data dan nilai dalam perhitungan metode AHP.

Kesalahan dalam pembuatan ERD akan membuat aplikasi AHP kamu menjadi rancu dan bahkan salah.

Berikut ini akan kita bahas seperti apa erd AHP yang bisa dijadikan referensi untuk membuat aplikasi ahp sebagai DSS atau sistem pendukung keputusan.

ERD Pada Aplikasi Metode AHP

ERD Pada Aplikasi Metode AHP

ERD Pada Aplikasi Metode AHP

Pada ERD diatas dijelaskan bahwa entitas atay enity yang terkait yaitu:

  1. Kriteria
  2. Alternatif
  3. Penilaian
  4. Perangkingan
  5. Admin

Untuk entitas yang saling terkait yaitu kriteria, alternatif, penilaian dan juga perangkingan. Sedangkan entitas admin berdiri sendiri karena tidak terkait dengan isi entitas lainya.

1. Entitas Kriteria

Entitas ini digunakan oleh aplikasi untuk menyimpan data kriteria yang digunakan dalam proses perhitungan AHP. Selain disimpan kriteria juga dapat langsung di tanam pada program. Perbedaanya adalah untuk penyimpanan menggunakan tabel database atau dalam entitas, kriteria akan menjadi lebih dinamis dan mudah untuk di tambah, edit dan diganti.

2. Entitas Alternatif

Alternatif adalah tabel database yang digunakan untuk menyimpan alternatif. Alternatif merupakan pilihan terhadap keputusan yang akan dihasilkan dari penilaian dan perangkingan. Alternatif ini bisa berupa orang, tempat atau lainya tergantung studi kasus yang kamu ambil dengan metode AHP.

3. Entitas Penilaian

Penilaian merupakan entitas yang digunakan untuk menyimpan nilai. Pada tabel ini tabel yang terkait adalah kriteria dan juga alternatif. Yang mana pada kedua tabel tersebut yang dipanggil hanyalah id nya  saja, sebagai foreigh key. Dan hal tersebut yang dikatakan sebagai relasi.

Untuk setiap alternatif bisa mempunya banyak nilai bergantung pada kriteria yang ada.

4. Entitas Perangkingan

Untuk tabel ini bisa dibuat atau juga tidak, dibuat untuk mempermudah penyimpanan data perangkingan dari penilaian yang telah dilakukan.

Perangkingan ini terkait dengan tabel penilaian. Untuk pemanggilan datanya cukup menggunakan id dari penilaian yang telah dilakukan.

5. Entitas Admin

Entitas yang berfungsi untuk menyimpan data admin yang menggunakan aplikasi.

 

 

Dengan konsep ERD seperti diatas, maka ketika aplikasi di jalankan dan akan melakukan penilaian, aplikasi membaca tabel kriteria dan juga alternatif. Yang mana proses ini digunakan untuk memunculkan form penilaian alternatif terhadap kriteria.

Selanjutnya data nilai akan disimpan pada entitas penilaian, dan kemudian di proses menggunakan ahp kembali dan di tampilkan pada aplikasi dan data perangkingannya di simpan pada entitas perangkingan.

Demikian semoga bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. erd aplikasi ahp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *