Faktor Sukses Sistem Informasi Akademik

By , May 18, 2016,

Faktor Sukses Sistem Informasi Akademik – Beberapa faktor yang di pergunakan untuk melakukan evaluasi adalah berdasarkan studi literatur penelitian sebelumnya pada jurnal internasional penelitian Stacie Petter, William DeLone dan Ephraim McLean. Faktor faktor ini di gunakan sebagai kriteria yang dipergunakan sebagai variable untuk evaluasi Sistem Informasi Akademik. Faktor faktor tersebut merupakan faktor yang dikembangkan terlebih dahulu oleh DeLone dan Mclean (2004) yan  mengkaji artikel-artikel sistem informasi dan electronic data interchange(EDI) yang ada dijurnal-jurnal akademik dan bisnis mulai tahun 1996 sampai dengan 2002. Hal tersebut memberikan ide banyak pengukuran-pengukuran kesuksesan Sistem Informasi.

Faktor Sukses Sistem Informasi Akademik

Dalam penilaian Sistem Informasi Akademik, kriteria yang akan di nilai di antaranya kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat dan masing-masing memiliki subkriteria. Intensitas kepentingan adalah hal yang digunakan untuk dasar pengambilan data yang akan diproses dalam evaluasi. Data tersebut menggunakan intensitas kepentingan yang di adopsi dari skala saaty yaitu rentang nilai intensitas kepentingan antara 1-9.

Berdasarkan tersebut hal yang akan digunakan dalam sebuah evaluasi adalah mengukur tingkat kepentingan kriteria dan subkriteria, yaitu:

1. Kualitas Sistem

Data penilaian ini diperoleh dari penilaian yang dilakukan oleh pengguna Sistem Informasi Akademik, khususnya Mahasiswa. Penilain Kualitas Sistem yang dinilai adalah kemudahan, fleksibitas, keandalan , dan Pemahaman. Dalam pengambilan data hal yang di pertanyakan didalam kuisioner sebagai berikut:

1.1 Kemudahan

Penilaian kemudahan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Sebelum nilai kepentingan diatas diproleh hal yang dilakukan adalah memberikan pertanyaan kepada responden tentang kemudahan apa yang dirasakan oleh responden, seperti misalnya navigasi, istilah menu, struktur halaman.

1.2 Fleksibilitas

Penilaian fleksibilitas dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan diberikan kepada responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, yaitu pengaksesan, seperti misalnya via handphone, komputer, tablet.

1.3 Keandalan

Penilaian keandalan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan diberikan kepada responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya mampu diakses banyak user,tidak mudah down, mampu menangani error.

1.4 Pemahaman

Penilaian Pemahaman dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pemahaman terhadap pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Penilaian kriteria ini didapat dari nilai yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya mudah memahami penggunaannya.

2 Kualitas Informasi

Penilaian kualitas informasi diperoleh dari penilaian yang dilakukan oleh pengguna atau responden Sistem Informasi Akademik, khususnya Mahasiswa. Penilain Kualitas Sistem yang dinilai adalah relevansi, pemahaman, akurasi, keringkasan, kelengkapan, dan kegunaan. Dalam pengambilan data hal yang di pertanyakan didalam kuisioner sebagai berikut:

2.1 Relevansi

Penilaian relevansi dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan kepada responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya informasi sesuai dengan kebutuhan.

2.2 Pemahaman

Penilaian pemahaman dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. dapat dilihat pada tabel 2.15 berikut ini. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan kepada responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya informasi mudah dimengerti.

2.3 Akurasi

Penilaian akurasi dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan kepada responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya informasi sesuai kebutuhan, tepat waktu.

.2.4 Keringkasan

Penilaian keringkasan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan kepada responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya informasi mewakili kebutuhan,padat berisi.

2.5 Kelengkapan

Penilaian kelengkapan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan kepada responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya informasi yang diberikan banyak.

2.6 Kegunaan

Penilaian kelengkapan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademi. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya informasi yang diberikan berguna.

3 Kualitas Layanan

Data penilaian kualitas layanan diperoleh dari penilaian yang dilakukan oleh pengguna Sistem Informasi Akademik, khususnya Mahasiswa. Penilain kegunaan yang dinilai adalah respon, akurasi, keandalan, simpati pengguna. Dalam pengambilan data hal yang di pertanyakan kepada  responden sebagai berikut:

3.1 Respon

Penilaian respon dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya layanan yang diberikan cepat.

3.2 Akurasi

Penilaian akurasi pada layanan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya layanan yang diberikan akurat.

3.3 Keandalan

Penilaian keandalan terhadap layanan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik.Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya layanan yang diberikan andal.

4 Simpati Pengguna

Penilaian simpati pengguna terhadap layanan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya layanan yang diberikan memuaskan.

4.1 Penggunaan

Data penilaian penggunaan diperoleh dari penilaian yang dilakukan oleh pengguna Sistem Informasi Akademik, khususnya Mahasiswa. Penilain kegunaan yang dinilai adalah tujuan penggunaan, frekuensi penggunaan, kepuasan pengguna. Dalam pengambilan data hal yang di pertanyakan kepada  responden sebagai berikut:

4.2 Tujuan Penggunaan

Penilaian dalam hal tujuan penggunaan sistem dinilai dari nilai yang diberikan oleh responden atas sistem yang digunakan. Hal yang dipertanyakan, seperti misalnya apakah beberapa kegiatan administrasi membutuhkan adanya sebuah Sistem Informasi Akademik.

4.3 Frekuensi Penggunaan

Penilaian frekuensi penggunaan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya frekuensi penggunaan dalam kurun waktu.

4.4 Kepuasan Pengguna

Penilaian kepuasaan penggunaan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik.  Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya puas terhadap penggunaan.

5 Solutif

Data penilaian solutif diperoleh dari penilaian yang dilakukan oleh pengguna Sistem Informasi Akademik, khususnya Mahasiswa. Penilaian kegunaan yang dinilai adalah kinerja, produktivitas, efektivitas, kemudahan pekerjaan, kegunaan pekerjaan. Dalam pengambilan data hal yang di pertanyakan kepada  responden sebagai berikut:

5.1 Kinerja

Penilaian kinerja terhadap solusi dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya dengan adanya sistem kinerja terbantu.

5.2 Produktivitas

Penilaian produktivitas dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya produktivitas membaik.

5.3 Efektivitas

Penilaian efektifitas dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya penggunaan sistem informasi akademik efektif.

5.4 Kemudahan Pekerjaan

Penilaian kemudahaan pekerjaan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya pekerjaan menjadi mudah.

5.5 Kegunaan Pekerjaan

Penilaian kegunaan pekerjaan dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik.Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya berguna terhadap pekerjaan.

6 Manfaat

Data penilaian manfaat diperoleh dari penilaian yang dilakukan oleh pengguna Sistem Informasi Akademik, khususnya Mahasiswa. Penilain kegunaan yang dinilai adalah produktivitas,  profitabilitas, peningkatan kinerja. Dalam pengambilan data hal yang di pertanyakan kepada  responden sebagai berikut:

6.1 Produktivitas

Penilaian produktivitas organisasi dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti misalnya dengan adanya sistem kegiatan administrasi terbantu.

6.2 Profitabilitas

Penilaian profitabilitas dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kepentingan diatas diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti penghematan biaya ketika mencari informasi.

6.3  Peningkatan Kinerja

Penilaian peningkatan kinerja dinilai dari beberapa faktor yang berhubungan dengan pengaksesan Sistem Informasi Akademik. Nilai kriteria ini diproleh dari penilaian yang diberikan oleh responden, berkaitan dengan pertanyaan yang berikan, seperti peningkatan kinerja organisasi meningkat.

Postingan berikutnya

  1. pertanyaa tentang sistem informasi akademik
  2. pertanyaan sistem informasi akademik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *