Flowchart Sistem Pakar

By , May 22, 2015,

Flowchart Sistem Pakar di buat menggunaan aplikasi berbasis objek. Kalau saya biasanya membuat flowchart dengan menggunaan aplikasi bawaan yang ada pada windows, yaitu microsoft office visio. Dengan menggunakan aplikasi ini banyak fitur yang di dapat dibuat dalam merancang sebuah flowchart. Cara membuat flowchart sangat mudah, simak tutorial cara membuat flowchart untuk sistem pakar pada tutorial kali ini.

Cara membuat flowchart sistem pakar adalah dengan memahami alur dari proses yang ada pada siste pakar yang akan dibuat. Misalkan saja Anda akan membangun sebuah sistem pakar untuk menangani sebuah kerusakan atau diagnosa sebuah penyakit. Nah untuk itu Anda harus paham terlebih dahulu bagaimana sistem tersebut akan  bekerja dan menyelesaikan persoalan yang dimaksud. Dengan demikian kesalahan dalam membuat flowchart bisa di minimalisir sedini mungkin. Kesalah yang terjadi dalam membuat flowchart biasanya ketidaksesuaian antara flowchart yang dibangun dengan sistem yang dibuat. Hal tersebut karena kadang pemahaman terhadap sistem pakar yang dibuat belum seluruhnya dipahami.

Flowchart Sistem Pakar

Cara membuat flowchart sistem pakar menggunakan microsoft office visio yaitu:

1. Buka aplikasi microsoft visio, jika sudah terbuka akan menampilan tampilan lembah kerja untuk membuat flowchart seperti berikut ini, Selain untuk membuat flowchart, visio juga bisa digunakan untuk membuat ERD dan DFD dan yang lainya. Berikut tampilan untuk membuat flowchart menggunakan visio:

Membuat flowchart menggunakan visio

Membuat flowchart menggunakan visio

2.  Kemudian setelah di pilih menu yang digunakan untuk membuat flowchart, Pada lembah kerja akan muncul pop up informasi flowchart yang akan dibuat berbentuk vertikal atau horizontal. Kalau saya biasa dalam membuat flowchart sistem biasanya yang vertikal. Berikut tampilannya.

Flowchart vertikal

Flowchart vertikal

Tampilan diatas pilihan membuat jenis flowchart. Dan setelah di pilih kemudian flowchart bisa dibuat. Berikut contoh flowchart sistem pakar evaluasi sistem pakar sistem informasi akademik.

Contoh flowchart sistem pakar

Flowchat sistempakar evaluasi

Flowchat sistempakar evaluasi

Flowchat sistempakar evaluasi

Flowchat sistempakar evaluasi 2

Cara membaca flowchart diatas adalah dengan melihat stakeholder atau ruang lingkut dari sebelah kiri. Di mulai dengan proses yang pertama dilakukan. Selanjutnya memberikan informasi apa yang terjadi setelah proses tersebut dapat dilalui. Selain proses berhasil, sistem juga menjelaskan hal apa yang terjadi jika sistem tidak dapat melakukan eksesekusi hal tersebut, misalnya gagal maka sistem akan melakukan proses apa untuk melanjutkan kegagalan tersebut.

Contoh flowchart sistem pakar antara satu sistem dengan sistem yang lain berbeda-beda, tergantung studi kasus dan permasalahan yang diselesaikan. Tidak bisa membuat flowchart bingung gimana caranya?, kontak sistem php. Cara membuat flowchart, jenis flowchart, fungsi dan kegunaan flowchart, bagian proses dalam flowchart, tutorial membangun flowchart, Flowchart sistem pendukung keputusan, flowchart sistem informasi bisa dibuat di sistemphp.com

Postingan berikutnya

  1. contoh flowchart program
  2. contoh flowchat dan program php
  3. contoh flowchart sistem pakar
  4. membuat script php dari flowchart
  5. Membuat flowchart dengan codenya
  6. flowchart sistem pakar kerusakan
  7. flowchart sistem pakar
  8. flowchart dan cara membacanya
  9. flowcgart pemrograman dengan menggunakan pop up menu
  10. bikin flowchart otomatis dengan source code
  11. contoh flowchart website
  12. contoh flowchart program website
  13. contoh flowchart program aplikasi
  14. Contoh flowchart pemrograman aplikasi
  15. contoh flowchart aplikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *