Kegunaan error_reporting(0) PHP

By , January 18, 2016,
Kegunaan error_reporting(0) PHP

Kegunaan error_reporting(0) PHP

Kegunaan error_reporting(0) PHP. Error_reporting adalah bagian dari sebuah fungsi php yang bertugas untuk menangani error. Dalam istilah ini sering di kenal dengan istilah  error handling, yang artinya adalah sebuah cara pengendalian apabila error terjadi.

Kegunaan error_reporting(0) PHP

Kadang ketika script php yang kita buat tidak mengalami kesalahan, tapi pada suatu proses tertentu script terjadi error.

Studi kasus:

Pada contoh ini saya pernah mengalami masalah pada sebuah cms yang sedang saya bangun. CMS tersebut berupa sebuah web berita yang pada salah satu prosesnya akan menampilkan suatu artikel. Pada artikel tersebut saya menggunakan parameter “ID” sebagai pemanggil artikel melalui url dengan fungsi GET. Nah pada satu ketika url yang di akses secara normal yaitu : www.domain.com/artikel.php?id=1 misalnya sebagai contoh, tidak terjadi kesalahan atau error.

Pada satu ketika saya mencoba untuk melakukan testing pada url tersebut dengan menambahkan sebuah tanda petik (‘) setelah angka satu, Tujuan testing tersebut adalah untuk keamanan, nah pada kondisi tersebut tarjadi error warning. Untuk itu saya menggunakan ERROR_REPORTING sebagai pengendali untuk menyembunyikan notifikasi error pada browser.

Caranya begini:

error_reporting(0);

Tempatkan script simpel diatas pada bagian atas script, maka warning error tidak akan muncul lagi.

Pada kasus saya, jika sudah demikian, artikel tidak muncul selanjutnya saya arahkan ke agian artikel sebelumnya, contohnya begini:


$x = mysql_query("SELECT a.*,b.* FROM artikel a, kategori b WHERE a.id_kategori = b.id_kategori AND a.id_kategori = '$_GET[k]'");
 if(mysql_num_rows($x) > 0){
 $p = mysql_fetch_array($x);
 $title = $p[nama_kategori];
 }else{
 //echo 'Error. Tidak ada data (redirect ke produk)';
 header('Location: http://www.domain.com/artikel.php');
 }

Pada script diatas saya melakukan ceking terhadap data yang ada menggunakan sql berdasarkan paramater get url. Selanjutnya setelah query tersebut di proses maka akan saya laukan cek apakah data artikel sesuai dengan id yang di maksud ada yaitu dengan fungsi mysql_num_rows, Selanjutnya akan di proses menampilkan artikel apabila data tersebut ada, namun jika tidak ada proses yang saya lakukan yaitu mengarahkan browser ke index artikel.

Demikian Kegunaan error_reporting(0) PHP. semoga dapat membantu menyelesaikan error php teman-teman semua.

Postingan berikutnya

  1. fungsi error_reporting pada php
  2. fungsi error_reporting(0); pada/php
  3. fungsi error_repprting pada php
Category: PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *