Kegunaan Fungsi Mysql_fetch_array PHP

By , February 15, 2015,

Kegunaan Fungsi Mysql_fetch_array PHP. Kegunsaan mysql_feth_array adalah untuk menangkap variabel yang sudah dieksekusi dengan menggunakan fungsi mysql_query. Salah satu contoh penggunaan fungsi mysql_query silahkan Anda baca artikel tentang php yang sudah pernah saya posting juga yaitu:

Kegunaan fungsi mysql_query php

Tutorial tentang penerapan fungsi mysql_fetch_array sudah banyak di internet. Namun saya share ini ingin bercerita bagaimana saya menggunakan mysql_fetch_array pada studi kasus yang pernah saya kerjakan.

Kegunaan Fungsi Mysql_fetch_array PHP

Penggunaan mysql_fetch_array php

Penggunaan mysql_fetch_array sangat banyak sekali penerapannya. Beberapa contoh penggunaan yang pernah saya terapkan misalnya yaitu menggunakanya untuk memanggil isi tabel pada database  dan menampilkannya. Cara kerja dari fungsi di php ini adalah membuat array pada query yang dieksekusi. Setelah menjadikkannya menjadi sebuah array, selanjutnya eksekusi yang dilakukan terserah Anda. Biasanya yang sering dilakukan adalah menampilkannya kedalam tabel seperti yang pernah saya buat, menghitung array tersebut, memanggilnya salah satu untuk digunakan mengeksekusi proses lain dan banyak hal lainya yang bisa digunakan dengan fungsi tersebut.

Kegunaan Fungsi Mysql_fetch_array PHP

Beberapa contoh penerapan yang mengunakan script mysql_fetch_array php.

1. Menerapkannya untuk membentuk sebuah arraytu

$sql = “select * from nama_tabel”

$proses = mysql_fetch_array(mysql_query($sql));

Echo $proses[nama_field_tabel];

Dari penjelasan diatas query dilakukan, kemudian dilakukan proses dan selanjutnya dilakukan pemanggilan nama field yang ada pada tabel yang di query tersebut. Pada kasus diatas nama tabel gantilah dengan tabel yang Anda gunakan, begitupula dengan nama_field_tabel. Sesuaikan dengan field tabel database Anda.

2. Menghitung jumlah baris array

$sql = “select * from nama_tabel”

$proses = count(mysql_fetch_array(mysql_query($sql)));

Echo $proses[nama_field_tabel];

Pada script diatas terdapat count php yang berfungsi untuk menghitung baris. Dalam penerapannya setelah query dieksekusi dan dipanggil menjadi sebuah array, bisa juga Anda tempat lagi field yang sudah terpanggil menjadi variable baru untuk proses berikutnya. Untuk itu terserah Anda dan tergantung projek dan logika yang Anda buat. Karena setiap programmer mempunyai ciri khas dan kelebihan masing-masing dalam membuat koding php. PHP adalah seni, silahkan berkreasi sesuai dengan hati dan keyakinan Anda.

Demikaian sharing tentang fungsi mysql_fetch_array, semoga memberikan pencerahan belajar php Anda. Salam sukses, tetap belajar dan selalu bereksplorasi jangan menyerah, setiap koding yang error pada browser pasti ada jalan keluarnya. Karena error pada ngoding php itulah sesungguhnya pelajaran yang harus Anda pelajari. Semakin Anda tahu banyak error dan Anda pelajari sehingga Anda mengetahui cara mengatasinya maka, disitulah pelajar terbaik ngoding yang tidak pernah atau bahkan belum orang lain ketahui. Oke Kalau Anda butuh panduan pelajar tentang pembuataan sistem. Kami juga membuka training online cara membangun sistem dengan cepat dan tepat dengan mudah.

Postingan berikutnya

  1. fungsi mysql_fetch_array
  2. fungsi fetch
  3. Fungsi mysql fetch array
  4. https://www sistemphp com/kegunaan-fungsi-mysql_fetch_array-php/
  5. fungsi fetch array
  6. Fungsi mysql fetch
  7. fungsi dari mysql_fetch_array
  8. penggunaan fron dan where dalam koding php
  9. pengertian mysql_fetch_array
  10. mysql fetch array salah
  11. fungsi mysql_fetch_array dalam php
  12. fungsi mysql_fetch_array di php
  13. fungsi mysql_fetch_array pada html dan php
  14. penggunaan fatch_array pada php
  15. Pengertian mysql_fetch_array php

3 thoughts on “Kegunaan Fungsi Mysql_fetch_array PHP

  1. zulfikar

    kalou mau membatasi jumlah siswa per kelas gimana ya…kalau ada contoh sintaknya bagi dong om…saya sangat butuh buat tugas om..

    Reply
    1. admin Post author

      Kalau Mau membatasi bisa menggunakan limit mas @zul. Jadi logikanya kita harus membaca tabel yang ada di database kita. Kemudian apabila pembacaan tabel database sudah mencapai batas kelas yang kita tentukan. Maka Pada script yang kita kembangkan tinggal diberi notifikasi saja. Bahwa Kelas sudah penuh. Namun sebaliknya jika pembacaan tabel database menunjukkan kelas masih bisa, maka silahkan buat eksekusi script php tergantung kebutuhan mas. Insyallah akan saya buatkan mas tutorialnya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *