Kegunaan Fungsi split() PHP

By , February 21, 2015,

Kegunaan Fungsi split() PHP. Fungsi split() php adalah fungsi yang berguna untuk memisahkan karakter tertentu pada string. Karakter tertentu tersebut bisa garis miring (/), koma (,), dan banyak lagi yang lainya. Berikut ini saya kan menjelaskan bagaimana fungsi split() php di gunakan dan contoh script php yang memakai split() php. Simak lebih lanjut panduan berikut ini ya.

Fungsi split() php pada dasarnya terangkai dengan format sebagai berikut:

array split ( string $pattern , string $string [, int $limit ] )

Pada variabel $pattern diatas menjelaskan bahwa variabel tersebut berisi karakter yang akan diambil atau di split. Sedangkan variabel $string adalah variabel yang berisi kata atau string yang berisi simbol tertentu yang akan diambil simbol atau karatker tertentunya. Kemudian terdapat variabel $limit, variabel limit adalah variabel batas jika Anda ingin membatasi berapa karakter pada string yang ingin Anda baca simbol atau karakter tertentunya.

Kegunaan Fungsi split() PHP

Kegunaanya sangat banyak sekali. Beberapa yang pernah dibuat yaitu menggunakan split untuk membersihkan karakter tertentu pada sebuah file, menggunakan karakter yang diambil untuk mencari berdasarkan kata kunci yang sudah di split dan banyak lagi. Script fungsi split() bisa dikembangkan menjadi beberapa script php yang kompleks.

Contoh fungsi split() php

Contoh 1

<?php
list($username, $password, $uid) =
split(":", $baris_password, 5);
?>

Penjelasan script diatas adalah pada script diatas terdapat fungsi list yang berfungsi sebagai inisialisasi variabel yang akan di panggil, pada fungsi tersebut terserah anda. Kemudian dibawahnya terdapat fungsi split yang mengintruksi untuk memisahkan tanda titik dua (:) pada baris ke limat pada  variabel $baris_password.

Contoh 2

<?php
// pembatas bisa /, , , - dll
$tgl = "04/30/1973";
list($bln, $tgl, $thn) = split('[/.-]', $tgl);
echo "Bulan: $bln; Tanggal: $tgl; Tahun: $thn<br />\n";
?>

Pada scdript diatas proses yang terjadi yaitu memisahkan karakter tertentu pada tanggal, bulan dan tahun. Kemudian untuk menampilkannya diidaftarkan terlebih dahulu variabel yang akan digunakan yaitu $bln, $tgl, $thn kemudian disebelahnya adalah intruksi untuk memisahkan atau membuang karakter garis miring (/).

Hasil kegunaan fungsi split() php

Berikut hasil running eksekusi script php diatas,

Kegunaan Fungsi split() PHP

Kegunaan Fungsi split() PHP

Kesimpulannya adalah Kegunaan Fungsi split() PHP adalah untuk memisahkan dan membuang karakter tertentu pada sebuang string. Oke demikian tutorialnya semoga membantu.

Postingan berikutnya

  1. fungsi split
  2. kegunaan split
  3. Manfaat split
  4. fungsi dari split
  5. jelaskan fungsi split
  6. fungsi [split]
  7. apa fungsi split
  8. pengertian split serta manfaatnya
  9. fungsi split di http
  10. apa kegunaan split
  11. fungsi seplit
  12. guna split
  13. fungsi unsplit
  14. jelaskan penggunaan splitting#spf=1
  15. jelaskan penggunaan splitting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *