Kerja Praktek (KP)

By , December 23, 2015,
Kerja praktek teknik informatika, sistem informasi, ilmu komputer

Kerja praktek teknik informatika, sistem informasi, ilmu komputer

Kerja praktek adalah bagian dari tahapan perkulihanan jurusan teknik informatika, sistem informasi, dan juga ilmu komputer. Bagi yang belum pernah merasakan seperti apa kerja praktek di lapangan seperti apa. Saya akan sedikit sharing mengenai pengalaman kerja praktek yang pernah saya lakukan sewaktu masa kuliah dulu,

cie.. kuliah.

Kerja praktek yang saya lakukan pada waktu kuliah dulu yaitu pada sebuah perusahaan lebih tepatnya pabrik roti. Lama kerja praktek yang saya lakukan yaitu 2 bulan, pada waktu menjalani kerja praktek banyak pengalaman yang didapat, diantarnya pengalaman kerja, pengalaman membangun tim, pengalaman mengambil keputusan, pengalaman dengan dunia kerja dan lingkungan sebenarnya. Nah apa saja hal-hal yang dilakukan pada saat kerja praktek:

Hal yang dilakukan saat kerja praktek
1. Membantu aktivitas pekerjaan pada subbagian

2. Mengimplementasikan jurusan pada sub bagian kerja praktek

3. Membantu memberikan solusi terhadap penggunaan teknologi

3. Membuat program, laporan dan juga menjelaskan mengenai fungsi dan manfaat penggunaan teknologi

4. Membantu menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan teknologi khususnya

 

Kerja praktek Teknik Informatika, sistem informasi, dan ilmu komputer

Secara umum ketiga jurusan tersebut hampir sama yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi dalam sebuah pekerjaan agar lebih praktis efektif dan efisien. Untuk hal-hal yang dikerjakan pada sebuah perusahaan bisa berbeda-beda tergantung tempat kerja praktek (KP) kita berada. Nah untuk itu yang penting dan perlu dilakukan dalah harus menjaga nama baik kampus atau universitas saat melakukan kerja praktek dilapangan.

Cara melakukan kerja praktek

Untuk memulai kerja praktek beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Menghubungi pihak perusahaan, dimana tempat kita akan melakukan kerja praktek, tujuannya adalah untuk memastikan apakah perushaan tersebut benar-benar mau menerima kita sebagai mahasiswa untuk bekerja  prakter diperusahaan mereka.

2. Membuat surat kerja praktek dari kampus, Jika tempat kerja praktek sudah ditentukan dan mereka mau menerima kita sebagai pekerja praktek. Langkah selanjutnya yaitu membuat surat pengantar untuk perushaan yang dibuat oleh pihak kampus. Tujuan dari surat ini adalah agar kerja praktek yang kita lakukan adalah kerja prakte resmi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

3. Pilihlah bagian atau tempat kerja praktek. Setelah kita diperbolehkan untuk melakukan kerja praktek. Hal lain yang perlu ditentukan adalah dimana posisi anda melakukan kerja praktek, misalnya dibagian gudang, bagian produksi, bagian administrasi, bagian keuangan dan banyak lagi.

4. Menunggu surat balasan dari perusahaan. Tujuannya adalah untuk memastikan secara resmi perusahaan telah menerima kita untuk melakukan kerja praktek. Tanpa surat resmi ni kita akan dianggap ilegal. Namun sebenarya untuk hal ini tergantung dari masing-masing setiap pihak kampus, Bisa mewajibkan atau juga tidak.

5. Merancang aplikasi atau program. Biasanya pada saat melakukan kerja praktek bagi jurusan komputer adalah membuat analisa program atau bahkan merancang program untuk membnatu perusahaan. Untuk pembuatan program ini tidak semua mahasiswa dapat melakukannya. Namun jangan kuatir untuk pembuatan program kami dapat membantu Anda membuatkannya.

5. Membuat laporan. Laporan kerja praktek (KP) adalah susunan dari setiap bab, mulai dari BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB IV dan juga BAB VI. Isi dari laporan kerja praktek adalah medefinisikan sebuah perusahaan di tempat kerja praktek. DImana kita ditempatkan bekerja, dan juga pengembangan aplikasi pada bagian tempat kita kerja praktek.

 

Oke sedikit curhat dari saya tentang pengalaman kerja praktek. Kerja praktek. Semoga dapat bermanfaat dan membnatu Anda mengerjakan kerja praktek tepat waktu dan cepat menyelesaikan kerja praktek. Kalau sudah kerja praktek, berikutnya mungkin KKN dan juga berlanjut ke pengerjaan SKRIPSI, Butuh pembuatan program untuk skripsi, serahkan kepada kami ya. GARANSI sampai revisi.

Postingan berikutnya

  1. tempat kerja praktek teknik informatika
  2. contoh laporan kerja praktek teknik informatika
  3. kerja praktek teknik informatika
  4. laporan kerja praktek teknik informatika
  5. contoh kp teknik informatika
  6. judul kp teknik informatika
  7. laporan kerja praktek teknik informatika sistem informasi
  8. contoh kp
  9. judul kerja praktek teknik informatika
  10. contoh laporan kerja praktek jurusan teknik informatika
  11. contoh kerja praktek teknik informatika
  12. laporan kp teknik informatika
  13. judul kp
  14. tempat magang teknik informatika
  15. kp teknik informatika

56 thoughts on “Kerja Praktek (KP)

  1. dwi ayu azhari

    Perancangan dan pembuatan sistem informasi pengolahan data Absensi

    Reply
    1. ifha

      min, sy jurusan TI. skrng lagi PKL di badan keuangan di kabupaten. mau nanya klo laporannya judul yg harus sy angkat apa yah? mohon solusi min :)

      Reply
        1. Ning

          min, saya kp di perusahaan bumn, di dinas vendor dan management, mau tanya judul yang harus saya ambil apa?

          Reply
          1. admin Post author

            @Ning:

            Untuk vendor yang di kerjakan apa mas, bisa di rincikan, agar mudah merumuskan permasalahannya ?

  2. RIfki

    assalamualikum , kak saya kan mau kp tapi di sekolahan sma .. nah saya kan jurusan TI ,,, tolong dong kasih tau cara menganalisa program di sekolah apa aja yang harus di analisa .. kak .. sebelum nya terima kasih

    Reply
    1. admin Post author

      @rifki, untuk KP disekolah banyak aplikasi atau sistem informasi yang bisa dibuat. Misalkan saja:

      1. Sistem Informasi Pembayaran SPP
      2. Sistem informasi manajemen sekolah
      3. Sistem Pengambilan keputusan siswa berprestasi
      4. Sistem informasi penjadwalan sekolah
      5. Dll

      Reply
  3. Ahmad Mustopa

    Ka…saya kan mau KP di SMK,bisa ngga kalo saya mengambil tempat di perpustakaan

    Reply
    1. admin Post author

      @Ahmad mustopa; Bisa mas, untuk alternatif aplikasi yang bisa di buat misalnya aplikasi pencarian buku, aplikasi simpus

      Reply
  4. Ayya Siti

    Maaf ka mau tanya
    kalo misal kp mau ambil sistem penjadwal di sekolahan gimana ??

    Reply
    1. admin Post author

      @ayya siti: maksudnya gimana ya mbak, Kalau untuk kasus seperti itu bisa saja di buat mbak, tapi tujuan aplikasinya adalah membantu menentukan jadwal guru pada setiap mata pelajaran yang ada dan menyesuaikan dengan ruangan yang ada.

      Reply
  5. karyanto

    mba saya mau KP jurusan TI..tp saya blm tau judul ap yg pas..saya bekrja di bagian acounting
    mohon pencerahnnya mba.tks

    Reply
    1. admin Post author

      @karyanto: Untuk referensi judul yang terkait dengan bagian acounting misalnya dapat kita buat:

      - Sistem Informasi Pelaporan Keuangan
      - Sistem Informasi analsis kegiatan

      Nah untuk judul sebenarnya kita sesuaikan dengan tempat dimana kita mengambil studi KB.

      Reply
      1. Karyanto

        Mba/mas minta kontaknya boleh atau bisa wa saya 081311271150

        Reply
  6. zanah

    bisa minta referensi ga, mau bikin judul laporan tapi masih bingung ?? jurusan TI magangnya di kantor kecamatan bagian keuangan… bantu yaa

    Reply
    1. admin Post author

      @zanah: Untuk TI sendiri bisa di kembangkan misalnya aplikasi pelaporan keuangan.

      Manfaat dan kegunaan dari aplikasi tersebut adalah manajemen tidak lagi manual melainkan tinggal input dan entri data, kemudian terbuat laporan periode secara detail dengan cepat. Sehingga hal ini dapat memudahkan pihak kecamatan dalam hal pemantauan, dan juga pemeriksaan.

      Reply
  7. Wahyudah

    assalamualikum , kak saya kan mau kp rencana nya di rumah sakit.. nah saya kan jurusan TI ,,, tolong ka kasih tau cara menganalisa program di rumah sakit itu apa aja yang harus di analisa kak .. sebelum nya terima kasih

    Reply
    1. admin Post author

      @wahyudah:
      Walaikumsalam, wr.wb

      Untuk analisa program, bisa kita pahami terlebih dahulu, SOP bidang-bidang yang ada di tempat studi kasus kita tersebut mas. Dengan kata lain kita harus mempunyai struktur organisasinya.

      Nah dengan demikian kita langsung berkonsultasi dengan bidang yang terkait perihal SOP (standar operasional prosedur) yang ada. Dari SOP tersebut kita akan dapat simpulkan, proses mana yang sekiranya membutuhkan dan dapat dibuat aplikasinya. Dengan artianya proses yang awalnya manual, dapat kita implementasi ke dalam aplikasi sehingga dapat memudahkan penggunannya.

      Saya kira demikian. Trimakasih

      Reply
  8. Supratman

    Assalamualaikum admin, saya mau tnya. Saya kan rencananya mau kp di kecamatan, tpi saya masih bingung. Mau analisis tntang apa. Tolong min Kasih tau cara menganalisis di kantor kecamatan apa saja ??
    Terimakasih

    Reply
    1. admin Post author

      @supratman;

      Walaikumsalam, wr.wb

      Untuk KP (kerja praktek) di kecamatan juga merupakan studi kasus yang menarik untuk di kembangkan mas. Untuk pertanyaan analisis tentang apa yang bisa dibuat di kantor kecamatan, sebenarnya tergantung kondisi di tempat atau kecamtan masing-masing.

      Tapi Untuk membantu pengembangan aplikasi yang bisa dibuat untuk di kerjakan pada kerja praktek di kecamatan, mungkin analisa berikut ini bisa menjadi referensi:

      1. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Warga ( ini bisa untuk pelaporan keamanan, kondisi bencana, dan hal apa saja, yang meliputi seluruh desa, mulai dari rw hingga ke rt nya)
      2. Aplikasi Sistem Informasi pengelolaan sumber daya ( berguna untuk mengelola dan meningkatkan sumber daya yang ada pada masyarakat pada suatu kecamatan)
      3. Aplikasi Sistem informasi geografis pemetaan penduduk ( meliputi pemetaan jumlah pendduduk perdesa, tingkat sosial, tingkat ekonomi dan banyak lainya)
      4. Aplikasi sistem informasi kegiatan masyarakat (manajemen kegiatan masyarakat)

      Di atas beberapa gambaran analisa aplikasi yang bisa di kembangkan. sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dibuat. Tapi tergantung kondisi nyata yang ada di kecamatan.

      terimakasih

      Reply
      1. Supratman

        Terimakasih admin atas sarannya. Lain kali bisa tanya jwab lagi min. Disini apa juga bisa membuat aplikasi yang seperti itu?

        Reply
  9. Setiawan

    ass kak, mohon bimbinganya kak, kan saya kemarin mengajukan proposal kp berjudul perancangan sistem informasi sekolah berbasis web di smk tpi di tolak kak jadi saya bingung mw mengajukan judul apa sedangkan saya mengerti hanya membuat web menggunakan aplikasi msql dan dreamweaver kak. jadi mohan bantuanya untuk saran judul kp saya kak

    Reply
    1. admin Post author

      @setiawan:

      walaikumsalam,,

      Untuk perancangan sistem informasi sekolah berbasis web memang sedikit simpel. Tapi coba di ajukan dengan penambahan fitur misalnya perancangan sistem informasi sekolah menggunakan sms gateway jadi nilai dan informasi mengenai murid dapat langsung di kirim melalui sms.

      Atau selain perancangan sistem informasi berikut saran aplikasi untuk KP di sekolah:

      1. Sistem informasi sekolah dengan sms gateway
      2. Aplikasi sistem pakar Penentuan siswa/guru terbaik

      Reply
      1. Setiawan

        mf ni kk saya kurang mengerti klu masalah membuat sms gateway dan sistem pakar,
        ada saran yg lain ngk kak yg gampang cara nya dan gampang cari tutorial nya juga di youtube gtu.

        Reply
  10. Fajar

    assalamualaikum min, saya rencana mau KP di perusahaan asuransi barang, sistem informasi apa saja yang bisa kita buat di perusahan ansuransi barang tersebut?

    Reply
    1. admin Post author

      @Fajar:

      Walaikumsalam mas,

      KP di perusahaan asuransi barang, sistem informasi yang bisa di buat misalnya:

      1. Sistem Informasi Pengelolaan asuransi (gambaran pengelolaannya misalnya, barang asuransi, pembayaran ansuran, angota, premi, klaim,ganti rugi dll)
      2.

      Reply
    1. admin Post author

      @vale:

      Untuk Kerja praktek di klinik bisa coba yang ini mbak:

      1. Perancangan Aplikasi Sistem informasi klinik (mengelola, pasien, penyakit / keluhan, obat,dan jenis perawatan)

      Reply
  11. Atika suri

    Assalamualaikum….

    Mbak sekarang kan saya lagi KP di PT.SEMEN PADANG. Judul yg cocok untuk tu apa mbak
    Tolong pendapatnya

    Reply
    1. admin Post author

      @atika suri:

      Walaikumsalam, wr.wb,

      Maaf mbak, saya laki-laki :-D ,

      untuk Perusahaan semen contohnya Semen Padang Beberapa judul misalnya;

      1. Aplikasi Sistem Informasi pengelolaan Distribusi
      2. Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Produksi
      3. Aplikasi sistem Informasi Manajemen karyawan
      4. Aplikasi Evaluasi Kinerja Pegawai
      5. Aplikasi sistem Informasi Pemasaran

      Terimakasih

      Reply
  12. Anissa

    Kak, aku lagi kuliah kerja prakter di perusahaan karton box.
    Minta sarannya dong kak untuk judul kkp aku. Kemarin udah ngajuin judul “Meningkatkan Akurasi Absen dengan Absensi Fingerprint di PT. Xyz” tapi ga di acc kak

    Reply
    1. admin Post author

      @anissa:

      Untuk di perusahaan karton box bisa membuat aplikasi atau juduL:

      1. Aplikasi quality control produksi
      2. Aplikasi distribusi pemasaran

      Terimakasih mbak,

      Reply
    1. admin Post author

      @mamluatulhabibah:

      Untuk KP di perusahaan telkom, berikut judul yang mungkin bisa di ajukan:

      1. Aplikasi sistem informasi Pelanggan Berbasis GIS
      2. Aplikasi Pemetaaan jaringan berbasis web
      3. Aplikasi Manajemen Wifi ID
      4. Aplikasi sistem informasi pembayaran tagihan
      5. Aplikasi Pengajuan Pelanggan Baru berbasis web

      Terimakasih,

      Reply
  13. reyyu

    Admin Minta Saran nya dong saya sedang melakukan KP Di Perusahaan Makanan ringan, Judul Yang cocok kira” apa ya min

    Reply
    1. admin Post author

      @reyyu:

      Untuk di perusahaan makanan, bisa coba dengan pengembangan atau analisis aplikasi:

      1. Sistem informasi manajemen produksi
      2. sistem informasi manajemen pemasaran
      3. Sistem informasi pengelolaan pelanggan

      Reply
  14. Ulva

    Assalamualaikum min saya mau nanya saya mau KP di PT Baja,, tapi saya bingung mw ngangkat judul nya,, bisa tolong pencerahan nya min

    Reply
    1. admin Post author

      @ulva:

      Walaikumsalam mbak, Untuk secara umum sudah di jelaskan seperti balasan komentar diatas, Namun untuk lebih terperinci dah khusus ke studi kasus mbak ini, bisa tolong beritahu saya, dimana bidang atau tempat mbak mengambil studi kasus pda perusahaan baja tersebut, berdasarkan struktur organisasi yang ada?

      Nah dengan demikian kita bisa simpulkan masalah apa yang bisa diangkat untuk di jadikan kasus dalam KP dalam hal ini implementasi dalam pembuatan aplikasi. Thx

      Reply
  15. fajar

    admin mau nanya ? saya mau KP di toko accesories barang2 elektronik,sperti speker,acc hp,dll …
    kira2 judul yang pas apa ya?

    Reply
    1. admin Post author

      @Fajar:

      Bisa membuat aplikasi:
      1. Aplikasi pemilihan supplier accesoris terbaik
      2. Aplikasi Penjualan

      Tapi tergantung studi kasus apa yang masih di perbolehkan di kampus mas,

      Reply
  16. Aida

    assalamualikum , kak saya kan magang di rumah sakit.. jurusan TI ,,, tapi bingung mau ngangkat judul apa yang pas untuk laporan magang saya ini ..bisa tolong pencerahan nya ka .. sebelum nya terima kasih

    Reply
    1. admin Post author

      @Aida:
      Untuk di rumah sakit biasanya dapat mengembangkan aplikasi

      1. Sistem informasi rawat inap
      2. Sistem informasi apotek
      3. Sistem informasi manajemen pasien
      4. Sistem informasi rekam medis

      Reply
  17. john

    Malam mas..
    Mau nanya nih, Rencananya mau ngabil ‘ KP ‘ nya di bioskop kalo ngak perusahaaan ritel.
    Tlong bantu dong mas judul yang pas buat ke2 alternative itu yang berbasis web..
    Matursuwun bangeeet sebelumnya mas..

    Reply
    1. admin Post author

      @john:

      Untuk di bioskop, bisa membuat:

      1. Pemesanan Tiket online mas

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *