Kerja Praktek (KP)

By , December 23, 2015,
Kerja praktek teknik informatika, sistem informasi, ilmu komputer

Kerja praktek teknik informatika, sistem informasi, ilmu komputer

Kerja praktek adalah bagian dari tahapan perkulihanan jurusan teknik informatika, sistem informasi, dan juga ilmu komputer. Bagi yang belum pernah merasakan seperti apa kerja praktek di lapangan seperti apa. Saya akan sedikit sharing mengenai pengalaman kerja praktek yang pernah saya lakukan sewaktu masa kuliah dulu,

cie.. kuliah.

Kerja praktek yang saya lakukan pada waktu kuliah dulu yaitu pada sebuah perusahaan lebih tepatnya pabrik roti. Lama kerja praktek yang saya lakukan yaitu 2 bulan, pada waktu menjalani kerja praktek banyak pengalaman yang didapat, diantarnya pengalaman kerja, pengalaman membangun tim, pengalaman mengambil keputusan, pengalaman dengan dunia kerja dan lingkungan sebenarnya. Nah apa saja hal-hal yang dilakukan pada saat kerja praktek:

Hal yang dilakukan saat kerja praktek
1. Membantu aktivitas pekerjaan pada subbagian

2. Mengimplementasikan jurusan pada sub bagian kerja praktek

3. Membantu memberikan solusi terhadap penggunaan teknologi

3. Membuat program, laporan dan juga menjelaskan mengenai fungsi dan manfaat penggunaan teknologi

4. Membantu menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan teknologi khususnya

 

Kerja praktek Teknik Informatika, sistem informasi, dan ilmu komputer

Secara umum ketiga jurusan tersebut hampir sama yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi dalam sebuah pekerjaan agar lebih praktis efektif dan efisien. Untuk hal-hal yang dikerjakan pada sebuah perusahaan bisa berbeda-beda tergantung tempat kerja praktek (KP) kita berada. Nah untuk itu yang penting dan perlu dilakukan dalah harus menjaga nama baik kampus atau universitas saat melakukan kerja praktek dilapangan.

Cara melakukan kerja praktek

Untuk memulai kerja praktek beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Menghubungi pihak perusahaan, dimana tempat kita akan melakukan kerja praktek, tujuannya adalah untuk memastikan apakah perushaan tersebut benar-benar mau menerima kita sebagai mahasiswa untuk bekerja  prakter diperusahaan mereka.

2. Membuat surat kerja praktek dari kampus, Jika tempat kerja praktek sudah ditentukan dan mereka mau menerima kita sebagai pekerja praktek. Langkah selanjutnya yaitu membuat surat pengantar untuk perushaan yang dibuat oleh pihak kampus. Tujuan dari surat ini adalah agar kerja praktek yang kita lakukan adalah kerja prakte resmi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

3. Pilihlah bagian atau tempat kerja praktek. Setelah kita diperbolehkan untuk melakukan kerja praktek. Hal lain yang perlu ditentukan adalah dimana posisi anda melakukan kerja praktek, misalnya dibagian gudang, bagian produksi, bagian administrasi, bagian keuangan dan banyak lagi.

4. Menunggu surat balasan dari perusahaan. Tujuannya adalah untuk memastikan secara resmi perusahaan telah menerima kita untuk melakukan kerja praktek. Tanpa surat resmi ni kita akan dianggap ilegal. Namun sebenarya untuk hal ini tergantung dari masing-masing setiap pihak kampus, Bisa mewajibkan atau juga tidak.

5. Merancang aplikasi atau program. Biasanya pada saat melakukan kerja praktek bagi jurusan komputer adalah membuat analisa program atau bahkan merancang program untuk membnatu perusahaan. Untuk pembuatan program ini tidak semua mahasiswa dapat melakukannya. Namun jangan kuatir untuk pembuatan program kami dapat membantu Anda membuatkannya.

5. Membuat laporan. Laporan kerja praktek (KP) adalah susunan dari setiap bab, mulai dari BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB IV dan juga BAB VI. Isi dari laporan kerja praktek adalah medefinisikan sebuah perusahaan di tempat kerja praktek. DImana kita ditempatkan bekerja, dan juga pengembangan aplikasi pada bagian tempat kita kerja praktek.

 

Oke sedikit curhat dari saya tentang pengalaman kerja praktek. Kerja praktek. Semoga dapat bermanfaat dan membnatu Anda mengerjakan kerja praktek tepat waktu dan cepat menyelesaikan kerja praktek. Kalau sudah kerja praktek, berikutnya mungkin KKN dan juga berlanjut ke pengerjaan SKRIPSI, Butuh pembuatan program untuk skripsi, serahkan kepada kami ya. GARANSI sampai revisi.

Postingan berikutnya

  1. tempat kerja praktek teknik informatika
  2. contoh laporan kerja praktek teknik informatika
  3. kerja praktek teknik informatika
  4. contoh kp teknik informatika
  5. laporan kerja praktek teknik informatika
  6. judul kp teknik informatika
  7. tempat magang teknik informatika
  8. contoh laporan kerja praktek jurusan teknik informatika
  9. contoh kp
  10. contoh kerja praktek teknik informatika
  11. kerja praktek informatika
  12. judul kp sistem informasi
  13. laporan kp teknik informatika
  14. judul kerja praktek teknik informatika
  15. laporan kerja praktek teknik informatika sistem informasi

9 thoughts on “Kerja Praktek (KP)

  1. dwi ayu azhari

    Perancangan dan pembuatan sistem informasi pengolahan data Absensi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *