Manfaat Sistem Pendukung Keputusan

By , April 17, 2015,
Manfaat sistem pendukung keputusan

Manfaat sistem pendukung keputusan

Manfaat Sistem Pendukung Keputusan sangat banyak sekali. Pemanfaatan program atau aplikasi spk dalam kehidupan kita sehari-hari terdapat di berbagai bidang. Saat berbicara sistem pendukung, ini berarti program yang di rancang untuk membantu pengambilan keputusan. Nah siapa saja yang melakukan pengambilan keputusan ini,  dia adalah salah satu orang yang mempunyai peran dan tanggung jawab tentang keputusan yang di ambil, misalnya saja: manajer, direktur dan staf lainya.

Dengan adanya sistem yang mampu membantu untuk menentukan keputusan, Keputusan yang di ambil akan lebih objektif. Hal tersebut yang di rasa sangat berperan penting terhadap pengambilan keputusan yang tepat sasaran pada sebuah kasus atau masalah.

Manfaat Sistem Pendukung Keputusan

Tujuan dari pengembangan aplikasi pengambilan keputusan seperti yang dibahas diatas, yaitu untuk membantu menentukan keputusan yang akan diambil. Berikut ini beberapa manfaat membuat dan menggunakan sistem pendukung keputusan atau SPK.

1. Membantu menentukan keputusan

Dalam penentuan keputusan pasti ada yang namanya penilaian. Dengan penilaian tersebut keputusan akan menjadi beberapa pilihan. Setiap pilihan yang ada pasti akan menimbulkan dampak dan akibat yang berbeda. Untuk itu sistem pendukung keputusan membantu menentukan keputusan yang akan diambil dengan mengolah nilai pilihan  menjadi nilai yang bisa dibandingkan berdasarkan kriteria atau variabel yang digunakan untuk memproses nilai pilihan tersebut. Dengan demikian pilihan akan menjadi jelas dan terperinci berdasarkan kriteria yang digunakan.

2. Mengurangi kesalahan pengambilan keputusan

Saat mengambil sebuah keputusan resiko yang paling berat adalah akibat yang ditimbulkan setelahnya. Misalkan saja Anda adalah seorang manajer pada sebuah perusahaan yang menangani proyek pembangunan. Untuk membuat kontruksi tersebut berdasarkan kondisi daerah dan kondisi lingkungan sesuai dengan ilmu yang Anda palajari Anda harus menentukan proyek pembangungan tersebut harus menggunakan bahan apa dan jenis apa. Apabila Anda tidak mengetahui beberapa hal tentang hal tersebut, ini justru akan mempengaruhi akibat dari keputusan yang Anda ambil tentang kondisi sebenarnya. JIka salah misal bangungan akan kebanjiran atau bahkan amblas. Nah dengan sistem yang didesain mampu mengetahui beberapa masalah dengan variabel yang digunakan sudah tepat. Sistem akan mampu memberikan keputusan yang terbaik.

3. Manajemen keputusan

Setiap pengambilan keputusan dapat dilakukan evaluasi. Dengan evaluasi, maka keputusan yang diambil bisa menjadi acuan untuk menentukan keputusan yang akan diambil di masa yang akan datang. Setiap rentang waktu mungkin di pengarui masing-masing penilaian. Dengan berbedaan penilaian tersebut maka keputusan yang diambil akan menghasilkan objektifitas yang lebih baik.

4. Penghematan waktu

Setiap sistem pendukung keputusan didesain agar mampu membantu pengambilan keputusan dari segi waktu. Semakin canggih sistem yang dibuat, akan semakin membantu dalam penghematan dalam menentukan keputusan yang akan diambil. Pengambilan keputusan dapat menjadi tepat waktu dan mendukung produktivitas karyawan dan manajer pengambil keputusan.

5. Meningkatkan efektifitas

Efektifitas terhadap keputusan yang diambil akan terasa jika sebuah SPK di rancang menggunakan variabel yang sesuai dengan masalah pengambilan keputusan. Ketidaktepatan terhadap hal ini akan memungkingkan kesalah pengambilan keputusan. Hasil keputusan yang baik adalah di dukung dengan analisis dan perancangan SPK secara tepat.

6. Meningkatkan komunikasi interpersonal

SPK dapat meningkatkan komunikasi dan kolaborasi di antara para pembuat keputusan. Dalam keadaan yang tepat, SPK dapat menyediakan sarana untuk berbagi fakta dan asumsi. Data perihal SPK  tentang operasi perusahaan yang tersedia untuk manajer dan karenanya dapat mendorong pengambilan keputusan berdasarkan fakta. Peningkatan aksesibilitas data yang sering merupakan motivasi utama untuk membangun SPK.

7. Peningkatan Bisnis

Perusahaan sering mendapatkan keuntungan akan hal ini termasuk untuk sistem intelijen bisnis, sistem manajemen kinerja, dan SPK berbasis web adalah salah satu diantaranya. Meskipun dimungkinkan untuk mendapatkan keuntungan kompetitif dari pendukung keputusan terkomputerisasi, ini bukan hasil yang 100 tepat. Perusahaan harus  secara jeli menganalisis setiap keputusan yang di keluarkan menggunakan SPK. Dengan demikian hasil yang akan didapat akan tetap sasaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

8. Pengurangan biaya

Beberapa penelitian dan terutama studi kasus telah didokumentasikan menggunakan SPK,penghematan biaya dari penghematan tenaga kerja dalam membuat keputusan dan infrastruktur atau teknologi biaya yang lebih rendah adalah salah satu manfaat dari penggunakan SPK secara tepat. Hal ini adalah salah satu tujuan penting dari dirancangny sebuah aplikasi spk pada perusahaan.

9.Meningkatkan kepuasan pengambil keputusan

Sistem terkomputerisasi adalah sebuah kecanggihan di dunia teknologin, SPK adalah salah satu diantara kemajuan teknolgi yang dapat membatu manusia, dan memberikan dampak positif terhadap kepusasan dan ketepatan penetapankeputusan suatu masalah. SPK dapat mengurangi frustrasi para pengambil keputusan, membuat persepsi bahwa informasi yang lebih baik sedang digunakan dan / atau menciptakan persepsi bahwa orang tersebut adalah “lebih baik” pengambil keputusan. Kepuasan adalah ukuran yang kompleks dan peneliti sering mengukur kepuasan dengan SPK daripada kepuasan dengan menggunakan SPK dalam pengambilan keputusan. Beberapa penelitian telah membandingkan kepuasan dengan dan tanpa alat bantu keputusan terkomputerisasi. Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan kompleksitas dan suka atau tidak suka tentang menggunakan komputer untuk mendukung keputusan.

Itulah beberapa Manfaat Sistem Pendukung Keputusan dari sistem pendukung keputusan yang Anda gunakan. Bingung gimana cara buat spk, baca tutorialnya di sistemphp.com.

sumber: 1, 2, 3, 4

Postingan berikutnya

  1. manfaat spk
  2. manfaat sistem pendukung keputusan
  3. contoh sistem pendukung keputusan dalam perusahaan
  4. manfaat pengambilan keputusan
  5. Manfaat informasi dan data dalam menentukan suatu keputusan
  6. contoh sistem pendukung keputusan dalam kehidupan sehari hari
  7. manfaat spk bagi manajemen
  8. manfaat utama spk
  9. manfaat sistem pengambilan keputusan
  10. kegunaan sistem penunjang keputusan
  11. mamfaat spk
  12. manfaat mengambil keputusan
  13. manfaat sistem penunjang keputusan
  14. manfaat manager mengambil keputusan
  15. manfaat desain kolaboratif pada spk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *