Melihat Query Pada PHPMyadmin

By , September 13, 2015,

Menjawab dari pertanyaan dari teman kita tentang fungsi dan kegunaan dari phpyadmin untuk mengelola sebuah database. Mengelola database dapat menggunakan beberapa cara diantaranya langsung menggunakan user interface phpmadmin atau menggunakan command line. Nah kali ini menjawab pertanyaan teman kita yaitu:

Bagaimana cara melihat query pada phpmyadmin ?

Sebelumnya untuk pengetahuan, fungsi  dan fitur dari php myadmin itu sendiri yaitu:

  1. Antarmuka berbasis web. Dukungan banyak fitur  yang ada pada MySQL: menelusuri dan drop basisdata (database), tabel, pandangan (view), bidang (fields) dan indeks. Semua tersusun rapih dan mudah untuk dipahami dan digunakan oleh user. Membuat, menyalin, drop, dan mengubah nama basis data, tabel, kolom dan indeks. Pemeliharaan server, basis data dan tabel, dengan server konfigurasi. Melaksanakan, mengedit dan penunjuk pernyataan-SQL, bahkan batch-queries, mengelola pengguna MySQL dan hak istimewa. Mengelola prosedur penyimpanan.
  2. Impor data dari CSV dan SQL, Jika kita akan update data namun data berada pada file excel maka dengan fitur yang ada pada di phpmyadmin dapat melakukan import data berekstensi CSV. Kegunaan ini agar import dan export data dapat dilakukan lebih cepat.
  3. Ekspor data ke berbagai format: CSV, SQL, XML, PDF, ISO / IEC 26300 – OpenDocument Text dan Spreadsheet, Word, Excel, LATEKS dan lain-lain. Kemampuan ini yang banyak di cari oleh seorang web development. Dengan berbagai fitur ini pemanfaatan dan pendayagunaan sumber daya data informasi database akan mudah.
  4. Membuat grafik PDF dari tampilan basis data anda. Membuat tampilan grafik dengan isi data yang ada pada database.
  5. Membuat kompleks query menggunakan Query-by-example. (QBE). Banyak query yang bisa digunakan untuk eksploitasi database, modifikasi dan eksekusi.
  6. Pencarian global dalam basis data. Pencarian akan lebih cepat dengan fitur query pencarian.
  7. Transformasi data disimpan ke dalam format yang menggunakan satu set fungsi yang telah ditetapkan, seperti menampilkan data blob-data atau download-link.
  8. sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/PhpMyAdmin

Jawaban:

Caranya yaitu

1. Aktifkan server Anda. Pada tutorial ini server yang saya gunakan yaitu xamp. Dengan mengklik apache dan mysql. Yang mana fungsi dari kedua itu yaitu mengaktifkan fitur script php dan database. Tampilannya berikut ini:

Melihat query di phpmyadmin

Melihat query di phpmyadmin

2. Selanjutnya akses url pada browser dengan url yaitu http://localhost/phpmyadmin/, maka akan muncul tampilan phpmyadmin sebagai berikut:

Tampilan phpmyadmin

Tampilan phpmyadmin

3. Selanjutnya untuk melihat query yang bisa dilakukan pada database klik dan pilih nama databasenya terlebih dahalu pada daftar database yang pernah dibuat pada bagian kiri. Dan selanjutnya akan muncul detail database yang Anda pilih. Kemudian pada barisan menu sebelah kanan silahkan klik tab menu ‘SQL’ oke maka munculan query yang bisa dilakukan di phpmyadmin.

Tamplan query sql phpmyadmin

Tamplan query sql phpmyadmin

Demikian jawaban atas pertanyaan cara melihat query didatabase phpmysql. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. cara melihat data dengan query sql phpmyadmin
  2. cara melihat database di phpmyadmin
  3. cara melihat query di phpmyadmin
  4. cara buat query di phpmyadmin
  5. Cara mengambil koding dari phpmyadmin
  6. cara mengetahui kode scrip di databade
  7. cara query pada database localhost phpmyadmin
  8. koding untuk membuat query
  9. Kodingan php my admin untuk menampilkan
  10. membuat query di phpmyadmin
  11. menampilkan query di phpmyadmin
  12. menampilkan semua query pada phpmyadmin
  13. cara membuat qury pada php my admin
  14. cara membuat query dari phpmyadmin
  15. cara melihat source code database phpmyadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *