Membuat Aplikasi PHP Jadi Seperti Aplikasi Dekstop

By , March 20, 2017,

Membuat Aplikasi PHP Jadi Seperti Aplikasi Dekstop – PHP adalah aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Kadang aplikasi php perlu kita jalankan tanpa perlu menggunakan domain atau server di hosting alias lokal di PC kita sendiri atau kantor.

Meskipun begitu, kamu tetap memerlukan server untuk menjalankan aplikasi kamu ini. Misal saja seperti xampp, wamp, dan juga lamp. Bedanya server-server tersebut kita lekakan di komputer,  laptop atau pc kamu.

Sebenarnya untuk membuat aplikasi web php menjadi berbasis dekstop sudah ada. Yap, aplikasi php juga bisa di jadikan exe atau dengan kata lain, aplikasi yang kamu dapat dijadikan installer yang bisa di install di pc.

PHP to Exe

Beberapa contoh aplikasi pihak kita yang dapat membantu kamu membuat aplikasi php menjadi exe namun beberapa aplikasi berikut ini ada yang berbayar dan juga gratis misalnya:

1. exeoutput (berbayar)

Exeoutput menjadikan aplikasi seperti aplikasi dekstop bawaan windows. Ini di tunjukkan dengan banyaknya template yang disediakan menyerupai tampilan user interface dari windows. Selain script php yang dapat di debuging, script web yang dapat di handle yaitu HTML, CSS, dan juga javascript.

Untuk kamu yang sedangkan mengembangkan proyek premium baiknya menggunakan exeouput ini yang berbayar. Karena fitur-fitur yang ada akan lebih maksimal di gunakan sehingga menggunakan proyek kamu menjadi lebih menarik.

2. Bambalam (gratis)

Bambalam adalah aplikasi compiler php to exe gratisan. Namun untuk ouput yang dihasilkan juga tidak kalah menarik dengan compiler sebelumnya. Untuk kelemahan yang ada pada compiler ini menurut saya adalah fitur yang digunakan menggunakan perintah CMD atau command line. Sehingga untuk programmer yang tidak familiar dengan intruksi-intruksi yang ada maka akan mengalami kesulitan dalam membuat aplikasi php dekstop berbasis exe.

Namun jangan kuatir, pihak bambalam sendiri pada situsnya memberikan panduan sintak-sintak yang dapat digunakan membuat aplikasi exe melalui compilernya.

3. ZZEE PHPExe (berbayar)

Compiler ini dapat membantu kamu dalam membuat aplikasi berbasis dekstop dengan fitur compile yaitu php, html, javascript, flash player dan menjadikannya seperti tampilan windows. Seperti yang dijelaskan pada websitenya kita dapat menggunakan compiler ini sehingga membuat aplikasi php kamu menjadi GUI. Dan juga mendukung php encoder yang berguna untuk melindungi script php kamu agar lebih aman dari para pembajak program php berbasis web.

Oke, itu wawasan buat kita. Topik yang kita bahasa adalah:

Aplikasi PHP Jadi Seperti Aplikasi Dekstop

Tidak seperti diatas yang menjadikan php jadi exe.  Teknik ini adalah teknik menjadikan aplikasi php seperti aplikasi exe dan berjalan di dekstop dengan trik-trik yang akan kita bahasa berikut ini:

Oke sebelum masuk ke triknya, saya anggap teman-teman semua sudah bisa membuat projek php sendiri di rumah.

langkah-langkahnya yaitu:

1. Membuat shortcut aplikasi php

Shortcut aplikasi php adalah tampilan icon seperti layaknya aplikasi yang ada di pc yang icon-iconnya tampil di tampilan dekstop pc atau laptop. Shortcut ini adalah icon yang apabila di klik langsung mengarah ke url aplikasi projek kita. Tentu arah dari projek ini adalah ke browser, browser yang digunakan pada trik ini bisa chrome dan juga  mozilla firefox.

Pada contoh ini saya akan menggunakan projek aplikasi pencarian arsip saya akan seperti aplikasi dekstop.

Caranya:

Membuat icon aplikasi php jadi dekstop

Membuat icon aplikasi php jadi dekstop

Berdasarkan gambar diatas adalah silahkan kamu buka folder kosong, kemudian buka projek kamu pada broser, blok url nya kemudian drag dan drop ke folder kosong tersebut. Pada contoh diatas saya  menggunakan google chrome. Nah pada tampilan tersebut icon masih menampilan browser chrome. Tugas kamua adalah menggantinya dengan icon kamu sendiri yang berformat gambar dengan ekstensi .ico.

Merubah icon aplikasi php

Merubah icon aplikasi php

Pilih icon yang digunakan

Pilih icon yang digunakan

Selanjutnya klik kanan pada shortcut tersebut dah pilih propertis dan pilih icon yang akan digunakan sesuaikan dengan icon pada apliaksi kamu.

2. Membuat server (xampp) berjalan otomatis ketika startup atau booting

Pada contoh ini server yang saya gunakan adalah xampp. Server ini akan kita buat berjalan ketika laptop atau komputer di hidupkan. Dan secara langsung mengaktifkan service php dan mysql.

Pengaturannya:

Setting server xampp berjalan otomatis

Setting server xampp berjalan otomatis

Silahkan di centak yang saya beri garis berwarna merah seperti gambar diatas. Setingan tersebut adalah setingan yang berfungsi agar server dapat berjalan otomatis dengan mengaktifkan server php dan mysal secara langsung setelah startup atau booting.

Oke. pengaturan belum selesai, agar server ini dapat berjalan pada startup kita atur pada startup windowsnya.

Caranya:

Tekan windows+r maka akan muncul dialog run , kemudian kettikan shell:startup dan klik enter seperti gambar berikut:

Start up windows

Start up windows

Selanjutnya akan muncul foder startup pada windows. Pada folder tersebut silahkan di klik kanan dan pilih new kemudian pilih shortcut. Kamu akan di arahkan untuk mencari aplikasi yang akan dijalankan pada startup. Nah pilih saja aplikasi server yaitu xampp-control.exe di dalam folder c:\xampp oke nah selanjutnya restar komputer atau laptop kamu.

Dan aplikasi siap di gunakan layaknya aplikasi dekstop.

Contoh tampilan akhir

Tampilan aplikasi dekstop php

Tampilan aplikasi dekstop php

Postingan berikutnya

  1. membuat php mysql dengan exeoutput php
  2. membuat php jadi desktop
  3. cara membuat aplikasi desktop dengan php
  4. aplikadi exe for php
  5. cara membuat siatem informasi php jadi aplikasi
  6. cara membuat aplikasi web jad deaktop
  7. tutorial membuat aplikasi desktop dengan php
  8. membuat php desktop
  9. membuat aplikasi web menjadi desktop
  10. membuat aplikasi desktop dengan php
  11. membuat aplikasi desktop berbasis web
  12. contoh aplikasi desktop dengan php
  13. buat aplikasi dekstop
  14. cara menggunakan php desktop
  15. cara membuat aplikasi dekstop dengan php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *