Membuat Auto Increment Pada Tabel Database yang Sudah Terbuat

By , April 24, 2018,
Membuat Auto Increment Pada Tabel Database yang Sudah Terbuat

Membuat Auto Increment Pada Tabel Database yang Sudah Terbuat

Membuat sebuah aplikasi dengan menggunakan database sebagai penyimpanan datanya kamu harus paham bagaimana membuat struktur tabel untuk aplikasinya. Struktur tersebut dapat dianalisis mulai dari jumlah kolom yang digunakan, struktur tabel nya, panjang data nya dan juga tipe data yang digunakan pada kolom atau field tabel tersebut.

Pernah kejadian membuat sebuah tabel database dengan kolom berinisial “ID” dan data tersebut berisi nilai angkat yang seharusnya dapat berulang dan berisi berurutan otomatis ketika data baru di masukkan. Namun suatu ketika kamu lupa untuk membuat jenis tabel tersebut menjadi auto increment atau mengurutkan isi data otomatis.

Kita coba edit tapi tidak bisa karena muncul pesan kesalahan bahwa tabel tidak bisa di edit. Sungguh menyebalkan jika tabel yang akan kita edit ini adalah tabel dengan jumlah data yang sangat besar datanya.

Tenang, Saya juga pernah mengalami hal ini, cukup sedikit query sql saja masalah ini akan selesai. Dan jangan lupa berdoa agar tidak error lagi 😀

Membuat auto increment pada tabel database yang sudah terbuat

Fitur sql atau fungsi sql yang akan kita gunakan adalah alter tabel. Alter table merupakan fungsi sql untuk mengedit data atau struktur mysql. Cara menjalankannya dapat menggunakan phpmyadmin dan juga command line database.

 

ALTER TABLE `jawaban` CHANGE `idJawaban` `idJawaban` INT(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT;

 

“jawaban” adalah nama tabel yang ada pada struktur database kamu. Sedangkan “idJawaban” adalah kolom atau field yang akan di rubah dan “idJawaban” yang kedua adalah nama kolom yang akan di gunakan sebagai pengganti. Pada kasus ini kolom atau fieldnya tidak akan kita rubah. Dan INT adalah jenis datanya. Nah yang terarir jangan lupa auto_increment sebagai inisial auto increment.

 

Untuk penggunaanya silahkan disesuaikan saja dengan kebutuhan. Pada implementasinya jika data pada database kamu sangat banyak atau besar, maka loading untuk mengeksekusi prosesnya sedikit memakan waktu. Maka tunggu saja sampai tabel kamu berubah strukturnya seperti yang kita inginkan tadi pada akhir proses dari menjalankan query ini. semoga bermanfaat.