Membuat Navigasi Halaman di PHP

By , March 2, 2016,

Membuat Navigasi Halaman di PHP – Navigasi pada sebuah halaman web sudah banyak yang mengetahuinya. Buat yang belum tahu, navigasi merupakan bagian dari desain web yang bertujuan untuk memandu pengguna atau user dimana ia berada pada suatu halaman aplikasi web.

Di istilah web programmingnya navigasi halaman ini di kenal dengan istilah breadcrumb. Nah seperti apa breadcrumb itu dan bagaimana cara membuatnya di php. Say a akan bongkar caranya di postingan ini.

Contoh navigasi halaman yang di sebut dengan breadcrumb itu seperti ini:

Navigasi halaman web

Navigasi halaman web

Pada contoh kasus ini, navigasi yang saya gunakan yaitu pada sebuah template halaman admin bernama SB Admin 2.

Teknik yang dilakukan yaitu menggunakan modul sebagai dasar atau patokan dimana user berada. Nah untuk membuat itu, script phpnya sangat mudah. Simak script berikut ini:

Script php navigasi halaman

echo '<div class="alert alert-info"><p class="fa fa-home"> <a href="http://localhost/bunga/">Dashboard</a></p> / ';
 if($_GET[modul] == 'admin'){
 echo '<p class="fa fa-database"> <a href="http://localhost/bunga/?modul=master">Data Master</a></p> / ';
 if($_GET[aksi]=='tambah'){
 echo '<p class="fa fa-user"><a href="http://localhost/bunga/?modul=admin"> Admin</a></p> / <p class="fa fa-plus"> Tambah Admin</p>';
 }elseif($_GET[aksi]=='edit'){
 echo '<p class="fa fa-user"> Edit Admin</p>';
 }else{
 echo '<p class="fa fa-user"> Admin</p>';
 }

 }
 echo '</div>';

Scritp diatas adalah salah satu navigasi yang mengidentifikasi dimana user masih berada pada sekita halaman admin. Meskipun secara keseluruhan setiap navigasi berbeda-beda, namun untuk dasar pehamanan logikanya sama. Yaitu web akan memberikan informasi di mana user berada. Pada contoh diatas, navigasi yang beru di buat yaitu pada sekitar data master admin saja.

Teknik yang saya gunakan pada tutorial ini, yaitu menjadikan script diatas menjadi sebuah fungsi. Nah dengan fungsi tersebut, maka saya tidak perlu repot-repot lagi, menulis ulang script diatas pada modul lainya. Caranya yaitu simpel saja, kita tinggal memanggil fungsi yang sudah kita buat tadi.

Tampilan navigasi dengan php

Halaman tambah admin

Halaman tambah admin

Navigasi halaman web admin

Navigasi halaman web admin

Inilah cara simpel Membuat Navigasi Halaman di PHP untuk website atau sistem yang sedang kamu buat. Lalu apa sih gunanya pakai navigasi atau tanpa navigasi. Gunanya agar user atau pengguna tidak tersesat, cie tersesat kayak di amazon aja. Thanks bro.

Postingan berikutnya

  1. souce code bikin navigasi dengan php
  2. cara membuat breadcumb php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *