Cara Simpel Mengambil Value Href pada Anchor

By , October 5, 2016,
Cara Simpel Mengambil Value Href pada Anchor

Cara Simpel Mengambil Value Href pada Anchor

Cara Simpel Mengambil Value Href pada Anchor – Anchor atau sering kita kenal dengan anchor tag pada sebuah sintak html di identifikasi dengan tag <a> dan juga ditutup dengan </a>.

Pada anchor tersebut terdapat sebuah value yang berguna untuk mengarahkan kemana anchor tersebut akan di arahkan. Arah pada sebuah tag anchor tersebut berupa value yang terdapat pada href yang terdapat di dalam tag anchor, inilah yang sering kita kenal dengan listilah link atau url.

Untuk posisinya link atau url, pada sebuah anchor tag yaitu contohnya seperti ini misalnya: <a href=”http://sistemphp.com”>nama link</a>. Untuk sharing kali ini hal yang kita bahas yaitu bagaimana mengambil nilai atau value yang ada di dalam href, pada contoh tersebut yaitu link http://sistemphp.com, menggunakan script php.

Studi kasus:

Saya membuat script ini ketika akan mengambil sebuah link pada halaman html yang saya grab dari situs lain.

Konsep yang digunakan yaitu, saya memecah kontruksi sintak atau tag html dengan mendeteksi class anchor yang akan saya ambil. Cara simpel yang digunakan adalah menggunakan fungsi php dengan preg_match dan preg_match_all.

Mengambil Value Href pada Anchor

Menjadi sebuah pertanyaan apa beda dari preg_match dan preg_match_all pastinya. Perbedaanya adalah jika preg_match digunakan untuk mendeteksi pencarian scrip menggunakan regex yang hanya dilakukan satu kali.

Sedangkan preg_match_all dilakukan untuk mencari nilai regex yang dilakukan secara berulang selama kontruksi atau ketentuan yang diberikan masih terdapat beberapa kali pada sebuah variabel identifikasi. Variabel identifikasi pada contoh saya yaitu halaman html yang saya grab.

Script php mendapatkan value anchor


$link = '<a href="www.google.com">google</a>';

preg_match_all("/(?<=<a href=\").*?(?<=\">)/",$link,$l);

echo $l[0];

Penjelasan:

Pada script di atas terdapat tag (?<= yang artinya yaitu setiap yang di awali. Dan .*? maksudnya adalah apapun yang ada pada di antara tersebut. Dan ?<= maksudnya adalah setiap yang di akhiri dengan tag tersebut. Dan untuk $link adalah variabel yang di baca atau yang akan di proses. Sedangkan $l adala variabel yang di keluarkan untuk menampilkan eksekusi tersebut.

Nah pada script di atas, kontroksi dari variabel $l terdapat 0 yang berada di dalam kurung kurawal. Hal tersebut mengindikasikan bawah ouput dari proses tersebut adalah sebuah array. Dan array yang di hasilkan adalah array dengan index pertama yaitu 0.

Oke demikian script untuk memecah link atau url yang kegunaannya tergantu masing-masing pengembang aplikasi nantinya. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *