Menghapus Duplikat String

By , June 9, 2016,

PHP – Menghapus Duplikat String - Cara menghapus string yang sama pada sebuah kalimat atau paragraph dapat dengan menggunakan php sangat mudah caranya. Menghapus kata yang sama pada tutorial ini pada awalnya ketika saya akan mengambil kata pada sebuah kalimat dalam paragrap, dan pada paragraph tersebut terdapat beberapa kata yang sama. Teknik dan cara yang saya gunakan yaitu menggunakan beberapa fungsi php Yaitu:

Explode, yaitu fungsi php yang digunakan untuk memecah sebuah string yang terdapat pada variabel. Seperti contoh yang akan kita bahas ini, kita akan memecah kalimat kata-demik kata sesuai dengan spasi.

Implode, yaitu sebuah fungsi php yang digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu-kesatuan. String yang di gabungkan merupakan sebuah rangkaian array dalam sebuah variabel.

Array_unique, yaitu sebuah fungsi php yang digunakan untuk mengambil string salah satu saja jika terdapat duplikat string pada sebuah variabel.

Menghapus Duplikat String

Menghapus Duplikat String

Mengambil salah satu string yang sama


$str = 'Sistemphp.com <span style="color: #ff0000;">adalah</span> sebuah situs yang berisi tutorial <span style="color: #ff0000;">php</span> . Materi yang ada <span style="color: #ff0000;">adalah</span> berupa implementasi program bahasa php kedalam sebuah aplikasi web misalnya <span style="color: #ff0000;">sistem</span> informasi, <span style="color: #ff0000;">sistem</span> pakar dan banyak lainya.';

echo 'Contoh duplikat string: <br/>'.$str.'<hr/> Output:<br/><hr/>';

echo $str = implode(' ',array_unique(explode(' ', $str)));

Pada contoh dias terdapat string yang sama yaitu string “adalah”, string “php”, string “sistem” nah pada output yang dihasillkan maka pada string yang sama tersebut di ambil masing-masing 1 string menggunakan array_unique. Pada script diatas fungsi php implode dan explode memecah dan menggabungkan kata string yang ada berdasarkan spasi hal tersebut di tunjukkan dengan eksekusi ‘ ‘ yang artinya adalah spasi. Untuk kasus lain, misalkan string yang ada dibatasi dengan koma (,) maka tinggal ganti saja ‘ ‘ menjadi ‘,’. Semoga bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. menghilangkan duplikasi array pada php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *