Cara Mudah Menghitung Hari Dengan PHP

Cara Mudah Menghitung Hari Dengan PHP

Cara Mudah Menghitung Hari Dengan PHP

Didalam kalender pertanggalan selain terdapat tahun dan bulan juga terdapat tanggal. Tanggal-tanggal tanggal yang ada merupakan identifikasi dari hari pada suatu bulan pada kalender.

Pada beberapa kasus pemrograman kita memerlukan cara untuk mengetahui berapa jumlah hari pada bulan tertentu atau dari tanggal awal hingga tanggal akhir yang di di tentukan. Misalnya saja kita akan menghitung jumlah hari kerja dengan rentang tanggal di berikan. Nah untuk program PHP nya dapat juga kita buat untuk menghitung semua hari dari tanggal yang kita pilih.

Misalkan saja kita diberikan rentang tanggal 01-01-2017 sampai dengan 01-03-2017 berpakah jumlah hari yang ada pada antara tanggal tersebut. Oke mari kita pelajari.

Script PHP untuk menghitung hari

Untuk tutorial kali ini kita  menggunakan 2 cara. Cara yang pertama yaitu menggunakan fungsi dari php versi 5 yang sudah ada. dan yang kedua menggunakan fungsi date_create yang ada pada php versi di bawah dan ditas 5.

<html><head><title>Menghitung Hari Online</title></head><body>

<?php error_reporting(E_ALL ^ (E_NOTICE | E_WARNING));if(isset($_POST[‘submit’])){ $awal = $_POST[‘awal’]; $akhir=$_POST[‘akhir’]; //cara 1 $a = new DateTime($awal); $b = new DateTime($akhir); $jumlahHari = $a->diff($b); $jumlahHari=$jumlahHari->days; //cara 2 $c = date_create($awal); $d = date_create($akhir); $jumlahHari2 = date_diff($c, $d); $jumlahHari2=$jumlahHari2->days;}?>

<center><h1>Menghitung Hari Online</h1><p>Aplikasi php untuk menghitung jumlah hari diantara 2 tanggal.</p>{<a href=”http://www.sistemphp.com/aplikasi/”>Kumpulan aplikasi sistemphp.com disini</a>}
<hr/><form action=”” method=”POST”><table border=”0″><tr><td>Tgl.Awal</td><td><input type=”date” name=”awal” value=”<?php echo $awal;?>”></td></tr><tr><td>Tgl.Akhir</td><td><input type=”date” name=”akhir” value=”<?php echo $akhir;?>”></td></tr><tr><td>Jumlah Hari (cara 1)</td><td><input type=”text” name=”cara1″  value=”<?php echo $jumlahHari;?>”></td></tr><tr><td>Jumlah Hari (cara 2)</td><td><input type=”text” name=”cara2″  value=”<?php echo $jumlahHari2;?>”></td></tr><tr><td><input type=”submit” name=”submit” value=”Hitung”></td><td><a href=”menghitung-hari.php”>Hitung Lagi</a></td></tr></form><br/>
</center></body>

</html>

Diatas adalah script yang berisi perintah untuk memasukkan tanggal awal dan juga tanggal akhir. Dari masukkan tersebut maka akan di hitung interval atau jarak tanggal dengan jumlah hari yang ada.

Untuk pengembangan script seperti ini misalnya digunakan untuk menghitung masa kerja, menghitung jumlah hari kerja dan masih banyak lagi lainya.

Jika masih kesulitan untuk pengembangan baru tentang script dengan konsep seperti ini dapat menghubungi kami langsung.

Lihat Demo

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>