Menyalin Isi Kolom Ke Kolom Lain Mysql

Beberapa hari yang lalu Saya membuat aplikasi kepegawaian pada suatu kantor Dinas. Pada aplikasi tersebut akan di tambahkan suatu fitur login yang data username dan passwordnya mengambil dari data master pegawai yang ada.

Data yang akan digunakan sebagai username yaitu NIP dan password secara default atau standar akan kita buat angka 123.

Hal tersebut bertujuan agar pegawai tidak perlu register dan bisa menggunakan agkun login dan username serta password yang ada kemudian menggantinya pada akun masing-masing.

Berdasarkan hal tersebut mengingat data pegawai begitu banyak yang membosankan adalah jika kita memasukkan nip masing-masing pegawai tersebut kedalam kolom username.

Untuk itu kita siasati dengan cara menyalin atau mencopy data yang ada pada kolom nip, ke dalam kolom username menggunakan query mysql yang ada pada phpmyadmin Server.

 

Menyalin Isi Kolom Ke Kolom Lain Mysql

Berikut query mysql yang saya lakukan:

UPDATE pns SET username = nip  WHERE username =”

Pada query diatas Saya menginstruksikan untuk mengupdate atau memperbaharui data username dengan menggunakan data nip pada kolom nip, dengan kondisi username yang field nya kosong.

Atau

Jika kamu ingin mengcopy isi kolom nip dengan ketentuan pada kolom username ingin mengisikan data yang tidak kosong bisa juga, caranya yaitu:

UPDATE pns SET username = nip  WHERE username !=”

Untuk kebutuhan query lainya jika masih ada yang bingung bagaimana caranya boleh tanya-tanya di kolom komentar.

 

Demikian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat dan membatu teman-teman semua.

Demo

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>