Merancang Database Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

By , February 21, 2015,

Merancang Database Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Pendukung keputusan adalah bagian dari bentuk sistem yang menerapkan kecerdasan buatan. Penggunaan database pada proses untuk mengambil keputusan yang dihasilkan tidak mutlak dilakukan. Kadang setia proses penentuan keputusan tidak menggunakan data pada database. Namun pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan bagaimana penggunaan database jika diterapkan pada spk atau sistem pendukung keputusan.

Database spk biasanya di bangun dan dirancang menggunakan mysql jika diterapkan implementasinya berbasis web menggunakan pemrograman berbasis web php. Seperti projek yang saya pernah buat, yaitu konsep spk pada sebuah sistem evaluasi. Pada studi kasus tersebut Saya menggunakan kriteria dan subkriteria untuk menentukan keputusan dan penilaiannya Saya simpan kedalam database. Pada studi kasus ini saya juga menerapkan sebuah metode, metode yang Saya gunakan yaitu FAHP.

Sebelum membuat database untuk spk atau sistem pendukung keputusan yang akan Anda rancang. Sebaiknya Anda harus mengerti dan paham terlebih dahulu alur kerja proses yang terdapat pada spk yang akan Anda buat. Dengan demikian, perancangan akan lebih mudah. Hal tersebut disebabkan karena, perancangan database di spk sangat berdasarkan analisa dari proses yang terjadi pada sistem spk itu sendiri. Dalam beberapa projek biasanya pembangunan database berdasarkan analisa dfd dan kemudian membentuknya menjadi erd, dan dari erd tersebut kiita bisa membuat dan menentukan database untuk spk. Dengan demikian proses yang terjadi bisa tepat secara proses dan alur kerja.

Merancang Database Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Cara membuat database spk sangat mudah, hal yang harus Anda perhatikan adalah database yang dibuat dapat berjalan dengan sistem yang akan Anda bangun t ersebut. Maka dari itu maka seperti yang dijelaskan diatas, analisa merupakah bagian hal penting dalam merancang database spk.

Beberapa bagian yang perlu di perhatikan pada database spk:

1. Atribut

Merancang Database Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Atribut

Pada sebuah rangkaian database terdapat beberapa atau banyak atribut. Fungsi atribut ini adalah menunjukkan sebuah field pada setiap tabel database. Dengan artian atribut adalah field-field yang ada pada suatu tabel database. Pembuatan atribut diusahakan semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan sistem yang akan Anda bangun, baik penamaan maupun tipe pada atribut. Bentuk simbol dari atribut yaitu oval.

2. Entitas

Merancang Database Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Entitas

Entitas bagian dari rangkaian atribut yang terbentu menjadi satu kesatuan. Pada sebuah  database bisa disebut, entitas ini adalah sebuah tabel pada database. Jadi Penerapan pada spk, entitas juga berdasarkan analisa sistem yang Anda buat. Bentuk simbol dari entitas yaitu persegi panjang.

3. Relasi

Merancang Database Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Relasi

Relasi database adalah hubungan antar entitas yang terangkai dari kumpulan atribut. Pada relasi biasanya memanggil beberapa bagian dari entitas. Nah disinilah proses yang terjadi, yaitu merangkai proses menggunakan isi atribut pada setiap masing-masing entitas. Pada proses ini, relasi menggunakan kode pada setiap entitas, kodenya yaitu yang sering disebut primary atau secondary key untuk merelasikan antar  entitas.

Demikian sharing  kali ini semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan program aplikasi atau software SPK bisa menguhubungi saya, saya juga menyediakan jasa  pembuatan sistem keputusan berbasis web php. Untuk metodenya bisa menggunakan metode yang sudah ada pada kami, atau menggunakan metode dari Anda. Terimakasih sudah membaca Merancang Database Sistem Pendukung Keputusan (SPK) semoga bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. cara membuat sistem pendukung keputusan
  2. membuat program spk dengan ai
  3. cara membuat sistem pendukung keputusan berbasis web
  4. contoh erd spk
  5. analisa rangkaian sistem database
  6. hubugan mysql dengan spk
  7. hubungan relasi dari sistem pendukung keputusan
  8. penggunaan database yang diterapkan pada sistem pendukung keputusan dan beserta contoh database yang digunakan
  9. perancangan SpK komponen erd dfd
  10. program yang bisa untuk membuat dan merancang database
  11. rangkaian database
  12. sistem penunjang keputusan korelasi
  13. spk menggunakan normalisasi erd
  14. erd spk
  15. erd sk

6 thoughts on “Merancang Database Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

  1. Irfan Amrullah

    Assalamu’alaikum, z mau nnya ada aplikasi SPK dengan metode SAW dengan software visual FOX pro 9.0

    Reply
    1. admin Post author

      @irfan amrullah: untuk saat ini, pengembangan yang kami lakukan masih menggunakan PHP & mysql mas,

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *