Meranking Baris Pada Tabel Database

By , November 1, 2015,

Merangking Baris Pada Database. Oke sempat  juga membuat tutorial untuk merangking atau mengurutkan nilai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Saya sebelumnya pernah posting tentang script mengurutkan angka di php. Nah untuk kali ini perankingan yang digunakan langsung melalui query yang ada pada database, caranya seperti apa dan bagaimana, simak terus tutorial ini ya.

Pengalaman

Saya sharing tutorial ini pada awalnya ketika saya ingin membuat dan sebuah pertanyaan yang di ambil dari tabel database. Nah Pertanyaan tersebut dalam tabel database saya, saya beri nama dengan gejala. Jadi yang ingin Saya lakukan adalah memunculkan pertanyaan yang berupa gejala kepada user. Untuk menampilkan pertanyaan ini saya menggunakan tabel gejala yang terhubung ke dalam tabel relasi. Untuk detailnya tabel yang bersangkutan tentang permasalahan ini yaitu tabel gejala, tabel relasi, dan tabel rusak. Jadi yang saya lakukan adalah memanggil tabel relasi.

yang mana didalamnya adalah relasi antara kd gejala dan kd rusak. Selanjutnya hubungannya dengan permasalah perangkingan adalah, Pada tabel ralasi tersebut setiap kd rusak, terdapat beberapa kd gejala misalnya dalam satu tabel relasi tersebut terdapat lebih dari satu kd gejala. Jadi Saya mengingingkan untuk menampilkan jumlah kd gejala terbanyak hingga yang ke terndah, maka dari itu saya merangking baris database, dan menghitungnnya dari yang terbesar hingga yang terkecil kemudian menampilkannya. Untuk menampilkan sendiri saya beri limit satu kd gejala saja.

Asumsi tabel database

Berikut ini beberapa field tabel database, untuk datanya banyak namun yang saya ambil hanya beberapa sebgai contoh analogi saja.

1. Tabel rusak

Tabel Rusak

Tabel Rusak

2. Tabel Gejala

Tabel Gejala

Tabel Gejala

3. Tabel Relasi

Tabel Relasi

Tabel Relasi

Hasil perankingan dengan besar ke kecil dengan limit 1

Ranking dengan Limit

Ranking dengan Limit

Haril perangkingan semua dari besar ke kecil

Ranking besar kecil

Ranking besar kecil

Hasil perangkingan semua data dari kecil ke besar

Ranking Kecil Besar

Ranking Kecil Besar

Untuk script query mysqlnya sebagai berikut:

SELECT kd_gejala FROM relasi GROUP BY kd_gejala ORDER BY count(kd_gejala) DESC LIMIT 1

Nah untuk memodifikasi pengurutan yang dilkaukan tinggal ganti saja DESC dengan ASC. Kalau DESC pengurutan dari yang besar hingga yang kecil, kalau ASC dari besar hingga kecil. Untuk fungsi mysql yang digunakan yaitu saya memanfaatkan fungsi count untuk menghitung field tabel gejala. Nah selanjutnya Saya menggunakan group untuk mengelompokkan berdasarkan kd_gejala yang sama. Oke demikian Merangking Baris Pada Database semoga bisa membantu. Bila ada yang ditanyak seputar script php berupa tutorial atau script lainya silahkan berkomentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *