Merubah Password Hosting

By , January 4, 2016,

Merubah password hosting. Password adalah kata kunci yang digunakan untuk autentikasi masuk sebuah sistem. Dalam hal ini sistem yang dimaksud adalah sebuah penyimpanan file yang ada di sebuah server atau hosting. Password merupakan bagian penting dari pengunci agar file yang anda simpan di suatu media penyimpanan dapat tersimpan dengan aman. Cara ganti password hosting dapat dilakukan dengan cara yaitu melalui menu yang ada di cpanel. Cpanel adalah merupakan ruangan atau server tempat web atau aplikasi Anda berada. Nah berikut ini panduan dan tutorial mudah mengamankan hosting dari gangguan penyerang atau pembobol web Anda.

Merubah Password Hosting

Langkah-langkah cara mengganti password untuk login hosting atau cpanel dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Login server atau hosting, Untuk mengakses server atau hosting pertama Anda harus login terlebih dahulu. Cara login kedalam hosting yaitu dengan mengakses ip address hosting Anda atau melakui domain yang terpasang pada hosting tersebut dengan menambahkan akhiran pada ip address atau domain dengan cpanel atau :2082, contohnnya kaya gini gan:

192.10.1.45:2082 atau 192.10.1.45/cpanel atau www.domain.com/cpanel atau www.domain.com:2082

Oke setelah kamu akses url tersebut pada browser, maka akan muncul tampilan login kedalam hosting yang mengharuska kamu masuk ke menggunakan username dan passowordnya. Nah password tersebutlah yang akan kita coba ganti pada tutorial kali ini. Tampilan setelah mengakses url seperti contoh diatas seperti ini:

Login cpanel hosting

Login cpanel hosting

2. Menu ganti password, setelah login kedalam hosting maka langkah berikutnya yaitu langsung menuju menu untuk merubah dan mengganti password hosting kamu. menunya Yaitu change password, gambarnya kayak gini:

Menu ganti password hosting

Menu ganti password hosting

Oke sudah kelihatan menunya, langsung saja di klik dan kamu akan di bawa ke proses selanjutnya yaitu memasukkan password baru untuk mengganti password lama yang pernah dibuat. Penampakannya kayak gambar di bawah ini bro.

Mengganti password hosting

Mengganti password hosting

Berdasarkan gambar diatas pertama kamu masukkan dulu passwod lama yaitu pada old password, kemudian masukkan lagi password baru pada new password dan new password again. Memasukkan password untuk kedua kali maksudnya adalah untuk menyamakan atau menyocokkan passwor baru yang telah anda buat. Selanjut silahkan klik change password.

Tips keamanan membuat password login:

Kadang passord dianggap remeh dan banyak di sepelekan. Hal tersebut justru akan membahayakan akun Anda terhadap celah keamanan yang mudah di tembus. Tipsnya membuat passwrdnya yaitu menggabungkan dan mengkombinasi karakter dan angka. Misalnya huruf kecil dan huruf besar, karakter unik dan dan imajinasi keunikan contohnya kayak  gini bro:

$%123_AxyZ

Atau kalau kamu mau langsung unik dibuatin dapat juga menggunakan password generator seperti yang Anda pada tampilan gambar diatas.

Oke itulah ulasan mengenai cara ganti password hosting yang aman. Masih banyak tutorial-tutorial ulasan mengenai hosting cpanel salah satunya seperti apa tampilan hosting yang pernah saya posting dan untuk tutorial ang baru akan kami share di postingan berikutnya. Jangan lupa komentarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *