8 Pengertian dan Penjelasan Metode AHP Menurut Para Ahli

By , June 24, 2017,
8 Pengertian dan Penjelasan Metode AHP Menurut Para Ahli

8 Pengertian dan Penjelasan Metode AHP Menurut Para Ahli

Metode AHP Menurut Para Ahli. Metode ahp adalah metode yang sering digunakan untuk menyelesaikan sistem pendukung keputusan (SPK). Dalam kasusnya metode ini menggunakan hirarki sebagai langkah dan tahapan penyelesaiannya.

Berikut ini beberapa penjelasan beberapa jurnal tentang pengertian AHP. Pada umumnya AHP di ungkapkan secara umum oleh saaty. Dan berikut dari berbagai sumber jurnal yang kami kumpulkan.

#1 JURNAL UAJY.AC.ID

Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) merupakan teori umum mengenai pengukuran. Empat macam skala pengukuran yang biasanya digunakan secara berurutan adalah skala nominal, ordinal, interval dan rasio. Skala yang lebih tinggi dapat dikategorikan menjadi skala yang lebih rendah, namun tidak sebaliknya.

http://e-journal.uajy.ac.id/8942/4/3MTS02179.pdf

#2 JURNAL WIDYATAMA.AC.ID

AHP merupakan metode yang banyak digunakan untuk pengambilan keputusan dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam hal perencanaan, penentuan alternatif, penyusunan prioritas, pemilihan kebijakan, alokasi sumber daya, penentuan kebutuhan, peramalan hasil, perencanaan hasil, perencanaan sistem, pengukuran performansi, optimasi dan pemecahan konflik.

http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3735/Bab%202.pdf?sequence=7

#3 JURNAL DINUS.AC.ID

Analytical Hierarcy Proses merupakan salah satu metode untuk membantu pengambil keputusan dalam mengambil keputusan sesuai dengan Kriteria atau syarat yang telah ditentukan, dan Kriteria pengambilan keputusan tersebut merupakan criteria yang bermacam-macam.
Metode Analytical Hierarcy Process (AHP) bersifat multi Kriteria karena menggunakan banyak Kriteria dalam penyusunan suatu prioritas system pendukung keputusan.

http://eprints.dinus.ac.id/18816/10/bab2_17842.pdf

#4 JURNAL USU.AC.ID

Analytic Hierarchy Process (AHP) adalah salah satu metode khusus dari Multi Criteria Decision Making (MCDM) yang diperkenalkan oleh Thomas L. Saaty. AHP sangat berguna sebagai alat dalam analisis pengambilan keputusan dan telah banyak
digunakan dengan baik dalam berbagai bidang seperti peramalan, pemilihan karyawan, pemilihan konsep produk, dan lain-lain.
Pada dasarnya, metode AHP memecah-mecah suatu situasi yang kompleks dan tak terstruktur ke dalam bagian-bagian komponennya.

Kemudian menata bagian atau variabel ini dalam suatu susunan hirarki dan memberi nilai numerik pada pertimbangan subjektif tentang relatif pentingnya setiap variabel. Setelah itu mensintesis berbagai pertimbangan ini untuk menetapkan variabel mana yang
memiliki prioritas paling tinggi dan bertindak untuk mempengaruhi hasil pada situasi tersebut. (Saaty, 1993).

http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/25466/Chapter%20II.pdf;jsessionid=2E926780FAF9970E0A477CA4467F20E0?sequence=3

#5 JURNAL BINUS.AC.ID

Menurut Kazibudzki dan Tadeusz (2013) Analytic Hierarchy Process (AHP) adalah pengambilan keputusan multikriteria dengan dukungan metodologi yang telah diakui dan diterima sebagai prioritas yang secara teori dapat memberikan jawaban yang berbeda dalam masalah pengambilan keputusan serta memberikan peringkat pada alternatif solusinya.

https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/RS1_2015_1_1335_Bab2.pdf

#6 JURNAL UNG.AC.ID

Metode AHP adalah sebuah kerangka untuk mengambil keputusan dengann efektif atas persoalan yang kompleks dengann menyederhanakan dan mempercepat proses pengambilan keputusan dengann memecahkan persoalan tersebut kedalam bagian-bagiannya, menata bagian atau variabel dalam suatu susunan hirarki, memberi nilai numerik pada pertimbangan subjektif tentang
pentingnya tiap variabel dan mensintesis berbagai pertimbangan ini untuk menetapkan variabel yang mana yang memiliki prioritas paling tinggi dan bertindak untuk mempengaruhi hasil pada situasi tersebut.

http://eprints.ung.ac.id/791/6/2013-2-57201-531409117-bab2-10012014075124.pdf

#7 JURNAL UNY.AC.ID

Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah suatu teori pengambilan keputusan multikriteria dengan beberapa faktor yang dikelola dalam struktur hierarki (Saaty, 1990). Hierarki dalam AHP dimaksudkan pada urutan secara menurun tingkatan level mulai dari tujuan suatu kriteria yang bersangkutan, subkriteria, dan alternatif-alternatif pada urutan level-level selanjutnya.

http://eprints.uny.ac.id/26977/2/BAB%20II.pdf

#8 JURNAL ITB.AC.ID

Metode AHP merupakan salah satu metode pengambilan keputusan yang menggunakan faktor logika,  intuisi, pengalaman, pengetahuan, emosi dan rasa untuk dioptimasi dalam suatu proses yang sistematis, serta mampu membandingkan secara berpasangan hal-hal yang tidak dapat diraba maupun yang dapat diraba, data kuantitatif maupun yang kualitatif.

http://digilib.itb.ac.id/files/disk1/683/jbptitbpp-gdl-bastianmar-34106-4-2009ta-a.pdf

Demikianlah ulasan-ulasan singkat mengenai penjelasan seperti apa itu metode ahp dan bagaimana konsep dan cara penggunaannya dalam kehidupan nyata. Untuk kasus-kasus penggunaanya pada intinya adalah menghitung nilai dari kualitatif menjadi kuantitatif.

Postingan berikutnya

  1. pengertian ahp menurut para ahli
  2. pengertian metode ahp menurut para ahli
  3. Apa pengertia ahp
  4. pengertian ahp menurut ahli terbaru
  5. pengertian metode menurut para ahli pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *