METODE – Beda AHP dengan Fuzzy AHP

By , March 16, 2017,

Pertanyaan:

Apa Beda AHP dengan Fuzzy AHP ?

Jawaban:

Untuk mengetahui perbedaan ahp dengan fuzzy ahp sebelumnya kita harus tahu dahulu apa itu ahp dan juga fuzzy.

AHP dan fuzzy adalah sebeuah metode yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, yang mana permasalahan tersebut untuk mencapai suatu nilai keputusan berdasarkan variabel yang bersifat kuantitatif. AHP adalah analityc hierarchy process merupakan metode analisis berdasarkan hiarki yang dimulai dari bagan tertinggi nya yaitu suatu goal atau tujuan, kemudian level berikutnya atau dibawahnya adalah sebuah variabel-variabel yang digunakan untuk penyelesaian suatu goal tersebut, dan level bagan selanjutnya di bawahnya yaitu ada alternatif, alternatif adalah pilihan yang menjadi sebuah simpulan terhadap goal yang di selesaikan.

Sedangkan fuzzy adalah metode perbandingan yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan berdasarkan variabel. Yang mana nilai pembandingnya antara rentang nilai 0 hingga 1.

Sedangkan fuzzy ahp adalah gabungan dari kedua metode di atas yaitu fuzzy dengan ahp.  Dalam implementasinya penggunaan ini adalah mencari nilai ahp kemudian di fuzzifikasikan sehingga menghasilkan nilai fuzzy ahp sebagai simpulan akhir.

Beda ahp dengan fuzzy ahp

  1. AHP, penyelesaian masalah dengan proses AHP saja
  2. Fuzzy AHP penyelesaian masalah terjadi 2 proses, ahp dan kemudian fuzzy
  3. Pada AHP biasanya variabel kriteria yang digunakan untuk penyelesaian masalah biasanya hanya 1 level saja
  4. Pada Fuzzy AHP variavel kriteria yang digunakan untuk penyelesaian masalahan terjadi 2 level yaitu level 1 kriteria dan level ke 2 nya adalah subkriteria (Lebih kompleks)
  5. Dari segi kemudahan cenderung lebih mudah metode AHP di banding dengan Fuzzy AHP

Terimakasih, semoga bermanfaat

Postingan berikutnya

  1. beda ahp dg fuzy ahp
  2. perbedaan fuzzy ahp dan ahp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *