Metode-Metode Pada Sistem Pakar Yang Mudah

By , July 11, 2015,

Metode Pada Sistem Pakar (expert system) . Metode yang digunakan dalam sistem pakar sangat banyak. Salah satu contoh metode-metode yang ada di sistem pakar misalnya metode CF (certainlty factor). Itu adalah metode perhitungan untuk teknik pencarian pada sistem pakar yaitu DFS (Depth First Search), BFS (Breadth First Search).

Metode yang digunakan sistem pakar adalah metode yang mampu menganalisis suatu variabel. Variabel pada sistem pakar merupakan kriteria suatu gejala yang berkaitan dengan penyelesaian sebuah sistem pakar. Contohnya saja sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit, maka variabel yang digunakan pada sistem pakar tersebut yaitu gejala yang ada pada penyakit yang akan di selesaikan kepakarannya.

Metode Pada Sistem Pakar

1. Metode AHP
Metode analisis yang tekniknya menganalisa suatu variabel dan membentuknya menjadi suatu hirarki, Selanjutnya hirarki tersebut di susun berdasarkan urutan dan dilakukan pembandingan antar kriteria dan selanjunya membuatnya menjadi matrik untuk menentukan nilai hasil masing-masing kriteria.

2. Dept-first search (DFS)
Melakukan penelusuran  secara mendalam dari simpul akar bergerak menurun ke tingkat dalam yang berurutan. Sehingga peelusura tersebut di mulai dari penemua solusi dari yang paling jauh. Sehigga bukan yang terakhir mejadi dasar penentuan pemilihan pertanyaa selanjutya tapi berdasarkan yang terdalam.
3. Breadth-first search (BFS)
Pencarian dimulai dari simpul akar yang ada pada setiap tingkat diuji sebelum pindah ke tingkat selanjutnya. Penentuan untuk lanjut da tidaknya pertanyaan untuk analisis variabel berikutnya tergantung dari variabel pertama yag terdeteksi. Sehigga apa bila variabel pertama di temukan da sudah mengidentifikasi suatu masalah, maka pecarian selanjutnya aka di hentika.

4. BFS (Best-first search)
Penggabugan dari kedua metode sehigga menghasilka suatu keputusan terbaik dari dua pencarian. Pencarian aka menentukan keputusan terbaik karena pencaria dilakuka dengan cara kombinasi.

5. Pelacakan Ke Belakang (Backward Chaining) BF

Mesin pecarian atau penalaran melakukan pencarian di mulai dari  penalarannya, sekumpulan hipotesa menuju fakta-fakta yang mendukung hipotesa tersebut. Seperti analogi mesin rantai yang bekerja dari belakang kedepan.

6. Pelacakan Ke Depan (Forward Chaining) FC

Mesi inferensi yag  merupakan kebalikan dari pelacakan ke belakang, yaitu memulai dari sekumpulan data menuju kesimpulan. Analogi kerja dari pencarian ini yaitu memulai dari rantai yang paling depa sehingga menelusuri pencarian ke belakang.

Demikian metode dalam sistem pakar yang bisa Anda kembangkan. Bingung untuk membuat sistem pakar. Tidak mau repot,? hubungi kami untuk membuat sistem pakar untukk Anda. Sistem pakar yang kami buat berdasarkan projek. Sehingga pemesanan projek harap hubungi kami. Sehingga kami akan memilih prioritas pengerjaan projek sistem pakar. Kami juga membuka jasa pembuatan laporan sistem pakar dari awal hingga akhir. Terimakasih. Metode yang digunakan dalam sistem pakar sangat mudah. Salah satu contoh kaitanya yaitu metode inferensi sistem pakar, metode penelitian sistem pakar, metode pengembangan sistem pakar, metode bayes sistem pakar, metode sistem pakar terbaru, metode dalam sistem pakar

Postingan berikutnya

  1. metode sistem pakar
  2. metode dalam sistem pakar
  3. metode sistem pakar terbaru
  4. metode pada sistem pakar
  5. metode yang digunakan dalam sistem pakar
  6. metode metode sistem pakar
  7. metode spk yang paling mudah
  8. macam macam metode sistem pakar
  9. metode sistem pakar yang paling mudah
  10. daftar metode dalam sistem pakar
  11. dalam sistem pakar program apa saja yang di gunakan
  12. metode metode dalam sistem pakar
  13. metode untuk sistem pakar
  14. metode metode pada sistem pakar
  15. macam-macam metode sistem pakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *