Mysql – Cara Update Field yang Sama dengan Banyak Data

By , March 21, 2017,

Cara Update Field  yang Sama dengan Banyak Data – Mungkin ini sedikit berbeda dengan query update pada tabel database biasanya. Perbedaanya adalah pada konsep update yang dilakukan. Saya juga awalnya logika update ini sama dengan update seperti update biasanya.  Namun setelah saya coba dengan cara update biasa update data gagal dilakukan.

Oke, mungkin kamu belum tergambar dengan judul yang saya berikan di atas, update field dengan banyak data adalah kita akan menginput data dengan field yang sama dengan cara bersamaan.

Sebelum masuk ke contoh kasus;

Yang saya maksud dengan konsep mysql update biasa, misalkan tabel databasennya seperti berikut ini
Tabel_pengaturan

Update banyak data mysql

Update banyak data mysql

Maka jika kita ingin mengupdate data pada baris pertama misalkan, katakanya saja data yang akan kita update adalah “register” dan akan kita ganti dengan “registrasi”, Maka querynya adalah:

UPDATE tabel_pengaturan SET pengaturan = ‘Registrasi’ WHERE id =’1’

Dengan catatan, data pada query diatas yang di update adalah field pengaturan dengan data “register”. Namun berbeda dengan kasus yang saya alami,
Kasusnya adalah saya harus mengupdate semua baris pada field “pengaturan” Kalau kita asumsikan dengan gambaran tabel diatas yaitu data “register” dan juga “login” sebagai contoh “register” kita ganti jadi “registrasi” dan “login” kita ganti jadi “masuk”, Namun query yang dilakukan adalah secara bersamaan atau satu query. Sebenarnya bisa saja di akali dengan mengulang query diatas secara 2 kali yaitu :

UPDATE tabel_pengaturan SET pengaturan = ‘Registrasi’ WHERE id =’1’
UPDATE tabel_pengaturan SET pengaturan = ‘Masuk’ WHERE id =’2’

Pada kedua query diatas sebenarnya bisa saja dip roses. Namun tidak efisien dalam penggunaan memori database.

Cara Update Field yang Sama dengan Banyak Data

Pada penerapannya sebenarnya kasus yang saya alami adalah ketika saya membuat sebuah pengaturan pada dashboard web sistem.
Setelah cari referensi dari beberapa situs luar negeri akhirnya saya ketemu bagaimana agar query tersebut dapat langsung di eksekusi secara bersamaan.

Berikut Caranya:


UPDATE tabel_pengaturan SET pengaturan = CASE
 WHEN id = '1' THEN '$ab'
 WHEN id = '2' THEN '$pr'
 ELSE pengaturan END
 WHERE id = 'id' OR id = '2'

Nah diatas adalah caranya, untuk querinya menggunakan fungsi kondisi mysql yaitu WHEN, ELSE dan END Untuk when sendiri adalah fungsi untuk mnyatakan kondisi yang artinya  adalah ketika, sedangkan then adalah variabel yang digunakan untuk mengisi field yang akan kita update, selanjutnya ada else dan juga end yang fungsinya untuk mengakhiri dan juga where pada akhir skrip query diatas untuk mengidentifikasi kondisi yang akan di update pada kondisi yang telah ditentukan pada contoh diatas rentan id 1 dan 1.

Demikian cara update data field tabel database secara bersamaan dengan banyak data. Semoga bermanfaat.

Postingan berikutnya

  1. upadate banyak php
  2. update banyak data
  3. update data dengan banyak where and

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *